Search This Blog

jawaban bin kelas 12 halaman 18

Selamat datang di blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "jawaban bin kelas 12 halaman 18", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati

Admin everybody need o2




Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "jawaban bin kelas 12 halaman 18" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

jawaban bin kelas 12  halaman 18

jawaban bin kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kelompok nomina dan verba,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20
jawaban bin kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kelompok nomina dan verba,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20

jawaban bin kelas 12  halaman 18

TUGAS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 YANG MUNGKIN ANDA CARI, ADA DIBAWAH INI:
  1. Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas XII halam 8 - 9 kurikulum 2013
  2. Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
  3. Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
  4. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
  5. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
  6. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
  7. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
  8. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 28 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
  9. Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 12
  10. Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 12
  11. Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
  12. Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
  13. Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 29 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
  14. Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 30 buku paket kurikulum 2013 - New !!
  15. Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 31 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
  16. Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 33 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
  17. Tugas Bahasa Indonesia kelas xii halaman 14 – 15 – 16 buku paket
  18. Tugas Bahasa Indonesia kelas xii halaman 14 – 15 – 16 buku paket
  19. Tugas bahasa Indonesia halaman 22 buku paket kurikulum 2013
  20. Tugas bahasa Indonesia halaman 22 buku paket kurikulum 2013
Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket

( a ) Dalam teks “ Sejarah Hari Buruh “, kalian akan menjumpai beberapa kelompok kata, seperti kelompok nomina dan verba. Terdapat tiga jenis kelompok nomina. Pertama kelompok nomina modifikatif ( Mewatas ), missalnya : Rumah besar, dua botol, ruang makan dan lain – lain. Kedua, kelompok nomina koordinatif ( tidak saling menerangkan ), misalkan, : lahir batin, sandang pangan, sarana prasarana, hak dan kewajiban, adil dan makmur dan sebagainya. Ketiga, kelompok nomina apositif, sebagai keterangan yang ditambahkan atau diselipkan., misalnya : sinta, teman sekelas ku, pergi berlibur ke bali. Sama halnya dengan kelompok nomina, kelompok kata verba juga terbagi menjadi tiga jenis , yaitu kelompok verba apositif, verba modifikatif dan kelompok verba koordinatif.
“ Sejarah Hari Buruh “ Temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks tersebut. Tuliskan kelompok kata yang kalian temukan ke dalam kolom berikut.

No.
Kelompok Nomina
Kelompok Verba
1
Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 mei.
 Federation of Organized Trades and Labor  Unions akhirnya menetapkan 1 mei sebagai  hari buruh yang diperingati oleh kaum buruh  seluruh dunia.
2
Perkembangan kapitalisme industry mendadak perubhan drastis ekonomi, politik
Nomina Koordinatif
 Di beberapa Negara hari buruh dijadikan hari  libur tahunan yang berasal dari usaha  gerakan serikat buruh untuk merayakan  keberhasilan ekonomi dan social para buruh.
Verba Apositif

3
Pemogokan ini membawa para peng organisasinya kemeja pengadilan.
Nomina Koordinatif


4
Akhirnya korban pun berjatuhan dari pihak buruh pada 3 mei 1886 empat buruh tewas dan puluhan lainnya terluka.
Nomina Modifikatif
Dengan tuduhan terlibat dalam pengeboman delapan orang aktifis buruh tertangkap dan di penjarakan.
Verba apositif

5
Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai Negara dan memutuskan delapan jam kerja perhari menjadi tuntutan utama kaum buruh sedunia. Nomina modifikatif.

Penanda berakhirnya bentuk kinerja paksa dan perebutan yang bersembunyi dibalik hubungan industrial.
Verba Modifikatif
6
Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi.
nomina modifikasi


jawaban bin kelas 12  halaman 18

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 18 Kelas 12 Semester 2

Nah ini dia lanjutan dari halaman 17..

No.
Kosakata
Arti Kosakata
12

wisata

bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya); bertamasya;
13
wisatawan

orang yang berwisata; pelancong; turis:
14
pelancong

bepergian untuk bersenang-senang; bertamasya; pesiar: ~ ke luar negeri;
15
potensi

kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya;
16
infrastruktur

prasarana
17
akses

jalan masuk:
18
atraksi

sesuatu yang menarik perhatian; daya tarik;
19
selancar

olahraga yang dilakukan di atas air dengan cara berdiri di atas sebilah papan, meluncur sambil melenggok-lenggok seirama dan lajunya ombak;
20
pemangku
orang yang memangku, pengelola; penyelenggara (pemerintahan dan sebagainya); 3 orang yang mewakili (raja dan sebagainya);~ jabatan orang yang memegang jabatan atau menjadi wakil untuk melakukan jabatan
BACA JUGA:
  1. Macam Bentuk Tes - New !!
  2. Larangan Bagi Pejabat Untuk Menerima Hadiah
  3. Larangan Bagi Pejabat Untuk Menerima Hadiah
  4. hadits tentang larangan pejabat menerima hadiah New !!
  5. larangan pejabat menerima hadiah - New !!
  6. Pendidikan Berkarakter vs Kecurangan di Ujian Nasional - New !!
  7. Apresiasi sastra
  8. Pengertian Apresiasi sastra

Kunci Jawaban Halaman 9-10
ParagrafInformasi dalam Teks
Paragraf 1Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah Hari Buruh.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.
Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.
Paragraf 2Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 2 ini adalah pemogokan di Amerika Serikat oleh pekerja Cordwainers.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kalangan kelas pekerja.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1806.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik
Peristiwa ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19
Paragraf 3Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 3 ini adalah demonstrasi besar yang dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak.
Pelaku dalam peristiwa tersebut demonstran dari Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore.
Peristiwa yang dimaksud terjadi sejak April 1886.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam
Peristiwa ini sampai pada 1 Mei 1886 diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.
Paragraf 4Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 4 ini adalah perkembangan demonstrasi memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah pengusaha dan pejabat setempat.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja.
Peristiwa ini Chicago’s Commercial Club, mengeeluarkan US$2.000 untuk
membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi dan Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi
Paragraf 5Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 5 ini adalah aktivis buruh ditangkap
dan dipenjarakan
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan polisi.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 3 Mei 1886.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena sebuah b*m meledak dan polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi.
Kaum buruh pada 1888 kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, merekajuga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
Paragraf 6Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 6 adalah demonstrasi semakin
mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia
Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856.
Paragraf 7Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 7 adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah delegasi dari berbagai negeri.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1889.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia..
Peristiwa ini menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia
Paragraf 8Peristiwa yang diidentifikasi pada pargaraf 8 adalah delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO .
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan ILO.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1935.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.
Peristiwa ini merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak

Kunci Jawaban Halaman 11
No.WaktuPeristiwa
1.1806Pemogokan pertama kelas pekerja di Amerika Serikat
2.1856Demonstrasi yang dilakukan para buruh di Australia
3.April 1886Demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat
4.3 Mei 1886Buruh berdemonstrasi
5.1888Para demonstran kembali berdemonstrasi
6.1889Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional
7.1890Para demonstran kembali berdemonstrasi
8.1 Mei 1890Pemogokan umum yang diusulkan delegasi buruh Amerika Serikat dalam Kongres Buruh Internasional
9.1 MeiPenetapan Hari Buruh se-Dunia
10.1919Penetapan standard perburuhan internasional
11.1935Ditetapkan Konvensi Internasional
TUGAS BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013 YANG MUNGKIN ANDA CARI, ADA DIBAWAH INI:
  1. Tugas Bahasa Inggris kelas XII halaman 9 kurikulum 2013
  2. Tugas Bahasa Inggris kelas XII halaman 9 kurikulum 2013

Kunci Jawaban Halaman 12-13
ParagrafPenanda WaktuKata dalam Kalimat
ISetiap 1 Mei

Berawal dari
Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day. Diperingati setiap 1 Mei.
Di beberapa negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.
IISejak, awal abad ke-19

1806


19 hingga 20 jam sehari
Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era Industri di awal abad ke-19.

Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada tahun 1806 oleh pekerja cordwainers.

Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari.
IIISejak April 1886, dari waktu ke waktu
1 Mei 1886
buruh.Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak.

Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.
IVSaat itu


Jam kerja
Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu.

Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itupun berakhir dengan korban dan kerusuhan.
V3 Mei 1886


1888


1 Mei 1890
Akibatnya korbanpun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886

Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama.

Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
VISetiap 1 MeiPada saat itu

1894
Jam kerja, 1856



Saat itu
Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu,tidak hanya terjadi di Amerika Serikat.

Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856.

Saat itu,  gerakan buruh di Eropa tengah menguat.
VIIPeristiwa, tahun 1889


Delapan jam kerja per hari


1 Mei 1890, jam kerja, tanggal 1 Mei, Hari
Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889.

Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan kaum buruh seluruh dunia.

Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi kaum buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.
VIIIDelapan jam/hari, 40 jam/minggu, lima hari, 1919, 1935
8 jam kerja, hari
Berakhirnya
Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935.

Penetapan 8 jam  kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.
TUGAS PKN KURIKULUM2013 YNAG MUNGKIN ANDA CARI, ADA DI BAWAH INI:
  1. Tugas dan jawabn pkn kelas xii halaman 74 – 75 buku paket kurikulum 2013
  2. Tugas dan jawabn pkn kelas xii halaman 74 – 75 buku paket kurikulum 2013
  3. Tugas pkn halaman 88 kelas xii buku paket kurikulum 2013
  4. Tugas pkn halaman 88 kelas xii buku paket kurikulum 2013
Kunci Jawaban Halaman 14,15, dan 16
Struktur TeksKalimat
OrientasiHari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 1Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 2Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Demonstrasi ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 3Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuhan. Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan memerintahkan agar demonstran membubarkan diri.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 4Sebuah b*m meledak di dekat barisan polisi. Polisi pun membabi-buta men*mbaki buruh yang berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap setiap demonstrasi buruh. Namun, kaum buruh tidak begitu saja menyerah. Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 5Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan.
ReorientasiPeristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.

Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.

Kunci Jawaban Halaman 18-19
No.Kelompok NominaKelompok Verba
1.Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi politik (nomina koordinatif)Di beberapa Negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh(verba apositif)
2.Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan(nomina koordinatif)-
3.Akhirnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. (Nomina Modifikatif)Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan (verba apsositif)
4.Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruhdi tangkap dan dipenjarakan (nomina modifikatif)-
5.Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai Negara dan memutuskandelapan jam kerja perhari menjadi tuntutan utama kaun buruh sedunia. (norma modifikatif)Penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbuatan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. (verba modifikatif)
6.Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi (nomina modifikatif)Federation of Organitation Trades and labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh yang diperingati oleh kaum buruh sedunia (verba modifikatif)

Kunci Jawaban Halaman 20
No.PeristiwaWaktuTempat
1.Hari Buruh1 MeiSeluruh dunia
2.Hari libur tahunan1 MeiBeberapa negara
3.Demonstrasi kaum buruh1886Amerika Serikat
4.Pemogokan pertama kelas pekerja1806Amerika Serikat
5.Demonstrasi besarApril 1886Amerika Serikat
6.Demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama1 Mei 1886Amerika Serikat
7.Empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka3 Mei 1886Amerika Serikat
8.Mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama1888Amerika Serikat
9.Mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi1
Mei 1890
Amerika Serikat
10.Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja1856Australia
11.Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional1889Amerika Serikat
12.Menyerukan pemogokan umum1 Mei 1890Amerika Serikat
13.Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO1919Amerika Serikat
14.Konvensi No. 47 1935Amerika Serikat

Kunci Jawaban Halaman 21
No.Konjungsi dalam KalimatSederajatTidak Sederajat
1.Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19.-
2.Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari.-
3.Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.-
4.Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.-
5.Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak.-
6.Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.-
7.Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856.-

Kunci Jawaban Halaman 22
No.NominaAfiks Pembentuk Nomina
1.perjuangankonfiks per- an (verba [V] à nomina [N])
2.perubahankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
3.penetapankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
4.perkembangankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
5.pengeb*mankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
6.pengurangankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
7.persatuankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
8.perburuhankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
9.perkembangankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
10.pengetatankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
11.pengintensifankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
12.pemogokankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
13.pemerintahankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
14.peralatankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
15.pengurangankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
16.pelarangankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
17.pengakuankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
18.perbudakankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
Kunci Jawaban Halaman 18
No.Struktur TeksFungsi Struktur Teks
1.AbstrakPada tahapan ini, pengarang memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan dikembangkannya menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Damhuri Muhammad menggambarkan seorang juru masak bernama Makaji yang sangat terkenal di kampungnya. Tanpa campur tangan dalam meracik bumbu masakan, sebuah perhelatan akan dinilai tidak sukses karena tidak berhasil menyuguhkan para tamunya makanan lezat. Begitulah pentingnya kehadiran Makaji dalam dunia masak-memasak di kampong itu, sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya.
2.OrientasiPada tahapan orientasi, pengarang menceritakan latar berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana yang terjadi dalam sebuah peristiwa dalam cerpen. Latar digunakan penulis untuk menghidupkan sebuah cerita dan meyakinkan pembaca. Dengan kata lain, latar ini mengekspresikan watak, baik secara psikis maupun fisik.
3.KomplikasiTahapan ini berisi urutan kejadian, dan setiap kejadian-kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat. Peristiwa satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Pada cerpen juru masak, Damhuri Muhammad menceritakan Azrial pergi merantau karena ia dihina oleh kelluarga Ronggogeni. Maka dari itu dia merantau untuk merintis kariernya dan menjadi orang sukses.
4.EvaluasiPada tahapan ini, konflik yang biasanya muncul pada setiap kejadian yang terdapat dalam komplikasi bisa diarahlkan/diatur menuju ke tahapan selanjutnya. Sehingga komplikasi tersebut bisa terlihat tahap-tahap penyelesaiannya dari konflik yang muncul tersebut. Dalam cerpen “Juru Masak” ketika Azrial ingin melupakan Renggogeni, ia kemudian hengkang dari kampung dengan membawa luka hati.
5.ResolusiPada tahapan ini, resolusi menerangkan tentang sebuah solusi dari konflik yang terjadi.Damhuri Muhammad menggambarkan seorang yang bernama Azrial. Azrial adalah seorang anak juru masak yang bekerja sebagaitukang cuci piring di rumah makan Jakarta. Namun, karena kerja keras dan kegigihannya, sekarang Azrial menjadi orang Lareh Panjang yang sukses dengan mempunyai enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah.
6.KodaPada tahapan terakhir ini, koda berfungsi untuk menerangkan akhir dari cerita sebuah cerpen. Pada cerpen karangan Damhuru Muhammad ini, Azrial sekarang telah sukses, dan dia berkeinginan mengajak ayahnya (Makaji) untuk tinggal bersamanya di Jakarta dan menghabiskan masa tuanya disana dengan Azrial.

Hal. 18 (a-e)(5-7)                                                     TUGAS 2

Tugas kalian adalah mengurai kalimat berikut seperti contoh.
a)    Temperatur yang berada di bawah titik beku mengakibatkan kristal es terbentuk.

Temperatur yang berada di bawah titik beku
mengakibatkan
Kristal es terbentuk
subjek
predikator
objek

b)    Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara.

Struktur 1
Butir-butir air
terjadi
Karena
Subjek
predikator
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
Struktur 2
Tetesan air kecil (tiny droplet)
Yang timbul
akibat
kondensasi
subjek
predikator
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
subjek
Struktur 3
Berbenturan dengan
Tetesan air lainnya
predikator
keterangan
Struktur 4
dan
Terbawa oleh
Gerakan udara
Kata perangkai: konjungsi penambahan
predikator
keterangan

c)    Bila temperatur udara turun sampai di bawah 0° Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
Struktur 1
Bila
temperatur
turun
Sampai di bawah 0° Celsius
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
subjek
predikator
keterangan
Struktur 2
Butiran air
Akan berubah menjadi
salju
Subjek
predikator
keterangan


d)    Curah hujan yang sangat lebat mempunyai tetes hujan besar.

Curah hujan yang sangat lebat
mempunyai
Tetes hujan besar.
subjek
predikator
objek

(e)  Karena tetes hujan berukuran besar, pori-pori permukaan tanah akan tertutup sehingga infiltrasi air hujan sangat kecil, sebaliknya limpasan air hujan menjadi sangat besar.

Struktur 1
karena
Tetes hujan
berukuran
Besar
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
subjek
predikator
keterangan
Struktur 2
Pori-pori permukaan tanah
Akan tertutup
subjek
predikator
Struktur 3
sehingga
Infiltrasi air hujan
Sangat kecil
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
subjek
keterangan
Struktur 4
Sebaliknya
Limpasan air hujan
menjadi
Sangat besar
Kata perangkai: konjungsi perbandingan
subjek
predikator
keterangan

(5)  Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal eksplanasi ditandai oleh pernyataan umum dan diakhiri oleh urutan sebab-akibat. Apa yang kalian temukan dari struktur teks “Banjir”? Apakah kalian menemukan perbedaan antara struktur teks “Siklus Hidrologi” dengan struktur teks “Banjir”? Di mana letak perbedaannya?

No.

Hidrologi
Banjir
1.
Struktur
Peryataan Umum:
·         Jumlah air di alam ini tetap dan menikuti suatu aliran yang dinamakan siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
Sebab-akibat:
·         Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/uap dalam proses evaporasi.

·         Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air.

·         Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.

Pernyataan Umum:
·         Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS).
Sebab-akibat:
·         Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan dan pengaruh air pasang.
Sebab-akibat II:
·         Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi berkurang yang mengakibatkan penyebab alami dari banjir.
Sebab-akibat III:
·         Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir di bandingkan dengan yang lainnya.
2.
Penyajian
Terdiri dari paragraf-paragraf
Dibuat berdasarkan sub-sub
3.
Isi
Proses sirkulasi air yang terus menerus berputar dari atmosfer ke bumi melalui hujan dan kembali ke atmosfer melalui penguapan.
Bajir merupakan fenomena alam yang dapat terjadi akibat ulah manusia maupun alam itu sendiri.

(6)  Ketika membaca sebuah teks, kita sering menemukan kata-kata yang kadang tidak kita mengerti karena bermakna khusus. Kata-kata tersebut dinamai istilah. Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah yang digunakan untuk bidang tertentu dan pemakaiannya hanya dapat dipahami oleh orang yang berkecimpung dalam bidang tersebut dinamai istilah khusus. Bacalah kembali teks “Banjir”, kemudian carilah istilah khusus yang kalian temukan dalam teks itu.

No.
Istilah
Makna
1.
Fisiologi
Uraian atau deskripsi tentang genesis dan evolusi bentuk lahan.
2.
Drainase
Lengkungan atau saluran air di permukaan atau di bawah tanah, baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia.
3.
Erosi
Peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya). Akibat angin, air atau es.
4.
Geofisik
Ilmu tentang sifat alam bumi
5.
Sedimentasi
Suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es, atau gletser di suatu cengkungan.
6.
Geometri Hidrolik
Ilmu yang menerangkan Bentuk penampang atau kedalaman sifat-sifat garis, sudut, bidang,dan ruang. Dengan alat ukur
7.
Infiltrasi
Aliran air ke dalam tanah melalui permukaan tanah.
8
Vegetasi
Kehidupan (dunia) tumbuh-tumbuhan atau (dunia) tanam-tanaman.
9.
Deforestasi
Kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon sehingga lahannya dapat dialihkan untuk penggunaan hutan.
10.
Degradasi Lingkungan
Penurunan kualitas lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan pembangunan yang dicirikan oleh tidak berfungsi secara baik komponen-komponen lingkungan sebagaimana mestinya.

(7) Setelah membaca teks “Banjir”, kalian tentu menemukan bagian-bagian yang berupa pernyataan umum dan urutan sebab-akibat. Coba perhatikan baik-baik teks berikut ini. Bandingkanlah struktur teks “Banjir” dengan struktur teks “Kekeringan”.
No.

Persamaan
Perbedaan
1.
Struktur
Kedua teks memiliki struktur yang sama dimulai dari pernyataan umum dan sebab akibat
-
2.
Isi
Keduanya bertemakan sama yaitu air
Teks pertama berisi tentang siklus hidrologi. Teks kedua berisi tentang bencana yang disebabkan air.
3.
Penyajian
-
Teks pertama disajikan bentuk paragraf. Sedangkan teks kedua berbentuk sub judul dan paragraf.
4.
Kaidah
Kedua teks menggunakan konjungsi inernal dan konjungsi sebab akibat
-

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda telah mengunjungi postingan yang berjudul "jawaban bin kelas 12 halaman 18" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

Admin everybody need o2



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : jawaban bin kelas 12 halaman 18

0 komentar:

Post a Comment