Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik! Kerjakan dengan jujur! Jangan mencontek! Jangan lupa berdoa!
1. Struktur teks prosedur yang tepat adalah…
a.
|
Tujuan dan manfaat
|
c.
|
Tujuan dan langkah-langkah
|
b.
|
Orientasi, kompikasi, dan resolusi
|
d.
|
Orientasi, resolusi, koda
|
Perhatikan dengan saksama teks prosedur berjudul “Cara Membuat Telur Asin” berikut…
A. Telur
asin adalah olahan makanan yang digandrungi sebagian masyarakat
Indonesia. Penikmat telur asin tersebar di seluruh Indonesia dengan
sebaran berbagai usia. Usaha pembuatan telur asin menjadi peluang yang
menjanjikan.
B. Berikut adalah langkah-langkah membuat telur asin
1) Sediakan
bahan dan alat yang diperlukan antara lain telur itik, abu gosok/batu
bata yang sudah ditumbuk, amplas halus, dan garam!
2) Gosok telur dengan amplas halus agar pori-pori telur terbuka!
3) Campur garam dengan abu gosok secukupnya (buat adonan)!
4) Masukan telur ke dalam adonan!
5) Biarkan telur dalam adonan selama 5-7 hari!
6) Ambil telur kemudian rebus!
7) Tiriskan beberapa saat!
8) Telur siap disajikan.
2. Struktur teks prosedur yang ditunjukan poin A adalah…
a.
|
Tujuan
|
c.
|
Orientasi
|
b.
|
Manfaat
|
d.
|
Langkah-langkah
|
3. Struktur teks prosedur yang ditunjukan poin B adalah…
a.
|
Tujuan
|
c.
|
Orientasi
|
b.
|
Manfaat
|
d.
|
Langkah-langkah
|
4. Ciri kebahasaan teks prosedur yang ditunjukan tes berjudul membuat “Membuat telur asin” adalah…
a.
|
Sinonim, antonim, kata sifat, penomoran
|
c.
|
Sinonim, antonim, kalimat tanya, urutan
|
b.
|
Sinonim, antonim, kata ganti, penomoran
|
d.
|
Sinonim, antonim, kalimat perintah, urutan
|
5. Sinonim dari kata yang terdapat pada poin A adalah
a.
|
Telur -Telor
|
c.
|
Peluang – Kerugian
|
b.
|
Usia – Umur
|
d.
|
Asin – Manis
|
6. Antonim dari kata yang terdapat pada poin B adalah
a.
|
Masukan - Keluarkan
|
c.
|
Amplas – Ukir
|
b.
|
Gosok – Oles
|
d.
|
Tiriskan – Dinginkan
|
7. Berikut adalah contoh penulisan kalimat perintah yang tepat adalah….
a.
|
Apakah Kau ingin pulang?
|
c.
|
Carilah ilmu dengan sungguh-sungguh!
|
b.
|
Pergi dari sini.
|
d.
|
Pulang ke rumah, sekarang?
|
Tas Cantik dari Kerdus Bekas
A. Siapkanlah alatalat dan bahan-bahan berikut.
1. Kerdus bekas
2. Tali rafia
3. Plastik transparan putih
4. Kertas kado
5. Jarum kasur
6. Lem
7. Gunting
8. Tali untuk pegangan tas
B. Setelah itu, ikutilah langkah-langkah pembuatan tas cantik berikut.
Pertama, gunting kerdus sesuai dengan ukuran yang di butuhkan, dalam contoh ini tas yang dibuat berbentuk per segi panjang.
Ke dua, setelah digunting, bungkus sekeliling dinding kerdus bagian luar dengan kertas kado sampai rapih.
Ke tiga, lalu bungkus kembali dengan menggunakan plastik transparan putih agar lebih awet dan tahan lama.
Ke empat, jahit semua sisi kerdus dengan menggunakan tali rafia dan dan jarum kasur.
C. Ke lima, setelah semua sisi di jahit, masing-masing sisi kemudian dijadikan satu dengan cara di jahit juga.
Ke enam, beri lubang untuk pegangan kemudian beri tali.
Ke tujuh, jadilah tas cantik dari kerdus bekas.
Mulailah berkreasi
membuat kerajinan tangan dengan mamanfaatkan kerdus bekas di sekitar
kamu. Tas cantik dari kerdus bekas akan menjadi suatu kerajinan tangan
yang berguna daripada harus melihat tumpukkan kerdus bekas yang ada
disekitar rumahmu. Selamat mencoba, semoga berhasil.
Diolah dan dimodifikasi dari sumber: www.pondokibu.co
8. Kekurangan struktur teks tersebut adalah tidak adanya…
a.
|
Tujuan
|
c.
|
Judul
|
b.
|
Langah-langkah
|
d.
|
Orientasi
|
9. Penulisan kata yang tidak baku pada poin A adalah
a.
|
Tali rafia
|
c.
|
Transparan
|
b.
|
Alatalat
|
d.
|
Lem
|
10. Perbaikan penulisan kata yang tidak baku pada poin B adalah
a.
|
Digunting seharusnya di gunting
|
c.
|
Rafia seharusnya rapia
|
b.
|
Di butuhkan seharusnya dibutuhkan
|
d.
|
Kerdus seharusnya gerdus
|
11. Perbaikan penulisan kata yang tidak baku pada poin C adalah…
a.
|
Disekitar seharusnya di sekitar
|
c.
|
Ke enam seharusnya ke 6
|
b.
|
Lubang seharusnya lobang
|
d.
|
Rumahmu seharusnya rumah mu
|
12. Sinonim yang tepat di bawah ini adalah…
a.
|
Siang – Malam
Cantik – Jelek
Hitam - Putih
|
c.
|
Pekat – Kelam
Bersih – Resik
Tampan – Ganteng
|
b.
|
Jauh – Dekat
Panas – Dingin
Baik - Buruk
|
d.
|
Matahari – Surya
Cantik – Jelita
Banyak - Sedikit
|
13. Penulisan kata baku yang tepat adalah…
a.
|
Gerdus
Dijahit
Di rumah
|
c.
|
Aktifitas
Diberi
Di sekolah
|
b.
|
Di siram
Disawah
Rapia
|
d.
|
Aktif
Di belakang
Disuruh
|
Perhatikan dengan saksama fabel berjudul “Kupu-kupu Berhati Mulia” berikut!
Dikisahkan
pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman.
Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah.
Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang
berada di taman itu.
Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
“Hei,
kepompong alangkah jelek nasibmu.Kamu hanya bisa menggantung di ranting
itu.Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini.Bagaimana nasibmu jika
ranting itu patah?”
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat.Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Pada
suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan,
genangan lumpur terdapat di mana-mana.Lumpur yang licin membuat semut
tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam
dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”
Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas.
Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
“Semut,
peganglah erat-erat ranting itu!Nanti aku akan mengangkat ranting
itu.”Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat
ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
Kemudian,
sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah
menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat
dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu.
Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
14. Apa amanat dari fabel “Kupu-kupu Berhati Mulia”?
a.
|
Harus saling menghina
|
c.
|
Harus ikhlas menerima takdir
|
b.
|
Tidak boleh putus asa
|
d.
|
Jangan menghina orang lain
|
15. Berikut adalah struktur teks fabel, kecuali…
a.
|
Kode
|
c.
|
Resolusi
|
b.
|
Orientasi
|
d.
|
Komplikasi
|
16. Kata kerja aktif transitif yang terdapat dalam paragraf pertama fabel di atas adalah…
a.
|
Berkeliling, menyapa
|
c.
|
Melihat, berkeliling
|
b.
|
Berjalan-jalan, semut, melihat
|
d.
|
Melihat, menyapa
|
17. Kata kerja aktif intransitif yang terdapat dalam paragraf pertama fabel di atas adalah…
a.
|
Mendengar, berkeliling, melihat
|
c.
|
Melihat, mengejek, pergi
|
b.
|
Berjalan-jalan, menyapa, melihat
|
d.
|
Berjalan-jalan, berkeliling
|
18. Kata kerja yang terdapat dalam paragraf kedua fabel di atas adalah…
a.
|
Mendengar, berkeliling, melihat
|
c.
|
Melihat, mengejek, pergi
|
b.
|
Berjalan-jalan, menyapa, melihat
|
d.
|
Berjalan-jalan, berkeliling, mengangkat
|
19. Kata kerja aktif intransitif yang terdapat dalam paragraf kelima fabel di atas adalah…
a.
|
Diam, tergelincir, tenggelam
|
c.
|
Melihat, tergelincir, tenggelam
|
b.
|
Berjalan, tergelincir, tenggelam
|
d.
|
Berjalan, tergelincir, membuat
|
20. Kata kerja yang terdapat dalam paragraf terakhir fabel di atas adalah…
a.
|
Berjanji, menghina
|
c.
|
Melihat, berkeliling
|
b.
|
Berjalan-jalan, berjanji
|
d.
|
Diejek, menyelamatkan
|
21. Penulisan kata sandang sang yang tepat adalah…
a.
|
Ia menemui sang Raja Hutan.
|
c.
|
Wandi mengambil sangkar burung.
|
b.
|
Sangkuriang menemui Dayang Sumbi
|
d.
|
Ahmad menemani Sang Pangeran.
|
22. Penulisan kata sandang si yang tepat adalah…
a.
|
Ia menemui Si Raja Hutan.
|
c.
|
Si Akbar memapah Si Agus.
|
b.
|
Si Landa menyapa si Monye.
|
d.
|
Ahmad menemani SiPangeran.
|
23. Bentuk kalimat pasif dari kalimat “Jiji Jerapah menemui Kus Tikus” adalah…
a.
|
Jiji Jerapah ditemui Kus Tikus
|
c.
|
Kus Tikus ditemui Jiji Jerapah.
|
b.
|
Kus Tikus menemui Jiji Jerapah.
|
d.
|
Jiji Jerapah dan Kus Tikus bertemu.
|
kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017,soal uts bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013,soal bahasa indonesia kelas 8 semester 1 dan jawabannya,soal uas bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2016,soal uts bahasa indonesia kelas 9 semester 1 kurikulum 2013,soal uts bahasa indonesia kelas 7 semester 1 dan kunci jawaban kurikulum 2013,soal uts kelas 8 semester 1 ipa kurikulum 2013,jawaban kegiatan 1.2 bahasa indonesia kelas 8
0 komentar:
Post a Comment