Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,tugas 3 bahasa indonesia kelas 11 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 29,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 28 kelas 11
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22
No.
|
Nomina
|
Afiks Pembentuk Nomina
|
1.
|
Perubahan
|
Rubah ( verba) + Per-an (nomina) = Perubahan (nomina)
|
2.
|
Perjuangan
|
Juang ( verba ) + Per-an ( nomina ) = Perjuangan ( nomina)
|
3.
|
Keberhasilan
|
Berhasil ( verba ) + Ke-an ( nomina ) = Keberhasilan ( nomina )
|
4.
|
Gerakan
|
Gerak ( verba ) + an ( nomina ) = Gerakan ( nomina )
|
5.
|
Pekerja
|
Kerja ( verba ) + Pe ( nomina ) = Pekerja ( nomina )
|
6.
|
Perkembangan
|
Kembang ( verba ) + Per-an ( nomina ) = Perkembangan ( nomina )
|
7.
|
Perubahan
|
Rubah ( verba ) + Per-an ( nomina ) = Perubahan ( nomina )
|
8.
|
Pengetatan
|
Ketat ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pengetatan ( nomina )
|
9.
|
Pengintesifan
|
Intensif ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pengintesifan ( nomina )
|
10.
|
Tingkatan
|
Tingkat ( verba ) + an ( nomina ) = Tingkatan ( nomina )
|
11.
|
Pengusaha
|
Usaha ( verba ) + Pe ( nomina ) = Pengusaha ( nomina )
|
12.
|
Kesatuan
|
Satu ( verba ) + Ke-an ( nomina ) = Kesatuan ( nomina )
|
13.
|
Pengurangan
|
Kurang ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pengurangan ( nomina )
|
14.
|
Pemogokan
|
Mogok ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pemogokan ( nomina )
|
15.
|
Penetapan
|
Tetap ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Penetapan ( nomina )
|
16.
|
Perbudakan
|
Budah ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Perbudakan ( nomina )
|
17.
|
Penyelenggaraan
|
Selenggara ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Penyelenggaraan ( nomina )
|
18.
|
Peralatan
|
Ralat ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Peralatan ( nomina )
|
19.
|
Pelarangan
|
Larang ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pelarangan ( nomina )
|
20.
|
Sebutan
|
Sebut ( verba ) + an ( nomina ) = Sebutan ( nomina )
|
Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
[c] Dalam membuat sebuah teks cerita sejarah, kalian bias menggunakan konjungsi ( kata sambung ) temporal agar urutan peristiwa dapat tertata secara kronologis. Konjungsi temporal merupakan kojungsi yang mengacu pada waktu dan sekaligus sebagai sarana kohesi teks. Teks yang berkohesi itu penting kalian perhatikan agar keserasian setiap unsur yang di sambungkan tetap terjaga, sehingga tercipta susunan kata yang indah dan mudah dipahami. Konjungsi temporal yang menghubungkan dua hal atau peristiwa, terdiri dari dua bagian, yaitu konjungsi temporal yang menghubungkan dua peristiwa yang tidak sederajat ( misalnya apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, sambil, sebelum, sampai, sedari, sejak, selama, semenjak, sementara, seraya, waktu, setelah, sesudah, tatkala, dan sebagainya ) dan konjungsi temporal yang menhubungkan dua bagian kalimat yang sederajat ( misalnya sebelumnya dan sesudahnya )
Carilah beberapa konjungsi temporal yang terdapat dalam teks cerita sejarah di muka. Kemudian, cobalah kalian tentukan apakah konjungsi tersebut menghubungkan dua peristiwa yang sederajat atau tidak dengan memberikan tanda ( v ) pada kolom yang tersedia.
No.
|
Konjungsi Dalam Kalimat
|
Sederajat
|
Tidak Sederajat
|
1.
|
Tuntutan kaum buruh ini bermulasejak era industry di awal abad ke-19
|
V
| |
2.
|
Pemogokan ini membawa para pengorganisasian kemeja pengadilan dan juga mengankat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut 19 hingga 20 jam sekali.
|
V
| |
3.
|
Sampai pada 1 mei 1886 Demonstrasi yang menjalar dari mine ke texas dan dari new jersey ke alabana di ikuti oleh setengah juta buruh dinegeri tersebut.
|
V
| |
4.
|
Demonstrasi besar yang berlangsung sejak april 1886, dari waktu pendukungnya semakin banyak.
|
V
| |
5.
|
Bahkan menurut rosa Luxemburg ( 1890 ) demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diInpirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1956.
|
V
| |
6.
|
Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut diredukasinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja amerika serikat.
|
V
| |
7.
|
Dari waktu kewaktu pendukungnya semakin banyak.
|
V
| |
8.
|
Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintah setempat pada saat itu.
|
V
| |
9.
|
Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu tidak hanya terjadi di amerika serikat.
|
V
| |
10.
|
Saat itu gerakan buruh dieropa tengah menguat.
|
V
|
Tugas Bahasa Indonesia kelas XI buku paket halaman 22 - 23 kurikulum 2013
Berikut ini adalah soal dan jawaban tugas Bahasa Indonesia kelas 11 buku paket halaman 22 s/d halaman 23 kurikulum 2013 semester 2.
Soal dan jawabannya halaman 22 !
a. Setelah membaca teks “ Kekeringan “, coba sebutkan apa saja yang menyebabkan terjadinya bencana kekeringan !
Jawaban : yang menyebabkan terjadinya bencana kekeringan yaitu di pengaruhi oleh tataguna lahan, Norma pemakaian air dan pengaruh dari iklim contohnya pengaruh El-nino.
b. Masyarakat yang mengandalkan mata pencaharian dari bidang pertanian akan sangat terpengeruh oleh adanya bencana kekeringan. Mengapa bisa demikian ?
Jawaban : Iya karena petani bergantung pada air untuk mengairi sawahnya untuk melakukan pembajakan sawah dan air berguna supaya tanaman yang ditanam oleh petani dapat bertahan hidup oleh karena itu petani sangat mengandalkan air.
c. Isilah kolom berikut.
No.
|
Penyebab terjadinya
| |
Banjir
|
Kekeringan
| |
1
|
Curah hujan yang tinggi.
|
Terjadi akibat tingkat curah hujan dibawah normal dalam satuan musim.
|
2
|
Tersumbatnya tempat pembuangan air oleh sampah, seperti gorong – gorong, susukan dll.
|
Disebabkan kurangnya air didalam tanah.
|
3
|
Sampah yang terlalu menumpuk.
|
Kekurangan kandungan air didalam tanah.
|
4
|
Kuranganya resapan air.
|
Tata guna lahan
|
5
|
Lahan yang sempit.
|
Normal pemakaian air.
|
No.
|
Akibat yang ditimbulkan oleh
| |
Banjir
|
Kekeringan
| |
1
|
Rumah warga tergenang oleh air.
|
Kesulitan mendapatkan air bersih.
|
2
|
Dapat menimbulkan penyakit.
|
Petani yang gagal panen karena sawah nya mengalami kekeringan.
|
3
|
Sector jalan, persawahan dan yang lainnya terendam oleh air sehingga sulit untuk beraktivitas diluar rumah.
| |
4
|
Petani yang gagal panen karena sawah dan ladangnya terendam oleh air.
| |
5
|
Paragraf | Informasi dalam Teks |
Paragraf 1 | Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah Hari Buruh. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. |
Paragraf 2 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 2 ini adalah pemogokan di Amerika Serikat oleh pekerja Cordwainers. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kalangan kelas pekerja. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1806. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik Peristiwa ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19 |
Paragraf 3 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 3 ini adalah demonstrasi besar yang dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Pelaku dalam peristiwa tersebut demonstran dari Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Peristiwa yang dimaksud terjadi sejak April 1886. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam Peristiwa ini sampai pada 1 Mei 1886 diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
Paragraf 4 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 4 ini adalah perkembangan demonstrasi memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah pengusaha dan pejabat setempat. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja. Peristiwa ini Chicago’s Commercial Club, mengeeluarkan US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi dan Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi |
Paragraf 5 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 5 ini adalah aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan polisi. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 3 Mei 1886. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena sebuah b*m meledak dan polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi. Kaum buruh pada 1888 kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, merekajuga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
Paragraf 6 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 6 adalah demonstrasi semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. |
Paragraf 7 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 7 adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah delegasi dari berbagai negeri. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1889. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.. Peristiwa ini menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia |
Paragraf 8 | Peristiwa yang diidentifikasi pada pargaraf 8 adalah delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO . Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan ILO. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1935. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Peristiwa ini merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak |
Kunci Jawaban Halaman 11
No. | Waktu | Peristiwa |
1. | 1806 | Pemogokan pertama kelas pekerja di Amerika Serikat |
2. | 1856 | Demonstrasi yang dilakukan para buruh di Australia |
3. | April 1886 | Demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat |
4. | 3 Mei 1886 | Buruh berdemonstrasi |
5. | 1888 | Para demonstran kembali berdemonstrasi |
6. | 1889 | Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional |
7. | 1890 | Para demonstran kembali berdemonstrasi |
8. | 1 Mei 1890 | Pemogokan umum yang diusulkan delegasi buruh Amerika Serikat dalam Kongres Buruh Internasional |
9. | 1 Mei | Penetapan Hari Buruh se-Dunia |
10. | 1919 | Penetapan standard perburuhan internasional |
11. | 1935 | Ditetapkan Konvensi Internasional |
Kunci Jawaban Halaman 12-13
Paragraf | Penanda Waktu | Kata dalam Kalimat |
I | Setiap 1 Mei Berawal dari | Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day. Diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. |
II | Sejak, awal abad ke-19 1806 19 hingga 20 jam sehari | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era Industri di awal abad ke-19. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada tahun 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. |
III | Sejak April 1886, dari waktu ke waktu 1 Mei 1886 | buruh.Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
IV | Saat itu Jam kerja | Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itupun berakhir dengan korban dan kerusuhan. |
V | 3 Mei 1886 1888 1 Mei 1890 | Akibatnya korbanpun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886 Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
VI | Setiap 1 MeiPada saat itu 1894 Jam kerja, 1856 Saat itu | Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu,tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. |
VII | Peristiwa, tahun 1889 Delapan jam kerja per hari 1 Mei 1890, jam kerja, tanggal 1 Mei, Hari | Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi kaum buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia. |
VIII | Delapan jam/hari, 40 jam/minggu, lima hari, 1919, 1935 8 jam kerja, hari Berakhirnya | Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. |
Kunci Jawaban Halaman 14,15, dan 16
Struktur Teks | Kalimat |
Orientasi | Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 1 | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 2 | Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Demonstrasi ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 3 | Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuhan. Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan memerintahkan agar demonstran membubarkan diri. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 4 | Sebuah b*m meledak di dekat barisan polisi. Polisi pun membabi-buta men*mbaki buruh yang berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap setiap demonstrasi buruh. Namun, kaum buruh tidak begitu saja menyerah. Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 5 | Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan. |
Reorientasi | Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia. Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. |
Kunci Jawaban Halaman 18-19
No. | Kelompok Nomina | Kelompok Verba |
1. | Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi politik (nomina koordinatif) | Di beberapa Negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh(verba apositif) |
2. | Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan(nomina koordinatif) | - |
3. | Akhirnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. (Nomina Modifikatif) | Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan (verba apsositif) |
4. | Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruhdi tangkap dan dipenjarakan (nomina modifikatif) | - |
5. | Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai Negara dan memutuskandelapan jam kerja perhari menjadi tuntutan utama kaun buruh sedunia. (norma modifikatif) | Penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbuatan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. (verba modifikatif) |
6. | Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi (nomina modifikatif) | Federation of Organitation Trades and labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh yang diperingati oleh kaum buruh sedunia (verba modifikatif) |
Kunci Jawaban Halaman 20
No. | Peristiwa | Waktu | Tempat |
1. | Hari Buruh | 1 Mei | Seluruh dunia |
2. | Hari libur tahunan | 1 Mei | Beberapa negara |
3. | Demonstrasi kaum buruh | 1886 | Amerika Serikat |
4. | Pemogokan pertama kelas pekerja | 1806 | Amerika Serikat |
5. | Demonstrasi besar | April 1886 | Amerika Serikat |
6. | Demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama | 1 Mei 1886 | Amerika Serikat |
7. | Empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka | 3 Mei 1886 | Amerika Serikat |
8. | Mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama | 1888 | Amerika Serikat |
9. | Mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi | 1 Mei 1890 | Amerika Serikat |
10. | Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja | 1856 | Australia |
11. | Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional | 1889 | Amerika Serikat |
12. | Menyerukan pemogokan umum | 1 Mei 1890 | Amerika Serikat |
13. | Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO | 1919 | Amerika Serikat |
14. | Konvensi No. 47 | 1935 | Amerika Serikat |
Kunci Jawaban Halaman 21
No. | Konjungsi dalam Kalimat | Sederajat | Tidak Sederajat |
1. | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. | √ | - |
2. | Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. | √ | - |
3. | Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. | √ | - |
4. | Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. | √ | - |
5. | Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. | √ | - |
6. | Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. | √ | - |
7. | Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. | - | √ |
Kunci Jawaban Halaman 22
No. | Nomina | Afiks Pembentuk Nomina |
1. | perjuangan | konfiks per- an (verba [V] Ã nomina [N]) |
2. | perubahan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
3. | penetapan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
4. | perkembangan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
5. | pengeb*man | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
6. | pengurangan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
7. | persatuan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
8. | perburuhan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
9. | perkembangan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
10. | pengetatan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
11. | pengintensifan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
12. | pemogokan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
13. | pemerintahan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
14. | peralatan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
15. | pengurangan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
16. | pelarangan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
17. | pengakuan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
18. | perbudakan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22,tuliskan kelompok kata yang kalian temukan ke dalam kolom berikut,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,kelompok nomina dan kelompok verba dalam teks sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18 semester 1,bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks tersebut,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 31 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 33 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas xii halaman 14 – 15 – 16 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas xii halaman 14 – 15 – 16 buku paket
- Tugas Bahasa Inggris Kelas XII kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Inggris Kelas XII kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Inggris kelas XII halaman 9 kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Inggris kelas XII halaman 9 kurikulum 2013
- Tugas bahasa Indonesia halaman 22 buku paket kurikulum 2013
jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,kelompok nomina dan verba sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,perhatikan dengan seksama lambang asean berikut,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 29,temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,kelompok nomina dan verba hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 28,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 22,jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 12
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 12
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 29 buku paket semester 1 kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 30 buku paket kurikulum 2013 - New !!
tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 18,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 28,kelompok nomina dan kelompok verba sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 18,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kelompok nomina kelompok verba hari buruh,tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 18,tugas 1 sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 28 kelas 12,kelompok nomina hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28 semester 1,kelompok nomina dan kelompok verba dalam sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12,kelompok nomina dan verba pada teks sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia halaman 22 kelas 12,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,pada tugas 1 ini kalian diminta menggali informasi sebanyak banyaknya,tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 18,kelompok nomina dan verba dalam sejarah hari buruh,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,tugas bahasa indonesia kelas 12,kelompok nomina dan verba teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 20,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12 semester 1,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,dalam teks sejarah hari buruh kalian akan menjumpai beberapa kelompok kata,kelompok nomina sejarah hari buruh,kelompok nomina dan verba pada teks cerita sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 19,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 29 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 18,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 11,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah halaman 18,bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia kelas 11 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 28,tugas bahasa indonesia halaman 30,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12 semester 1,tugas bahasa indonesia buku paket kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 9,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kelompok nomina dan kelompok verba teks sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1
- Tugas bahasa Indonesia halaman 22 buku paket kurikulum 2013
- Tugas dan jawabn pkn kelas xii halaman 74 – 75 buku paket kurikulum 2013
- Tugas dan jawabn pkn kelas xii halaman 74 – 75 buku paket kurikulum 2013
- Tugas pkn halaman 88 kelas xii buku paket kurikulum 2013
- Tugas pkn halaman 88 kelas xii buku paket kurikulum 2013
- jawaban bin kelas 12 halaman 18 - New !!
- matematika smp kurikulum 2013 - New !!
kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 6,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 6,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 12,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 8,tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 22,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,kelompok verba sejarah hari buruh,tugas 2 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 33 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 20,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,kelompok nomina dan kelompok verba pada teks sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 28,tugas bahasa indonesia hal 22,jawaban bahasa indonesia halaman 28 kelas 12,kelompok nomina dalam teks sejarah hari buruh,pada tugas 1 ini kalian diminta menggali informasi,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 18 kelas 12,jawaban tugas 1 bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,kelompok nomina teks sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22,bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,tugas bahasa indonesia halaman 9,jawaban pkn kelas 12 halaman 18,tugas bahasa indonesia kelas 11 halaman 18,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,bahasa indonesia kelas 12 hal 18,tugas bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 31,jawaban bahasa indonesia halaman 28,jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,tugas bahasa indonesia kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia halaman 28 kelas 12,nomina dan verba sejarah hari buruh,kunci jawaban buku bahasa indonesia,nomina sejarah hari buruh,kelompok nomina dan verba pada teks hari buruh,sejarah hari buruh bahasa indonesia kelas 12,tugas bahasa indonesia kelas xii,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 12
- Search Kurikulum 2013 - New !!
- Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas XII halam 8 - 9 kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 28 buku paket semester 1 kurikulum 2013
kunci jawaban bahasa indonesia hal 28,kalimat nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban pkn halaman 16 kelas 12,urutkanlah secara kronologis kemudian tuliskan urutan waktu peristiwa dan tempatnya pada kolom berikut,bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,jawaban bahasa indonesia halaman 18,jawaban tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 22,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 22 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 22 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30 kelas 12 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 30,tugas bahasa indonesia halaman 18,jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 11,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,verba modifikatif,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 12 semester 1,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12 semester 1,jawaban teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 19,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,bahasa indonesia kelas 12 sejarah hari buruh,kunci jawaban pkn halaman 20 kelas 12,kelompok nomina pada teks sejarah hari buruh,jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 8,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas 3 bahasa indonesia kelas 12,tugas bahasa indonesia sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 11,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 21,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 30
- Larangan Bagi Pejabat Untuk Menerima Hadiah
- Larangan Bagi Pejabat Untuk Menerima Hadiah
- hadits tentang larangan pejabat menerima hadiah - New !!
- larangan pejabat menerima hadiah - New !!
kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia halaman 22,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 31,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12 semester 1,bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,kelompok nomina kelompok verba sejarah hari buruh,tugas mandiri pkn 1.1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 31,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 18,kelompok nomina dan verba pada sejarah hari buruh,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 semester 1,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8 semester 1,kelompok nomina dan verba teks hari buruh,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks sejarah,jawaban bahasa indonesia sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia hal 8 kelas 12,kunci jawaban ppkn kelas 12 hal 8,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 8 kelas 12 semester 1,tugas pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban bahasa inggris kurikulum 2013 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 9,buku paket bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,kelompok nomina dan kelompok verba hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 74
- Tugas Bahasa Inggris Kelas XII kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Inggris Kelas XII kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Inggris kelas XII halaman 9 kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Inggris kelas XII halaman 9 kurikulum 2013
kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 tugas 1,pkn hal 8 kelas 12,bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 21,jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 21 kelas 12,bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,jawaban paket pkn kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia hal 12 kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 10 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 hal 9,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,kunci jawaban paket pkn kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12,tugas 2 bahasa indonesia kelas 12,buku pkn kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 8,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 9,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 9,jawaban bahasa indonesia halaman 21,verba apositif,jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,kunci jawaban soal pkn halaman 20 kelas 12,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11,tugas mandiri pkn 1.1 kelas 12
- Tugas Bahasa Indonesia kelas xii halaman 14 – 15 – 16 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas xii halaman 14 – 15 – 16 buku paket
- Tugas bahasa Indonesia halaman 22 buku paket kurikulum 2013
- Tugas bahasa Indonesia halaman 22 buku paket kurikulum 2013
jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 hal 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 12,kelompok kata nomina dan verba pada teks sejarah hari buruh,verba koordinatif,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 halaman 29,nominalisasi sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia hal 9 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 8,12,struktur teks cerita sejarah hari buruh,tabel 7.2 sikap dan komitmen persatuan,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 18,kunci jawaban pkn kelas xii hal 8,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah kelas 12,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013,tugas pkn kelas 12 hal 8,kunci jawaban pkn halaman 18,jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 20,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 21,bahasa indonesia kelas xii semester 1,jawaban tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12,jawaban pkn kelas 12 hal 18,kunci jawaban bahasa indonesia hal 22 kelas 12,nomina dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban sejarah kelas 12 halaman 29
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 30 buku paket kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 31 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 33 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 11,teks cerita sejarah kelas xii,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 12,bahasa indonesia kelas 12 hal 22,buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban bahasa indonesia hal 9,halaman 10,south east asia treaty organization,kunci jawaban ppkn kelas 12 halaman 8,bahasa indonesia kelas 12 hal 21,afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 11,pkn kelas 12 halaman 3,jawaban bahasa indonesia hal 9 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 12,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas xii,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8,tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 2,tugas bahasa indonesia kelas 12 sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 12,jawaban pkn hal 18 kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 5 kelas 12,jawaban pkn halaman 8 kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22,jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22,tugas 1 bahasa indonesia kelas xii,jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 12
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 29 buku paket semester 1 kurikulum 2013
kunci jawaban buku paket kelas 12,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 14,tugas pkn hal 8 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30,kunci jawaban pkn halaman 8 kelas 12,pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn halaman 16,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12,jawaban pkn kelas 12 halaman 20,1856 demonstrasi yang dilakukan para buruh di australia,jawaban pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn hal 8 kls 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,jawaban pkn kelas 12 halaman 3,buku qur'an hadits kelas xii kurikulum 2013,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 18,bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,tugas 1.1 pkn kelas 12,hadits,jawaban buku paket pkn kelas 12 halaman 8,3 jenis kelompok nomina,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 14,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 88 kelas 11,kunci jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,jawaban ppkn kelas 12 halaman 8,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9-22
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 28 buku paket semester 1 kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 12
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 12
tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12 semester 1,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 10,paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban sejarah kelas 12 halaman 29,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 8,jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20 kelas 12,ikatan rumpun padi pada asean melambangkan,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 11,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 35 buku paket semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah halaman 30 kelas 12,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas xii,larangan pejabat menerima hadiah,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,pengertian apresiasi sastra menurut para ahli,jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 18,buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban halaman 8 pkn kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,jawaban buku paket bahasa indonesia,tugas bahasa indonesia halaman 12,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,pengertian apresiasi seni rupa menurut para ahli,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 10,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 31,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
bahasa indonesia kelas 12 hal 9,buku kimia kelas xii kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 74,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18,kunci jawaban paket bahasa indonesia,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12,jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12 semester 2,abd al haleem,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban soal pkn halaman 18,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban paket bahasa inggris kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,bahasa indonesia hal 9 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 kurikulum 2013,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,buku paket bahasa indonesia kelas xii,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia
- Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 18,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8,jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9,jawaban buku paket pkn kelas 12 semester 1,jawaban buku paket pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban paket bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12 semester 2,jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 11,kunci jawaban pkn halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,jawaban pkn kelas 12 halaman 16,soal bahasa indonesia kelas 12 dan kunci jawaban,tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 12,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12 kurikulum 2013,download buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn hal 20 kelas 12,kunci jawaban halaman 8 kelas 12,buku bahasa indonesia kurikulum 2013 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 3,kelompok nomina,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 8,teks sejarah hari buruh,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12,menurut kalian berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari,jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,buku bahasa indonesia kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 9,nomina modifikatif,tugas pkn halaman 8 kelas 12
- jawaban bin kelas 12 halaman 18 - New !!
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12 - New !!
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28 - New !!
jawaban pkn kelas 12 hal 8,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 16,tugas bahasa indonesia halaman 21,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,arti teks six things to do if you visit seattle,jawaban six things to do if you visit seattle,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 10 kelas 12 semester 2,nomina pada teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 8,jawaban bahasa inggris kelas 12,kunci jawaban pkn hal 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 hal 9,buku pkn kelas 12,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 9,kunci jawaban pkn halaman 9 kelas 12,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,buku paket biologi kelas xii kurikulum 2013,buku bahasa inggris kurikulum 2013 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 88,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 8,ikatan rumpun padi pada lambang asean melambangkan,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 14,kunci jawaban sejarah halaman 30,jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9,tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 9,buku paket kelas 12,tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 12,nomina teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2,tugas bahasa indonesia halaman 21 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013,buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 8,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,kunci jawaban ppkn halaman 8 kelas 12
- Apresiasi sastra
- Pengertian Apresiasi sastra
- Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas XII halam 8 - 9 kurikulum 2013
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii,bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 18,jawaban pkn hal 8 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 22,mencari kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 10,tugas bahasa indonesia teks sejarah,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 9,kunci jawaban soal bahasa indonesia halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 8 kelas 12,bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,kunci jawaban bahasa indonesia semester 1 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,pkn tugas mandiri 1.1,sejarah buku,jawaban sejarah hari buruh,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12,cerita six things to do if you visit seattle,kunci jawaban pkn hal 8 kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9 semester 1,kunci jawaban pkn kelas xii halaman 8,verba modifikatif verba koordinatif verba apositif,tugas bahasa inggris kelas xii,jawaban pkn kelas 12 halaman 5,jawaban bahasa indonesia hal 12,jawaban pkn kelas 12 halaman 10,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 hal 9,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9,kunci jawaban pkn kls 12 hal 8,kunci jawaban paket pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn halaman 14 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 5,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 21,sejarah hari buruh buku bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
Hal. 22 (a-d) TUGAS 2
a. Setelah membaca teks “Kekeringan”, coba sebutkan apa saja
yang menyebabkan terjadinya bencana kekeringan!
·
Penyimpangan iklim,
menyebabkan produksi uap air dan awan di sebagian Indonesia bervariasi dari kondisi
sangat tinggi ke rendah atau sebaliknya. Ini semua menyebabkan penyimpangan
iklim terhadap kondisi normalnya. Jumlah uap air dan awan yang rendah akan
berpengaruh terhadap curah hujan, apabila curah hujan dan intensitas hujan
rendah akan menyebabkan kekeringan.
·
Gangguan keseimbangan hidrologis, kekeringan juga dipengaruhi oleh adanya gangguan
hidrologis seperti: 1) terjadinya degradasi Daerah Aliran Sungai (DAS) terutama
bagian hulu mengalami alih fungsi lahan dari bervegetasi menjadi non vegetasi yang
menyebabkan terganggunya sistem peresapan air tanah; 2) kerusakan hidrologis
daerah tangkapan air bagian hulu menyebabkan waduk dan saluran irigasi terisi
sedimen, sehingga kapasitas tampung air menurun tajam; 3) rendahnya cadangan
air waduk yang disimpan pada musim penghujan akibat pendangkalan menyebabkan
cadangan air musim kemarau sangat rendah sehingga memicu terjadinya kekeringan.
·
Kekeringan agronomis,
terjadi sebagai akibat kebiasaan petani memaksakan menanam padi pada musim
kemarau dengan ketersediaan air yang tidak mencukupi.
b. Masyarakat yang mengandalkan mata pencaharian dari bidang
pertanian akan sangat terpengaruh oleh adanya bencana kekeringan. Mengapa bisa
demikian?
·
Jika lahan pertanian
mengalami kekeringan, para petani akan mengalami kerugian karena tanaman yang
mereka tanam akan mati dan sulit mengalami pertumbuhan. Selain itu, tanah akan
menjadi kering dan sulit ditanami.
c.
Isilah Kolom Berikut
No.
|
Penyebab
terjadinya
|
|
Banjir
|
Kekeringan
|
|
1.
|
Tidak adanya lagi tanah resapan
untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun.
tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya,
ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus
meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. dan
masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya.
|
Terjadinya pergeseran daerah aliran
sungai atau DAS utamanya di wilayah hulu. Hal ini membuat lahan beralih
fungsi, dari vegetasi menjadi non-vegetasi. Efek dari perubahan ini aldalah
sistem resapan air di atan yang menjadi kacau dan akhirnya menyebabkan
kekeringan.
|
2.
|
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk
melakukan penanaman kembali pada daerah / hutan hutan yang baru di tebangi.
|
Terjadinya kerusakan hidrologis wilayah
hulu sehingga waduk dan juga saluran irigasi diisi oleh sedimen. Hal ini
kemudian menjadikan kapasitas dan daya tamping menjadi drop. Cadangan air
yang kurang akan memicu kekeringan parah saat musim kemarau tiba.
|
3.
|
Bertumpuknya sampah pada saluran
air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air.
|
persoalan agronomis atau dikenal
juga dengan nama kekeringan agronomis. Hal ini diakibatkan pola tanam petani
di Indonesia yang memaksakan penanaman padi pada musim kemarau dan
mengakibatkan cadangan air semakin tidak mencukupi.
|
4.
|
Ilegal Loging (Penebangan Hutan
Liar)
|
No.
|
Akibat
yang ditimbulkan oleh
|
|
Banjir
|
Kekeringan
|
|
1.
|
Menimbulkan korban jiwa, Menimbulkan bibit penyakit dan
Hilangnya harta benda.
|
makhluk hidup akan kekurangan air sehingga dapat
menyebabkan dehidrasi bahkan kematian
|
2.
|
Rusaknya sarana dan prasarana
|
Banyaknya Tanaman yang mati.
|
d. Setelah menjawab peryataan (c), rangkaian jawaban kalian
tersebut menjadi sebuah teks eksplanasi.
Kekeringan adalah
keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang berkepanjangan
(beberapa bulan hingga bertahun-tahun).Kekeringan
umumnya diperparah penyebab lainnya antara lain: Terjadinya pergeseran daerah aliran sungai atau DAS
utamanya di wilayah hulu. Hal ini membuat lahan beralih fungsi, dari vegetasi
menjadi non-vegetasi. Efek dari perubahan ini aldalah sistem resapan air di
atan yang menjadi kacau dan akhirnya menyebabkan kekeringan, Terjadinya
kerusakan hidrologis wilayah hulu sehingga waduk dan juga saluran irigasi diisi
oleh sedimen. Hal ini kemudian menjadikan kapasitas dan daya tamping menjadi
drop. Cadangan air yang kurang akan memicu kekeringan parah saat musim kemarau
tiba,dan Penyebab kekeringan di Indonesia lainnya adalah persoalan agronomis
atau dikenal juga dengan nama kekeringan agronomis. Hal ini diakibatkan pola
tanam petani di Indonesia yang memaksakan penanaman padi pada musim kemarau dan
mengakibatkan cadangan air semakin tidak mencukupi.
Banjir adalah
dimana suatu daerah dalam keadaan tergenang oleh air dalam jumlah yang begitu
besar. peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam
daratan.
Banjir
umumnya diperparah penyebab lainnya antara lain: Curah hujan tinggi, Permukaan tanah lebih rendah dibandingkan
muka air laut, Terletak pada suatu cekungan yang dikelilingi perbukitan dengan
pengaliran air keiuar sempit, Banyak pemukiman yang dibangun pada dataran
sepanjang sungai, Aliran sungai tidak lancar akibat banyaknya sampah serta
bangunan di pinggir sungai, Kurangnya tutupan lahan di daerah hulu sungai,
Hutan gundul akibat penebangan hutan secara liar.
Dampak atau akibat banjir antara lain sebagai berikut: Rusaknya sarana dan prasarana. Air yang menggenang memasuki partikel pada dinding bangunan, apabila dinding tidak mampu menahan kandungan air maka dinding akan mengalami retak dan akhirnya jebol, Hilangnya harta benda. Banjir dalam aliran skala besar mampu menyeret apapun yang dilaluinya termasuk harta benda. Seperti kursi, kasur, meja, pakaian, dan lain sebagainya, Menimbulkan korban jiwa. Hal ini disebabkan karena arus air terlalu deras sehingga banyak penduduk yang hanyut terbawa arus, Menimbulkan bibit penyakit. Penyakit yang dapat ditimbulkan misalnya gatal-gatal. Air banjir banyak membawa kuman sehingga penyebaran penyakit sangat besar, dan Rusaknya areal pertanian. Banjir mampu menenggelamkan areal sawah. Tentu saja hal ini sangat merugikan para petani dan kondisi perekonomian negara menjadi terganggu.
0 komentar:
Post a Comment