Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "jawaban bin kelas 12 halaman 18" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...
jawaban bin kelas 12 halaman 18
jawaban bin kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kelompok nomina dan verba,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20
jawaban bin kelas 12 halaman 18
TUGAS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 YANG MUNGKIN ANDA CARI, ADA DIBAWAH INI:
- Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas XII halam 8 - 9 kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
- Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 28 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 12
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 12
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 29 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 30 buku paket kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 31 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 33 buku paket semester 1 kurikulum 2013 - New !!
- Tugas Bahasa Indonesia kelas xii halaman 14 – 15 – 16 buku paket
- Tugas Bahasa Indonesia kelas xii halaman 14 – 15 – 16 buku paket
- Tugas bahasa Indonesia halaman 22 buku paket kurikulum 2013
- Tugas bahasa Indonesia halaman 22 buku paket kurikulum 2013
Tugas Bahasa Indonesia kelas XII halaman 18 – 19 buku paket
( a ) Dalam teks “ Sejarah Hari Buruh “, kalian akan menjumpai beberapa kelompok kata, seperti kelompok nomina dan verba. Terdapat tiga jenis kelompok nomina. Pertama kelompok nomina modifikatif ( Mewatas ), missalnya : Rumah besar, dua botol, ruang makan dan lain – lain. Kedua, kelompok nomina koordinatif ( tidak saling menerangkan ), misalkan, : lahir batin, sandang pangan, sarana prasarana, hak dan kewajiban, adil dan makmur dan sebagainya. Ketiga, kelompok nomina apositif, sebagai keterangan yang ditambahkan atau diselipkan., misalnya : sinta, teman sekelas ku, pergi berlibur ke bali. Sama halnya dengan kelompok nomina, kelompok kata verba juga terbagi menjadi tiga jenis , yaitu kelompok verba apositif, verba modifikatif dan kelompok verba koordinatif.
“ Sejarah Hari Buruh “ Temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks tersebut. Tuliskan kelompok kata yang kalian temukan ke dalam kolom berikut.
No.
|
Kelompok Nomina
|
Kelompok Verba
|
1
|
Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 mei.
|
Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 mei sebagai hari buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia.
|
2
|
Perkembangan kapitalisme industry mendadak perubhan drastis ekonomi, politik
Nomina Koordinatif
|
Di beberapa Negara hari buruh dijadikan hari libur tahunan yang berasal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan social para buruh.
Verba Apositif
|
3
|
Pemogokan ini membawa para peng organisasinya kemeja pengadilan.
Nomina Koordinatif
| |
4
|
Akhirnya korban pun berjatuhan dari pihak buruh pada 3 mei 1886 empat buruh tewas dan puluhan lainnya terluka.
Nomina Modifikatif
|
Dengan tuduhan terlibat dalam pengeboman delapan orang aktifis buruh tertangkap dan di penjarakan.
Verba apositif
|
5
|
Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai Negara dan memutuskan delapan jam kerja perhari menjadi tuntutan utama kaum buruh sedunia. Nomina modifikatif.
|
Penanda berakhirnya bentuk kinerja paksa dan perebutan yang bersembunyi dibalik hubungan industrial.
Verba Modifikatif
|
6
|
Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi.
nomina modifikasi
|
jawaban bin kelas 12 halaman 18
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 18 Kelas 12 Semester 2
Nah ini dia lanjutan dari halaman 17..
No.
|
Kosakata
|
Arti Kosakata
|
12
|
wisata
|
bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya); bertamasya;
|
13
|
wisatawan
|
orang yang berwisata; pelancong; turis:
|
14
|
pelancong
|
bepergian untuk bersenang-senang; bertamasya; pesiar: ~ ke luar negeri;
|
15
|
potensi
|
kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya;
|
16
|
infrastruktur
|
prasarana
|
17
|
akses
|
jalan masuk:
|
18
|
atraksi
|
sesuatu yang menarik perhatian; daya tarik;
|
19
|
selancar
|
olahraga yang dilakukan di atas air dengan cara berdiri di atas sebilah papan, meluncur sambil melenggok-lenggok seirama dan lajunya ombak;
|
20
|
pemangku
|
orang yang memangku, pengelola; penyelenggara (pemerintahan dan sebagainya); 3 orang yang mewakili (raja dan sebagainya);~ jabatan orang yang memegang jabatan atau menjadi wakil untuk melakukan jabatan
|
BACA JUGA:
- Macam Bentuk Tes - New !!
- Larangan Bagi Pejabat Untuk Menerima Hadiah
- Larangan Bagi Pejabat Untuk Menerima Hadiah
- hadits tentang larangan pejabat menerima hadiah - New !!
- larangan pejabat menerima hadiah - New !!
- Pendidikan Berkarakter vs Kecurangan di Ujian Nasional - New !!
- Apresiasi sastra
- Pengertian Apresiasi sastra
Kunci Jawaban Halaman 9-10
Paragraf | Informasi dalam Teks |
Paragraf 1 | Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah Hari Buruh. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. |
Paragraf 2 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 2 ini adalah pemogokan di Amerika Serikat oleh pekerja Cordwainers. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kalangan kelas pekerja. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1806. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik Peristiwa ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19 |
Paragraf 3 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 3 ini adalah demonstrasi besar yang dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Pelaku dalam peristiwa tersebut demonstran dari Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Peristiwa yang dimaksud terjadi sejak April 1886. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam Peristiwa ini sampai pada 1 Mei 1886 diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
Paragraf 4 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 4 ini adalah perkembangan demonstrasi memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah pengusaha dan pejabat setempat. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja. Peristiwa ini Chicago’s Commercial Club, mengeeluarkan US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi dan Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi |
Paragraf 5 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 5 ini adalah aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan polisi. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 3 Mei 1886. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena sebuah b*m meledak dan polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi. Kaum buruh pada 1888 kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, merekajuga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
Paragraf 6 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 6 adalah demonstrasi semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. |
Paragraf 7 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 7 adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah delegasi dari berbagai negeri. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1889. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.. Peristiwa ini menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia |
Paragraf 8 | Peristiwa yang diidentifikasi pada pargaraf 8 adalah delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO . Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan ILO. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1935. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Peristiwa ini merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak |
Kunci Jawaban Halaman 11
No. | Waktu | Peristiwa |
1. | 1806 | Pemogokan pertama kelas pekerja di Amerika Serikat |
2. | 1856 | Demonstrasi yang dilakukan para buruh di Australia |
3. | April 1886 | Demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat |
4. | 3 Mei 1886 | Buruh berdemonstrasi |
5. | 1888 | Para demonstran kembali berdemonstrasi |
6. | 1889 | Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional |
7. | 1890 | Para demonstran kembali berdemonstrasi |
8. | 1 Mei 1890 | Pemogokan umum yang diusulkan delegasi buruh Amerika Serikat dalam Kongres Buruh Internasional |
9. | 1 Mei | Penetapan Hari Buruh se-Dunia |
10. | 1919 | Penetapan standard perburuhan internasional |
11. | 1935 | Ditetapkan Konvensi Internasional |
TUGAS BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013 YANG MUNGKIN ANDA CARI, ADA DIBAWAH INI:
- Tugas Bahasa Inggris kelas XII halaman 9 kurikulum 2013
- Tugas Bahasa Inggris kelas XII halaman 9 kurikulum 2013
Kunci Jawaban Halaman 12-13
Paragraf | Penanda Waktu | Kata dalam Kalimat |
I | Setiap 1 Mei Berawal dari | Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day. Diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. |
II | Sejak, awal abad ke-19 1806 19 hingga 20 jam sehari | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era Industri di awal abad ke-19. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada tahun 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. |
III | Sejak April 1886, dari waktu ke waktu 1 Mei 1886 | buruh.Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
IV | Saat itu Jam kerja | Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itupun berakhir dengan korban dan kerusuhan. |
V | 3 Mei 1886 1888 1 Mei 1890 | Akibatnya korbanpun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886 Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
VI | Setiap 1 MeiPada saat itu 1894 Jam kerja, 1856 Saat itu | Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu,tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. |
VII | Peristiwa, tahun 1889 Delapan jam kerja per hari 1 Mei 1890, jam kerja, tanggal 1 Mei, Hari | Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi kaum buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia. |
VIII | Delapan jam/hari, 40 jam/minggu, lima hari, 1919, 1935 8 jam kerja, hari Berakhirnya | Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. |
TUGAS PKN KURIKULUM2013 YNAG MUNGKIN ANDA CARI, ADA DI BAWAH INI:
- Tugas dan jawabn pkn kelas xii halaman 74 – 75 buku paket kurikulum 2013
- Tugas dan jawabn pkn kelas xii halaman 74 – 75 buku paket kurikulum 2013
- Tugas pkn halaman 88 kelas xii buku paket kurikulum 2013
- Tugas pkn halaman 88 kelas xii buku paket kurikulum 2013
Kunci Jawaban Halaman 14,15, dan 16
Struktur Teks | Kalimat |
Orientasi | Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 1 | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 2 | Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Demonstrasi ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 3 | Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuhan. Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan memerintahkan agar demonstran membubarkan diri. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 4 | Sebuah b*m meledak di dekat barisan polisi. Polisi pun membabi-buta men*mbaki buruh yang berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap setiap demonstrasi buruh. Namun, kaum buruh tidak begitu saja menyerah. Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 5 | Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan. |
Reorientasi | Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia. Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. |
Kunci Jawaban Halaman 18-19
No. | Kelompok Nomina | Kelompok Verba |
1. | Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi politik (nomina koordinatif) | Di beberapa Negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh(verba apositif) |
2. | Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan(nomina koordinatif) | - |
3. | Akhirnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. (Nomina Modifikatif) | Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan (verba apsositif) |
4. | Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruhdi tangkap dan dipenjarakan (nomina modifikatif) | - |
5. | Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai Negara dan memutuskandelapan jam kerja perhari menjadi tuntutan utama kaun buruh sedunia. (norma modifikatif) | Penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbuatan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. (verba modifikatif) |
6. | Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi (nomina modifikatif) | Federation of Organitation Trades and labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh yang diperingati oleh kaum buruh sedunia (verba modifikatif) |
Kunci Jawaban Halaman 20
No. | Peristiwa | Waktu | Tempat |
1. | Hari Buruh | 1 Mei | Seluruh dunia |
2. | Hari libur tahunan | 1 Mei | Beberapa negara |
3. | Demonstrasi kaum buruh | 1886 | Amerika Serikat |
4. | Pemogokan pertama kelas pekerja | 1806 | Amerika Serikat |
5. | Demonstrasi besar | April 1886 | Amerika Serikat |
6. | Demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama | 1 Mei 1886 | Amerika Serikat |
7. | Empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka | 3 Mei 1886 | Amerika Serikat |
8. | Mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama | 1888 | Amerika Serikat |
9. | Mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi | 1 Mei 1890 | Amerika Serikat |
10. | Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja | 1856 | Australia |
11. | Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional | 1889 | Amerika Serikat |
12. | Menyerukan pemogokan umum | 1 Mei 1890 | Amerika Serikat |
13. | Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO | 1919 | Amerika Serikat |
14. | Konvensi No. 47 | 1935 | Amerika Serikat |
Kunci Jawaban Halaman 21
No. | Konjungsi dalam Kalimat | Sederajat | Tidak Sederajat |
1. | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. | √ | - |
2. | Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. | √ | - |
3. | Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. | √ | - |
4. | Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. | √ | - |
5. | Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. | √ | - |
6. | Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. | √ | - |
7. | Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. | - | √ |
Kunci Jawaban Halaman 22
No. | Nomina | Afiks Pembentuk Nomina |
1. | perjuangan | konfiks per- an (verba [V] Ã nomina [N]) |
2. | perubahan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
3. | penetapan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
4. | perkembangan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
5. | pengeb*man | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
6. | pengurangan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
7. | persatuan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
8. | perburuhan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
9. | perkembangan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
10. | pengetatan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
11. | pengintensifan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
12. | pemogokan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
13. | pemerintahan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
14. | peralatan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
15. | pengurangan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
16. | pelarangan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
17. | pengakuan | konfiks pe-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
18. | perbudakan | konfiks per-an (verba [V] Ã nomina [N]) |
No. | Struktur Teks | Fungsi Struktur Teks |
1. | Abstrak | Pada tahapan ini, pengarang memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan dikembangkannya menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Damhuri Muhammad menggambarkan seorang juru masak bernama Makaji yang sangat terkenal di kampungnya. Tanpa campur tangan dalam meracik bumbu masakan, sebuah perhelatan akan dinilai tidak sukses karena tidak berhasil menyuguhkan para tamunya makanan lezat. Begitulah pentingnya kehadiran Makaji dalam dunia masak-memasak di kampong itu, sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya. |
2. | Orientasi | Pada tahapan orientasi, pengarang menceritakan latar berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana yang terjadi dalam sebuah peristiwa dalam cerpen. Latar digunakan penulis untuk menghidupkan sebuah cerita dan meyakinkan pembaca. Dengan kata lain, latar ini mengekspresikan watak, baik secara psikis maupun fisik. |
3. | Komplikasi | Tahapan ini berisi urutan kejadian, dan setiap kejadian-kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat. Peristiwa satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Pada cerpen juru masak, Damhuri Muhammad menceritakan Azrial pergi merantau karena ia dihina oleh kelluarga Ronggogeni. Maka dari itu dia merantau untuk merintis kariernya dan menjadi orang sukses. |
4. | Evaluasi | Pada tahapan ini, konflik yang biasanya muncul pada setiap kejadian yang terdapat dalam komplikasi bisa diarahlkan/diatur menuju ke tahapan selanjutnya. Sehingga komplikasi tersebut bisa terlihat tahap-tahap penyelesaiannya dari konflik yang muncul tersebut. Dalam cerpen “Juru Masak” ketika Azrial ingin melupakan Renggogeni, ia kemudian hengkang dari kampung dengan membawa luka hati. |
5. | Resolusi | Pada tahapan ini, resolusi menerangkan tentang sebuah solusi dari konflik yang terjadi.Damhuri Muhammad menggambarkan seorang yang bernama Azrial. Azrial adalah seorang anak juru masak yang bekerja sebagaitukang cuci piring di rumah makan Jakarta. Namun, karena kerja keras dan kegigihannya, sekarang Azrial menjadi orang Lareh Panjang yang sukses dengan mempunyai enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah. |
6. | Koda | Pada tahapan terakhir ini, koda berfungsi untuk menerangkan akhir dari cerita sebuah cerpen. Pada cerpen karangan Damhuru Muhammad ini, Azrial sekarang telah sukses, dan dia berkeinginan mengajak ayahnya (Makaji) untuk tinggal bersamanya di Jakarta dan menghabiskan masa tuanya disana dengan Azrial. |
Hal. 18 (a-e)(5-7) TUGAS 2
Tugas kalian adalah mengurai kalimat berikut seperti contoh.
a) Temperatur yang berada di bawah titik beku mengakibatkan kristal es terbentuk.
Temperatur yang berada di bawah titik beku
|
mengakibatkan
|
Kristal es terbentuk
|
subjek
|
predikator
|
objek
|
b) Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara.
Struktur 1
| ||||||
Butir-butir air
|
terjadi
|
Karena
| ||||
Subjek
|
predikator
|
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
| ||||
Struktur 2
| ||||||
Tetesan air kecil (tiny droplet)
|
Yang timbul
|
akibat
|
kondensasi
| |||
subjek
|
predikator
|
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
|
subjek
| |||
Struktur 3
| ||||||
Berbenturan dengan
|
Tetesan air lainnya
| |||||
predikator
|
keterangan
| |||||
Struktur 4
| ||||||
dan
|
Terbawa oleh
|
Gerakan udara
| ||||
Kata perangkai: konjungsi penambahan
|
predikator
|
keterangan
| ||||
c) Bila temperatur udara turun sampai di bawah 0° Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
Struktur 1
| |||||
Bila
|
temperatur
|
turun
|
Sampai di bawah 0° Celsius
| ||
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
|
subjek
|
predikator
|
keterangan
| ||
Struktur 2
| |||||
Butiran air
|
Akan berubah menjadi
|
salju
| |||
Subjek
|
predikator
|
keterangan
| |||
d) Curah hujan yang sangat lebat mempunyai tetes hujan besar.
Curah hujan yang sangat lebat
|
mempunyai
|
Tetes hujan besar.
|
subjek
|
predikator
|
objek
|
(e) Karena tetes hujan berukuran besar, pori-pori permukaan tanah akan tertutup sehingga infiltrasi air hujan sangat kecil, sebaliknya limpasan air hujan menjadi sangat besar.
Struktur 1
| |||
karena
|
Tetes hujan
|
berukuran
|
Besar
|
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
|
subjek
|
predikator
|
keterangan
|
Struktur 2
| |||
Pori-pori permukaan tanah
|
Akan tertutup
| ||
subjek
|
predikator
| ||
Struktur 3
| |||
sehingga
|
Infiltrasi air hujan
|
Sangat kecil
| |
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
|
subjek
|
keterangan
| |
Struktur 4
| |||
Sebaliknya
|
Limpasan air hujan
|
menjadi
|
Sangat besar
|
Kata perangkai: konjungsi perbandingan
|
subjek
|
predikator
|
keterangan
|
(5) Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal eksplanasi ditandai oleh pernyataan umum dan diakhiri oleh urutan sebab-akibat. Apa yang kalian temukan dari struktur teks “Banjir”? Apakah kalian menemukan perbedaan antara struktur teks “Siklus Hidrologi” dengan struktur teks “Banjir”? Di mana letak perbedaannya?
No.
|
Hidrologi
|
Banjir
| |
1.
|
Struktur
|
Peryataan Umum:
· Jumlah air di alam ini tetap dan menikuti suatu aliran yang dinamakan siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
Sebab-akibat:
· Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/uap dalam proses evaporasi.
· Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air.
· Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.
|
Pernyataan Umum:
· Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS).
Sebab-akibat:
· Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan dan pengaruh air pasang.
Sebab-akibat II:
· Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi berkurang yang mengakibatkan penyebab alami dari banjir.
Sebab-akibat III:
· Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir di bandingkan dengan yang lainnya.
|
2.
|
Penyajian
|
Terdiri dari paragraf-paragraf
|
Dibuat berdasarkan sub-sub
|
3.
|
Isi
|
Proses sirkulasi air yang terus menerus berputar dari atmosfer ke bumi melalui hujan dan kembali ke atmosfer melalui penguapan.
|
Bajir merupakan fenomena alam yang dapat terjadi akibat ulah manusia maupun alam itu sendiri.
|
(6) Ketika membaca sebuah teks, kita sering menemukan kata-kata yang kadang tidak kita mengerti karena bermakna khusus. Kata-kata tersebut dinamai istilah. Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah yang digunakan untuk bidang tertentu dan pemakaiannya hanya dapat dipahami oleh orang yang berkecimpung dalam bidang tersebut dinamai istilah khusus. Bacalah kembali teks “Banjir”, kemudian carilah istilah khusus yang kalian temukan dalam teks itu.
No.
|
Istilah
|
Makna
|
1.
|
Fisiologi
|
Uraian atau deskripsi tentang genesis dan evolusi bentuk lahan.
|
2.
|
Drainase
|
Lengkungan atau saluran air di permukaan atau di bawah tanah, baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia.
|
3.
|
Erosi
|
Peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya). Akibat angin, air atau es.
|
4.
|
Geofisik
|
Ilmu tentang sifat alam bumi
|
5.
|
Sedimentasi
|
Suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es, atau gletser di suatu cengkungan.
|
6.
|
Geometri Hidrolik
|
Ilmu yang menerangkan Bentuk penampang atau kedalaman sifat-sifat garis, sudut, bidang,dan ruang. Dengan alat ukur
|
7.
|
Infiltrasi
|
Aliran air ke dalam tanah melalui permukaan tanah.
|
8
|
Vegetasi
|
Kehidupan (dunia) tumbuh-tumbuhan atau (dunia) tanam-tanaman.
|
9.
|
Deforestasi
|
Kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon sehingga lahannya dapat dialihkan untuk penggunaan hutan.
|
10.
|
Degradasi Lingkungan
|
Penurunan kualitas lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan pembangunan yang dicirikan oleh tidak berfungsi secara baik komponen-komponen lingkungan sebagaimana mestinya.
|
(7) Setelah membaca teks “Banjir”, kalian tentu menemukan bagian-bagian yang berupa pernyataan umum dan urutan sebab-akibat. Coba perhatikan baik-baik teks berikut ini. Bandingkanlah struktur teks “Banjir” dengan struktur teks “Kekeringan”.
No.
|
Persamaan
|
Perbedaan
| |
1.
|
Struktur
|
Kedua teks memiliki struktur yang sama dimulai dari pernyataan umum dan sebab akibat
|
-
|
2.
|
Isi
|
Keduanya bertemakan sama yaitu air
|
Teks pertama berisi tentang siklus hidrologi. Teks kedua berisi tentang bencana yang disebabkan air.
|
3.
|
Penyajian
|
-
|
Teks pertama disajikan bentuk paragraf. Sedangkan teks kedua berbentuk sub judul dan paragraf.
|
4.
|
Kaidah
|
Kedua teks menggunakan konjungsi inernal dan konjungsi sebab akibat
|
-
|
0 komentar:
Post a Comment