Search This Blog

afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh

Selamat datang di blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati

Admin everybody need o2




Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh


afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh,kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,kelompok nomina dan verba pada teks cerita sejarah hari buruh,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,kaidah kebahasaan teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,orientasi teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,menurut kalian berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari

afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh

afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh,kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,kelompok nomina dan verba pada teks cerita sejarah hari buruh,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,kaidah kebahasaan teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,orientasi teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,menurut kalian berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari

afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh


elompok nomina dan kelompok verba dalam teks sejarah hari buruh

Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sejarah termasuk ilmu empiris, karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia. Oleh sebab itu, sejarah kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan. Akan tetapi, sejarah berbeda dengan antropologi atau sosiologi, sejarah membicarakan manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya, kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat yang biasanya disebabkan oleh pengaruh dari luar masyarakat itu sendiri.

Untuk mengetahui apa dan bagaimana peristiwa sejarah yang terjadi di muka bumi ini, dipelajari dari catatan dan rekaman sejarah dari sejumlah sumber. Pencatatan peristiwa yang terjadi pada masa lampau itu termasuk bentuk teks cerita ulang. Melalui teks cerita ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman nyata di masa lalu dapat dibangkitkan atau dihidupkan kembali. Dengan membaca dan memahami berbagai rentetan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, kalian diharapkan dapat menggali kearifan di sana. Mengetahui peristiwa sejarah tidak hanya sebatas proses transformasi pengetahuan mengenai fakta masa lalu belaka, tetapi yang terpenting adalah bagaimana dapat belajar dari sejarah itu.

  1. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
  2. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
Sebuah peristiwa sejarah mengandung makna yang penting. Salah satu peristiwa sejarah dunia yang memiliki pengaruh pada kehidupan sekarang maupun masa depan adalah peristiwa terbentuknya Hari Buruh atau yang dikenal dengan sebuatan May Day. Hari Buruh ini merupakan rentetan perjuangan kelas pekerja agar tidak diperlakukan dengan buruk secara terusmenerus. Setiap tanggal 1 Mei, kaum buruh di seluruh dunia memperingati peristiwa besar yang terjadi di Amerika Serikat, berupa demonstrasi kaum buruh pada 1886 yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.

1. Struktur Teks
Struktur yang membangun sebuah teks cerita sejarah adalah orientasi^urutan peristiwa^reorientasi. Reorientasi merupakan tahapan yang berupa pilihan, yang bisa saja tidak muncul dalam sebuah teks cerita sejarah.

Struktur TeksKalimat
OrientasiHari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 1Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 2Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Demonstrasi ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 3Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuhan. Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan memerintahkan agar demonstran membubarkan diri.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 4Sebuah b*m meledak di dekat barisan polisi. Polisi pun membabi-buta men*mbaki buruh yang berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap setiap demonstrasi buruh. Namun, kaum buruh tidak begitu saja menyerah. Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 5Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan.
ReorientasiPeristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.

Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.

Jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari adalah 8 jam. Delapan jam adalah waktu bekerja yang tepat, dalam sehari ada 24 jam. Maka 24 jam tersebut dibagi menjadi 3 yaitu 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk rekreasi, dan 8 jam untuk istirahat.

Jam Kerja dalah waktu untuk melakukan pekerjaan, dapat dilaksanakan siang hari dan/atau malam hari. Jam Kerja bagi para pekerja di sektor swasta diatur dalam Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya pasal 77 sampai dengan pasal 85. Pasal 77 ayat 1, Undang-Undang No.13/2003 mewajibkan setiap pengusaha untuk melaksanakan ketentuan jam kerja. Ketentuan jam kerja ini telah diatur dalam 2 sistem seperti yang telas disebutkan diatas yaitu:
  1. 7 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu; atau
  2. 8 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu.

Pada kedua sistem jam kerja tersebut juga diberikan batasan jam kerja yaitu 40 (empat puluh) jam dalam 1 (satu) minggu. Apabila melebihi dari ketentuan waktu kerja tersebut, maka waktu kerja biasa dianggap masuk sebagai waktu kerja lembur sehingga pekerja/buruh berhak atas upah lembur.

Dari teks tentang hari buruh sedunia informasi yang dapat mengidentifikasi antara lain siapa dan apa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Selain itu juga tentang kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana peristiwa itu terjadi

ParagrafInfornasi dalam Teks
Paragraf 1Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah Hari Buruh.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.
Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.
Paragraf 2Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 2 ini adalah pemogokan di Amerika Serikat oleh pekerja Cordwainers.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kalangan kelas pekerja.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1806.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik
Peristiwa ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19
Paragraf 3Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 3 ini adalah demonstrasi besar yang dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak.
Pelaku dalam peristiwa tersebut demonstran dari Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore.
Peristiwa yang dimaksud terjadi sejak April 1886.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam
Peristiwa ini sampai pada 1 Mei 1886 diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.
Paragraf 4Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 4 ini adalah perkembangan demonstrasi memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah pengusaha dan pejabat setempat.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja.
Peristiwa ini Chicago’s Commercial Club, mengeeluarkan US$2.000 untuk
membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi dan Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi
Paragraf 5Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 5 ini adalah aktivis buruh ditangkap
dan dipenjarakan
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan polisi.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 3 Mei 1886.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena sebuah b*m meledak dan polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi.
Kaum buruh pada 1888 kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, merekajuga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
Paragraf 6Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 6 adalah demonstrasi semakin
mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia
Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856.
Paragraf 7Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 7 adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah delegasi dari berbagai negeri.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1889.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia..
Peristiwa ini menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia
Paragraf 8Peristiwa yang diidentifikasi pada pargaraf 8 adalah delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO .
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan ILO.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1935.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.
Peristiwa ini merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak


Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Hari Buruh,kelompok nomina dan kelompok verba dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,tuliskan kelompok kata yang kalian temukan ke dalam kolom berikut,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22,tuliskan kelompok kata yang kalian temukan ke dalam kolom berikut,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,kelompok nomina dan kelompok verba dalam teks sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18 semester 1,bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks tersebut,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,kelompok nomina dan verba sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,perhatikan dengan seksama lambang asean berikut,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 29,temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,kelompok nomina dan verba hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 28,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 22,jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 18,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 28,kelompok nomina dan kelompok verba sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 18,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,kelompok nomina kelompok verba hari buruh,tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 18,tugas 1 sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 28 kelas 12,kelompok nomina hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28 semester 1,kelompok nomina dan kelompok verba dalam sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12,kelompok nomina dan verba pada teks sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia halaman 22 kelas 12,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,pada tugas 1 ini kalian diminta menggali informasi sebanyak banyaknya,tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 18,kelompok nomina dan verba dalam sejarah hari buruh,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 28,tugas bahasa indonesia kelas 12,kelompok nomina dan verba teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 20,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12 semester 1,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,dalam teks sejarah hari buruh kalian akan menjumpai beberapa kelompok kata,kelompok nomina sejarah hari buruh,kelompok nomina dan verba pada teks cerita sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 19,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 29 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 18,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 11,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah halaman 18,bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia kelas 11 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 28,tugas bahasa indonesia halaman 30,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 28,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12 semester 1,tugas bahasa indonesia buku paket kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 9,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kelompok nomina dan kelompok verba teks sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 6,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 6,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 12,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 8,tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 22,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,kelompok verba sejarah hari buruh,tugas 2 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 33 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 20,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,kelompok nomina dan kelompok verba pada teks sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 28,tugas bahasa indonesia hal 22,jawaban bahasa indonesia halaman 28 kelas 12,kelompok nomina dalam teks sejarah hari buruh,pada tugas 1 ini kalian diminta menggali informasi,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 18 kelas 12,jawaban tugas 1 bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,kelompok nomina teks sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22,bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,tugas bahasa indonesia halaman 9,jawaban pkn kelas 12 halaman 18,tugas bahasa indonesia kelas 11 halaman 18,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,bahasa indonesia kelas 12 hal 18,tugas bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 31,jawaban bahasa indonesia halaman 28,jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,tugas bahasa indonesia kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia halaman 28 kelas 12,nomina dan verba sejarah hari buruh,kunci jawaban buku bahasa indonesia,nomina sejarah hari buruh,kelompok nomina dan verba pada teks hari buruh,sejarah hari buruh bahasa indonesia kelas 12,tugas bahasa indonesia kelas xii,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 12,kunci jawaban bahasa indonesia hal 28,kalimat nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban pkn halaman 16 kelas 12,urutkanlah secara kronologis kemudian tuliskan urutan waktu peristiwa dan tempatnya pada kolom berikut,bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,jawaban bahasa indonesia halaman 18,jawaban tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 29,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 22,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 22 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 22 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30 kelas 12 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 30,tugas bahasa indonesia halaman 18,jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 11,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,verba modifikatif,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 12 semester 1,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12 semester 1,jawaban teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 19,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,bahasa indonesia kelas 12 sejarah hari buruh,kunci jawaban pkn halaman 20 kelas 12,kelompok nomina pada teks sejarah hari buruh,jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 8,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas 3 bahasa indonesia kelas 12,tugas bahasa indonesia sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 11,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 21,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia sejarah hari buruh,tugas bahasa indonesia halaman 22,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 31,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12 semester 1,bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,kelompok nomina kelompok verba sejarah hari buruh,tugas mandiri pkn 1.1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 31,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 18,kelompok nomina dan verba pada sejarah hari buruh,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 semester 1,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8 semester 1,kelompok nomina dan verba teks hari buruh,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks sejarah,jawaban bahasa indonesia sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia hal 8 kelas 12,kunci jawaban ppkn kelas 12 hal 8,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 8 kelas 12 semester 1,tugas pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban bahasa inggris kurikulum 2013 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 9,buku paket bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,kelompok nomina dan kelompok verba hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 74,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 tugas 1,pkn hal 8 kelas 12,bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 21,jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 21 kelas 12,bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,jawaban paket pkn kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia hal 12 kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 10 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 hal 9,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,kunci jawaban paket pkn kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12,tugas 2 bahasa indonesia kelas 12,buku pkn kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 8,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 9,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 9,jawaban bahasa indonesia halaman 21,verba apositif,jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,kunci jawaban soal pkn halaman 20 kelas 12,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11,tugas mandiri pkn 1.1 kelas 12,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 hal 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 12,kelompok kata nomina dan verba pada teks sejarah hari buruh,verba koordinatif,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 halaman 29,nominalisasi sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia hal 9 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 8,12,struktur teks cerita sejarah hari buruh,tabel 7.2 sikap dan komitmen persatuan,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 18,kunci jawaban pkn kelas xii hal 8,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah kelas 12,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013,tugas pkn kelas 12 hal 8,kunci jawaban pkn halaman 18,jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 20,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 21,bahasa indonesia kelas xii semester 1,jawaban tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12,jawaban pkn kelas 12 hal 18,kunci jawaban bahasa indonesia hal 22 kelas 12,nomina dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban sejarah kelas 12 halaman 29,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 11,teks cerita sejarah kelas xii,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 12,bahasa indonesia kelas 12 hal 22,buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban bahasa indonesia hal 9,halaman 10,south east asia treaty organization,kunci jawaban ppkn kelas 12 halaman 8,bahasa indonesia kelas 12 hal 21,afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 11,pkn kelas 12 halaman 3,jawaban bahasa indonesia hal 9 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 12,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas xii,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8,tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 2,tugas bahasa indonesia kelas 12 sejarah hari buruh,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 12,jawaban pkn hal 18 kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 5 kelas 12,jawaban pkn halaman 8 kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22,jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22,tugas 1 bahasa indonesia kelas xii,jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 12,kunci jawaban buku paket kelas 12,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 14,tugas pkn hal 8 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30,kunci jawaban pkn halaman 8 kelas 12,pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn halaman 16,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12,jawaban pkn kelas 12 halaman 20,1856 demonstrasi yang dilakukan para buruh di australia,jawaban pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn hal 8 kls 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,jawaban pkn kelas 12 halaman 3,buku qur'an hadits kelas xii kurikulum 2013,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 18,bahasa indonesia kelas 12 halaman 33,tugas 1.1 pkn kelas 12,hadits,jawaban buku paket pkn kelas 12 halaman 8,3 jenis kelompok nomina,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 14,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 88 kelas 11,kunci jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,jawaban ppkn kelas 12 halaman 8,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9-22,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12 semester 1,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 10,paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,jawaban sejarah kelas 12 halaman 29,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 8,jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20 kelas 12,ikatan rumpun padi pada asean melambangkan,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 11,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 35 buku paket semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah halaman 30 kelas 12,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas xii,larangan pejabat menerima hadiah,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,pengertian apresiasi sastra menurut para ahli,jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 18,buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban halaman 8 pkn kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,jawaban buku paket bahasa indonesia,tugas bahasa indonesia halaman 12,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 30,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,pengertian apresiasi seni rupa menurut para ahli,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 10,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 31,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12,bahasa indonesia kelas 12 hal 9,buku kimia kelas xii kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 74,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18,kunci jawaban paket bahasa indonesia,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12,jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12 semester 2,abd al haleem,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban soal pkn halaman 18,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban paket bahasa inggris kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,bahasa indonesia hal 9 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 kurikulum 2013,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,buku paket bahasa indonesia kelas xii,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 18,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8,jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9,jawaban buku paket pkn kelas 12 semester 1,jawaban buku paket pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban paket bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12 semester 2,jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 11,kunci jawaban pkn halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,jawaban pkn kelas 12 halaman 16,soal bahasa indonesia kelas 12 dan kunci jawaban,tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 12,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12 kurikulum 2013,download buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn hal 20 kelas 12,kunci jawaban halaman 8 kelas 12,buku bahasa indonesia kurikulum 2013 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 3,kelompok nomina,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 8,teks sejarah hari buruh,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12,menurut kalian berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari,jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,buku bahasa indonesia kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 9,nomina modifikatif,tugas pkn halaman 8 kelas 12,jawaban pkn kelas 12 hal 8,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 16,tugas bahasa indonesia halaman 21,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,arti teks six things to do if you visit seattle,jawaban six things to do if you visit seattle,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 10 kelas 12 semester 2,nomina pada teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 8,jawaban bahasa inggris kelas 12,kunci jawaban pkn hal 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 hal 9,buku pkn kelas 12,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 9,kunci jawaban pkn halaman 9 kelas 12,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 22,buku paket biologi kelas xii kurikulum 2013,buku bahasa inggris kurikulum 2013 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 88,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 8,ikatan rumpun padi pada lambang asean melambangkan,kunci jawaban pkn kelas 12 hal 14,kunci jawaban sejarah halaman 30,jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9,tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 9,buku paket kelas 12,tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 12,nomina teks sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2,tugas bahasa indonesia halaman 21 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013,buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 8,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,kunci jawaban ppkn halaman 8 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii,bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 18,jawaban pkn hal 8 kelas 12,jawaban bahasa indonesia halaman 22,mencari kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 10,tugas bahasa indonesia teks sejarah,jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 9,kunci jawaban soal bahasa indonesia halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 8 kelas 12,bahasa indonesia kelas 12 halaman 11,kunci jawaban bahasa indonesia semester 1 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9 semester 1,tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,pkn tugas mandiri 1.1,sejarah buku,jawaban sejarah hari buruh,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12,cerita six things to do if you visit seattle,kunci jawaban pkn hal 8 kelas 12,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9 semester 1,kunci jawaban pkn kelas xii halaman 8,verba modifikatif verba koordinatif verba apositif,tugas bahasa inggris kelas xii,jawaban pkn kelas 12 halaman 5,jawaban bahasa indonesia hal 12,jawaban pkn kelas 12 halaman 10,jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 hal 9,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9,kunci jawaban pkn kls 12 hal 8,kunci jawaban paket pkn kelas 12 halaman 8,kunci jawaban pkn halaman 14 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 5,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 21,sejarah hari buruh buku bahasa indonesia,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
Penyusunan periode dalam teks sejarah harus kalian lakukan secara kronologis, sesuai dengan urutan waktu dari peristiwa sejarah tersebut. Setiap peristiwa yang terjadi dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis dan bentuknya. Lalu, peristiwa yang telah diklasifikasikan itu disusun secara runut berdasarkan waktu kejadian, disusun dari masa yang paling awal hingga masa yang paling akhir. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar peristiwa sejarah yang disusun tidak melompat-lompat atau bahkan berbalik urutan waktunya, sehingga akan menimbulkan kerancuan. Tentu saja kerancuan akan memicu sebuah pemahaman yang keliru tentang fakta sejarah dan harus dihindari. Berikut ini urutan kejadian pada teks hari buruh seduania

No.WaktuPeristiwa
1.1806Pemogokan pertama kelas pekerja di Amerika Serikat
2.1856Demonstrasi yang dilakukan para buruh di Australia
3.April 1886Demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat
4.3 Mei 1886Buruh berdemonstrasi
5.1888Para demonstran kembali berdemonstrasi
6.1889Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional
7.1890Para demonstran kembali berdemonstrasi
8.1 Mei 1890Pemogokan umum yang diusulkan delegasi buruh Amerika Serikat dalam Kongres Buruh Internasional
9.1 MeiPenetapan Hari Buruh se-Dunia
10.1919Penetapan standard perburuhan internasional
11.1935Ditetapkan Konvensi Internasional

Urutan penyajian informasi dalam paragraf yang baik mengikuti tata urutan tertentu. Dalam penyajian informasi ini, terdapat beberapa model urutan, antara lain urutan waktu, urutan tempat, urutan umum-khusus, urutan khusus-umum, urutan pertanyaan-jawaban, dan urutan sebabakibat. Semua model ini akan memberikan informasi secara runtut. Prinsip keruntutan pada dasarnya menyajikan informasi secara urut, tidak melompat-lompat sehingga pembaca mudah mengikuti jalan pikiran penulis.

Dalam pola urutan yang berdimensi waktu, informasi disajikan secara kronologis, mulai dari yang paling awal hingga yang paling akhir terjadi. Meskipun demikian, dengan pola urutan waktu ini, penulis bisa saja menerapkan cara penyajian kilas balik (flashback) yaitu dengan memulai apa yang paling akhir terjadi, kemudian meloncat ke kejadian paling awal dan berikutnya secara berurut.
ParagrafPenanda WaktuKata dalam Kalimat
ISetiap 1 Mei

Berawal dari
Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day. Diperingati setiap 1 Mei.
Di beberapa negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.
IISejak, awal abad ke-19

1806


19 hingga 20 jam sehari
Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era Industri di awal abad ke-19.

Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada tahun 1806 oleh pekerja cordwainers.

Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari.
IIISejak April 1886, dari waktu ke waktu
1 Mei 1886
buruh.Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak.

Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.
IVSaat itu


Jam kerja
Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu.

Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itupun berakhir dengan korban dan kerusuhan.
V3 Mei 1886


1888


1 Mei 1890
Akibatnya korbanpun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886

Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama.

Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
VISetiap 1 MeiPada saat itu

1894
Jam kerja, 1856



Saat itu
Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu,tidak hanya terjadi di Amerika Serikat.

Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856.

Saat itu,  gerakan buruh di Eropa tengah menguat.
VIIPeristiwa, tahun 1889


Delapan jam kerja per hari


1 Mei 1890, jam kerja, tanggal 1 Mei, Hari
Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889.

Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan kaum buruh seluruh dunia.

Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi kaum buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.
VIIIDelapan jam/hari, 40 jam/minggu, lima hari, 1919, 1935
8 jam kerja, hari
Berakhirnya
Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935.

Penetapan 8 jam  kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.

Ciri kebahasaan yang digunakan dalam penceritaan peristiwa sejarah ini menggunakan nomina yang dapat mengidentifikasi siapa dan apa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Selain itu, teks cerita sejarah ini juga kerap menggunakan kelompok kata yang dapat menggambarkan sesuatu yang berkaitan dengan peristiwa sejarah tersebut dengan lebih rinci. Kata yang menunjukkan urutan peristiwa serta adverbia waktu lampau sangat diperlukan dengan menggunakan konjungsi temporal. Sebuah teks sejarah juga kerap menggunakan nomina yang telah melalui proses nominalisasi.

Kelompok nomina dibentuk dengan memperluas sebuah kata benda. Terdapat tiga jenis kelompok nomina, yaitu kelompok kata nomina modifikatif (mewatasi), kelompok nomina koordinatif (tidak saling menerangkan), yang terdiri atas unsur nominal yang setara dan dapat disisipi dan dan atau, dan kelompok nomina apositif. Seperti kelompok nomina, kelompok verba juga terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kelompok verba modifikatif, kelompok verba koordinatif, dan kelompok verba apositif.
No.Kelompok NominaKelompok Verba
1.Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastisekonomi politik (nomina koordinatif)Di beberapa Negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh(verba apositif)
2.Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan(nomina koordinatif)-
3.Akhirnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. (Nomina Modifikatif)Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan (verba apsositif)
4.Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruh di tangkap dan dipenjarakan (nomina modifikatif)-
5.Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai Negara dan memutuskandelapan jam kerja perhari menjadi tuntutan utama kaun buruh sedunia. (norma modifikatif)Penanda berakhirnya bentuk kerja paksadan perbuatan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. (verba modifikatif)
6.Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi (nomina modifikatif)Federation of Organitation Trades and labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh yang diperingati oleh kaum buruh sedunia (verba modifikatif)

Untuk menguraikan urutan peristiwa dalam sebuah teks cerita sejarah, akan menemukan kata yang menginformasikan peristiwa, waktu, dan tempat. Penanda lain yang menunjukkan nama peristiwa dan tempat kejadiannya dalam teks hari buruh adalah sebagai berikut.
No.PeristiwaWaktuTempat
1.Hari Buruh1 MeiSeluruh dunia
2.Hari libur tahunan1 MeiBeberapa negara
3.Demonstrasi kaum buruh1886Amerika Serikat
4.Pemogokan pertama kelas pekerja1806Amerika Serikat
5.Demonstrasi besarApril 1886Amerika Serikat
6.Demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama1 Mei 1886Amerika Serikat
7.Empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka3 Mei 1886Amerika Serikat
8.Mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama1888Amerika Serikat
9.Mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi1
Mei 1890
Amerika Serikat
10.Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja1856Australia
11.Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional1889Amerika Serikat
12.Menyerukan pemogokan umum1 Mei 1890Amerika Serikat
13.Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO1919Amerika Serikat
14.Konvensi No. 47 1935Amerika Serikat

Konjungsi Temporal
Konjungsi temporal merupakan konjungsi yang mengacu pada waktu dan sekaligus sebagai sarana kohesi teks. Konjungsi temporal yang menghubungkan dua hal atau peristiwa, terdiri dari dua bagian, yaitu konjungsi temporal yang menghubungkan dua peristiwa yang tidak sederajat (misalnya apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, sambil, sebelum, sampai, sedari, sejak, selama, semenjak, sementara, seraya, waktu, setelah, sesudah, tatkala, dan sebagainya) dan konjungsi temporal yang menghubungkan dua bagian kalimat yang sederajat (misalnya sebelumnya dan sesudahnya).
No.Konjungsi dalam KalimatSederajatTidak Sederajat
1.Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19.-
2.Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari.-
3.Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.-
4.Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.-
5.Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak.-
6.Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.-
7.Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856.-

Nominalisasi, sebagai suatu proses pembentukan nomina dari kelas kata yang lain dengan menggunakan afiks tertentu, kerap terjadi pada bahasa yang digunakan untuk menjelaskan isi penceritaan ulang. Pada teks cerita sejarah sebagai satu bentuk penceritaan ulang juga sering ditemukan nominalisasi ini. Bentuk kata benda (nomina [N]) sebagai hasil dari nominalisasi yang terdapat dalam teks “Sejarah Hari Buruh” antara lain sebagai berikut.
No.NominaAfiks Pembentuk Nomina
1.perjuangankonfiks per- an (verba [V] à nomina [N])
2.perubahankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
3.penetapankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
4.perkembangankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
5.pengeb*mankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
6.pengurangankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
7.persatuankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
8.perburuhankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
9.perkembangankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
10.pengetatankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
11.pengintensifankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
12.pemogokankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
13.pemerintahankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
14.peralatankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])
15.pengurangankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
16.pelarangankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
17.pengakuankonfiks pe-an (verba [V] à nomina [N])
18.perbudakankonfiks per-an (verba [V] à nomina [N])

  1. 1856 demonstrasi yang dilakukan para buruh di australia
  2. 3 jenis kelompok nomina
  3. bahasa indonesia hal 9 kelas 12
  4. bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  5. bahasa indonesia kelas 12 hal 9
  6. bahasa indonesia kelas 12 halaman 33
  7. buku bahasa indonesia kelas 12
  8. buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  9. buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  10. buku paket bahasa indonesia kelas xii
  11. ikatan rumpun padi pada asean melambangkan
  12. isi jawaban buku paket kelas 12 hal 20
  13. jawaban bahasa indonesia hal 9 kelas 12
  14. jawaban bahasa indonesia halaman 12
  15. jawaban bahasa indonesia halaman 9
  16. jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12
  17. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 12
  18. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 18
  19. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22 - New !!
  20. jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  21. jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22 - New !!
  22. jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 8
  23. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11
  24. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  25. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
  26. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20
  27. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28
  28. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8
  29. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  30. jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  31. jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1
  32. jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8
  33. jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9
  34. jawaban buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas XII halaman 35
  35. jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  36. jawaban buku paket bahasa indonesia
  37. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  38. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9-22
  39. jawaban buku paket sejarah kelas 12 halaman 29
  40. jawaban paket bahasa indonesia kelas 12
  41. jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  42. jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
  43. jawaban sejarah kelas 12 halaman 29
  44. jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  45. kelompok nomina dan verba sejarah hari buruh - New !!
  46. kelompok nomina hari buruh
  47. kunci jawaban bahasa indonesia hal 18
  48. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 10 kelas 12 semester 2
  49. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12
  50. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12
  51. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12
  52. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20 kelas 12
  53. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30
  54. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 88 kelas 11
  55. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 88
  56. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 11
  57. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  58. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 10
  59. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11
  60. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21
  61. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 hal 9
  62. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9
  63. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1 - New !!
  64. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 kurikulum 2013
  65. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9
  66. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 11
  67. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 8
  68. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1
  69. kunci jawaban bahasa indonesia kls xii halaman 33
  70. kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
  71. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia
  72. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  73. kunci jawaban buku paket kelas 12
  74. kunci jawaban kelas xii hal 20
  75. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  76. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  77. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas xii
  78. kunci jawaban sejarah halaman 30 kelas 12
  79. kunci jawaban sejarah indonesia halaman 14 - New !!
  80. kunci jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah
  81. menurut kalian berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari
  82. nomina modifikatif
  83. nomina pada teks sejarah hari buruh
  84. paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  85. pengertian apresiasi sastra menurut para ahli
  86. perhatikan dengan seksama lambang asean berikut
  87. teks sejarah hari buruh
  88. tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2
  89. tugas 1 bahasa indonesia kelas xii - New !!
  90. tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah
  91. tugas bahasa indonesia halaman 12
  92. tugas bahasa indonesia halaman 21
  93. tugas bahasa indonesia halaman 9 kelas 12
  94. tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 31
  95. tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  96. tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 12
  97. tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 35 buku paket semester 1 kurikulum 2013

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda telah mengunjungi postingan yang berjudul "afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

Admin everybody need o2



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh

0 komentar:

Post a Comment