Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1,soal bahasa indonesia kelas 8 semester 1 dan kunci jawaban,soal sejarah kelas xii ips semester 2 dan kunci jawaban,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 47 kelas 12,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1
Kunci Jawaban Halaman 9-10
Kunci Jawaban Halaman 11
Kunci Jawaban Halaman 12-13
Kunci Jawaban Halaman 14,15, dan 16
Kunci Jawaban Halaman 18-19
Kunci Jawaban Halaman 20
Kunci Jawaban Halaman 21
Kunci Jawaban Halaman 22
Paragraf | Informasi dalam Teks |
Paragraf 1 | Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah Hari Buruh. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. |
Paragraf 2 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 2 ini adalah pemogokan di Amerika Serikat oleh pekerja Cordwainers. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kalangan kelas pekerja. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1806. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik Peristiwa ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19 |
Paragraf 3 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 3 ini adalah demonstrasi besar yang dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Pelaku dalam peristiwa tersebut demonstran dari Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Peristiwa yang dimaksud terjadi sejak April 1886. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam Peristiwa ini sampai pada 1 Mei 1886 diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
Paragraf 4 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 4 ini adalah perkembangan demonstrasi memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah pengusaha dan pejabat setempat. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja. Peristiwa ini Chicago’s Commercial Club, mengeeluarkan US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi dan Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi |
Paragraf 5 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 5 ini adalah aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan polisi. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 3 Mei 1886. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena sebuah b*m meledak dan polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi. Kaum buruh pada 1888 kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, merekajuga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
Paragraf 6 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 6 adalah demonstrasi semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. |
Paragraf 7 | Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 7 adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah delegasi dari berbagai negeri. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1889. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.. Peristiwa ini menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia |
Paragraf 8 | Peristiwa yang diidentifikasi pada pargaraf 8 adalah delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO . Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan ILO. Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1935. Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Peristiwa ini merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak |
Kunci Jawaban Halaman 11
No. | Waktu | Peristiwa |
1. | 1806 | Pemogokan pertama kelas pekerja di Amerika Serikat |
2. | 1856 | Demonstrasi yang dilakukan para buruh di Australia |
3. | April 1886 | Demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat |
4. | 3 Mei 1886 | Buruh berdemonstrasi |
5. | 1888 | Para demonstran kembali berdemonstrasi |
6. | 1889 | Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional |
7. | 1890 | Para demonstran kembali berdemonstrasi |
8. | 1 Mei 1890 | Pemogokan umum yang diusulkan delegasi buruh Amerika Serikat dalam Kongres Buruh Internasional |
9. | 1 Mei | Penetapan Hari Buruh se-Dunia |
10. | 1919 | Penetapan standard perburuhan internasional |
11. | 1935 | Ditetapkan Konvensi Internasional |
Kunci Jawaban Halaman 12-13
Paragraf | Penanda Waktu | Kata dalam Kalimat |
I | Setiap 1 Mei Berawal dari | Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day. Diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. |
II | Sejak, awal abad ke-19 1806 19 hingga 20 jam sehari | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era Industri di awal abad ke-19. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada tahun 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. |
III | Sejak April 1886, dari waktu ke waktu 1 Mei 1886 | buruh.Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
IV | Saat itu Jam kerja | Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itupun berakhir dengan korban dan kerusuhan. |
V | 3 Mei 1886 1888 1 Mei 1890 | Akibatnya korbanpun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886 Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
VI | Setiap 1 MeiPada saat itu 1894 Jam kerja, 1856 Saat itu | Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu,tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. |
VII | Peristiwa, tahun 1889 Delapan jam kerja per hari 1 Mei 1890, jam kerja, tanggal 1 Mei, Hari | Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi kaum buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia. |
VIII | Delapan jam/hari, 40 jam/minggu, lima hari, 1919, 1935 8 jam kerja, hari Berakhirnya | Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. |
Kunci Jawaban Halaman 14,15, dan 16
Struktur Teks | Kalimat |
Orientasi | Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 1 | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 2 | Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Demonstrasi ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 3 | Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuhan. Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan memerintahkan agar demonstran membubarkan diri. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 4 | Sebuah b*m meledak di dekat barisan polisi. Polisi pun membabi-buta men*mbaki buruh yang berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap setiap demonstrasi buruh. Namun, kaum buruh tidak begitu saja menyerah. Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890. |
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 5 | Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan. |
Reorientasi | Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia. Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. |
Kunci Jawaban Halaman 18-19
No. | Kelompok Nomina | Kelompok Verba |
1. | Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi politik (nomina koordinatif) | Di beberapa Negara, Hari buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh(verba apositif) |
2. | Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan(nomina koordinatif) | - |
3. | Akhirnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. (Nomina Modifikatif) | Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan (verba apsositif) |
4. | Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruhdi tangkap dan dipenjarakan (nomina modifikatif) | - |
5. | Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai Negara dan memutuskandelapan jam kerja perhari menjadi tuntutan utama kaun buruh sedunia. (norma modifikatif) | Penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbuatan yang bersembunyi di balik hubungan industrial. (verba modifikatif) |
6. | Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi (nomina modifikatif) | Federation of Organitation Trades and labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh yang diperingati oleh kaum buruh sedunia (verba modifikatif) |
Kunci Jawaban Halaman 20
No. | Peristiwa | Waktu | Tempat |
1. | Hari Buruh | 1 Mei | Seluruh dunia |
2. | Hari libur tahunan | 1 Mei | Beberapa negara |
3. | Demonstrasi kaum buruh | 1886 | Amerika Serikat |
4. | Pemogokan pertama kelas pekerja | 1806 | Amerika Serikat |
5. | Demonstrasi besar | April 1886 | Amerika Serikat |
6. | Demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama | 1 Mei 1886 | Amerika Serikat |
7. | Empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka | 3 Mei 1886 | Amerika Serikat |
8. | Mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama | 1888 | Amerika Serikat |
9. | Mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi | 1 Mei 1890 | Amerika Serikat |
10. | Demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja | 1856 | Australia |
11. | Penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional | 1889 | Amerika Serikat |
12. | Menyerukan pemogokan umum | 1 Mei 1890 | Amerika Serikat |
13. | Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO | 1919 | Amerika Serikat |
14. | Konvensi No. 47 | 1935 | Amerika Serikat |
Kunci Jawaban Halaman 21
No. | Konjungsi dalam Kalimat | Sederajat | Tidak Sederajat |
1. | Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. | √ | - |
2. | Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. | √ | - |
3. | Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat. | √ | - |
4. | Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. | √ | - |
5. | Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. | √ | - |
6. | Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. | √ | - |
7. | Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. | - | √ |
Kunci Jawaban Halaman 22
No. | Nomina | Afiks Pembentuk Nomina |
1. | perjuangan | konfiks per- an (verba [V] à nomina [N]) |
2. | perubahan | konfiks per-an (verba [V] à nomina [N]) |
3. | penetapan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
4. | perkembangan | konfiks per-an (verba [V] à nomina [N]) |
5. | pengeb*man | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
6. | pengurangan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
7. | persatuan | konfiks per-an (verba [V] à nomina [N]) |
8. | perburuhan | konfiks per-an (verba [V] à nomina [N]) |
9. | perkembangan | konfiks per-an (verba [V] à nomina [N]) |
10. | pengetatan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
11. | pengintensifan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
12. | pemogokan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
13. | pemerintahan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
14. | peralatan | konfiks per-an (verba [V] à nomina [N]) |
15. | pengurangan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
16. | pelarangan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
17. | pengakuan | konfiks pe-an (verba [V] à nomina [N]) |
18. | perbudakan | konfiks per-an (verba [V] à nomina [N]) |
- 1856 demonstrasi yang dilakukan para buruh di australia
- 3 jenis kelompok nomina
- bahasa indonesia hal 9 kelas 12
- bahasa indonesia kelas 12 halaman 11
- bahasa indonesia kelas 12 halaman 33
- buku bahasa indonesia kelas 12
- buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 pdf
- buku paket bahasa indonesia kelas xii
- ikatan rumpun padi pada lambang asean melambangkan
- isi jawaban buku paket kelas 12 hal 20
- jawaban bahasa indonesia hal 12
- jawaban bahasa indonesia halaman 22
- jawaban bahasa indonesia halaman 9
- jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 12
- jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22 - New !!
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22 - New !!
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 8
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 9
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9 semester 1
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8
- jawaban buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas XII halaman 35
- jawaban buku paket sejarah kelas 12 halaman 29
- jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 hal 9
- jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
- jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
- jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 22
- jawaban sejarah hari buruh
- jawaban sejarah kelas 12 halaman 29
- kelompok nomina dan verba sejarah hari buruh - New !!
- kelompok nomina hari buruh
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 10 kelas 12 semester 2
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 8 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 88 kelas 11
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12 semester 1
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 88
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9 semester 1
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 hal 9
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1 - New !!
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 kurikulum 2013
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 8
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 21
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 8
- kunci jawaban bahasa indonesia kls xii halaman 33
- kunci jawaban bahasa indonesia semester 1 kelas 12
- kunci jawaban buku paket bahasa indonesia
- kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
- kunci jawaban buku paket kelas 12
- kunci jawaban kelas xii hal 20
- kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
- kunci jawaban sejarah indonesia halaman 14 - New !!
- kunci jawaban soal bahasa indonesia halaman 9
- kunci jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah
- mencari kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh
- nomina modifikatif
- nomina pada teks sejarah hari buruh
- nomina teks sejarah hari buruh
- paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1
- perhatikan dengan seksama lambang asean berikut
- sejarah hari buruh buku bahasa indonesia
- tugas 1 bahasa indonesia kelas 12
- tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2
- tugas 1 bahasa indonesia kelas xii - New !!
- tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9
- tugas bahasa indonesia halaman 21 kelas 12
- tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 12
- tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 9
- tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 8
- tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
- tugas bahasa indonesia teks sejarah
- verba modifikatif verba koordinatif verba apositif
0 komentar:
Post a Comment