Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...
tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9
tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,tugas 2 membandingkan teks cerita sejarah,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hari buruh,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,tugas 1 sejarah hari buruh,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah halaman 18
tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9
tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9
- bahasa indonesia kelas 12 hal 30
- bahasa indonesia kelas 12 halaman 28
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
- jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
- kelompok nomina dan kelompok verba dalam teks sejarah hari buruh
- kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh
- kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12 semester 1 - New !!
Memahami Structur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah.
( 1 ) pada tugas 1 ini kalian diminta menggali informasi sebanyak – banyaknya yang terdapat dalam tiap Paragraf sehingga kalian akan memahami bagaimana struktur teks cerita sejarah itu dibangun. Tugas kalian adalah mengumpulkan informasi yang dapat mengidentifikasi siapa dan apa saja yang terlibat dalam peristiwa itu terjadi, seperti yang dicetak miring berikut. Perhatikan secara seksama informasi yang disuguhkan setiap paragraph pada teks “ sejarah hari buruh “.
Paragraph
|
Informasi dalam Teks
|
I
|
· Peritiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalahHari buruh.
· Pelaku dalam peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei.
· Peristiwa tersebut terjadi adalah kaum buruh.
· Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat.
· Peristiwa ini terjadi karena Federation of Organized Trades and labor unions.
· Menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh yang diperganti oleh kaum buruh diseluruh dunia.
· Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh di Amerika Serikat menuntut pemberlakuan 8 jam kerja. Dari rentetan perjuangan inilah lahir hari buruh.
|
II
|
· Tuntutan kaum buruh di era industry. Awal abad 19 pertama kali dilakukan oleh pekerja Cordwainers ( 1806 ) di Amerika Serikat.
· Hal ini terjadi karena adanya pengetatan disiplin, pengintesifan jam kerja ( 19 – 20 jam per hari ) minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja dipabrik bagi para buruh sejak saat itu perjuangan direduksinya jam kerja menjadi agenda kelas pekerjaan di Amerika serikat.
|
III
|
· Demonstrasi sejak april hingga 1 Mei 1886 menjalar ke berbagai kota seperti Chicago, Newyork, Detruh, Lousi Ville, Battimore, Maine, Texas, New Jarsey, dan alabama yang menyatakan buruh berkulit putih dan hitam.
|
IV
|
· Demonstrasi dari para buruh memancing reaksi pengusaha pemerintah dan kalangan pejabat.
· Chicago’s commercial Club mengeluarkan Us $ 2000 untuk membeli senjata guna demonstrasi dan sekitar 180 polisi dikerahkan dalam hal ini.
· Demonstrasi tersebut berakhir dengan korban dan kerusuhan.
|
V
|
· Pada tanggal 3 Mei 1886 di demonstrasi tersebut jatuhlah korban dari pihak buruh. 4 tewas dan puluhan lainnya terluka. Karena sebuah bom meledak dibarisan polisi yang menyebabkan para polisi menembak secara membabi buta.
· Polisi melarang terhadap demonstrasi buruh, namun pada tahun 1880 dan 1 Mei 1890 kaum buruh kembali berdemonstrasi akan hal yang sama.
|
VI
|
· Menurut rosa Luxemberg ( 1894 ) demonstrasi serupa tentang penuntutan jam kerja sudah terjadi sebelum nya di Australia pada 1856 dan kemudian singgah dieropa
· Fenomena ini mempersatukan gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan .
|
VII
|
· Kongres buruh internasional ( 1889 ) merupakan puncak dari persatuan gerakan buruh dunia. Kongres tersebut menghasilkan putusan jam kerja 8 jam kerja perhari.
· Menyambut usulan deligasi buruh amerika serikat dengan menjadikan tanggal 1 mei sebagai hari buruh sedunia.
|
VIII
|
· Penetapan 8 jam kerja perhari atau 40 jam kerja per minggu ( 5 hari kerja ) sebagai standar pembaruan internasional.
· Putusan tersebut ditetapkan oleh ILO melalui konvensi ILO 1 tahun 1919 dan Konvensi No 47 tahun 1935
· Konvensi tersebut ditetapkan sebagai buah dari perjuangan kaum buruh diseluruh dunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.
|
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22 - New !!
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18 semester 1
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 21 - New !!
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 22
- kunci jawaban buku bahasa indonesia sastra halaman 83
- kunci jawaban buku bahasa indonesia sastra halaman83
- kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 29
Hari, Tanggal: Senin, 27 Juli 2015
Tugas : Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan Teks “Sejarah Hari Buruh”
|
1. Menurut kalian, berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari?
Jawab: Menurut kami, jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari untuk karyawan yang bekerja adalah 6 hari dalam seminggu, jam kerjanya adalah 7 jam dalam 1 hari dan 40 jam dalam seminggu. Sedangkan untuk karywan dengan 5 hari kerja dalam 1 minggu, kewajiban bekerja mereka 8 jam dalam 1 hari dan 40 jam dalam 1 minggu.
2. Apakah ada undang-undang yang mengatur jam kerja di Indonesia?
Jawab: Undang-undang yang jam keja bagi para pekerja di Indonesiadiatur dalam Undang-undang no.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya pasal 77-85.
3. Dalam Kepmen No. 102 Tahun 2004 disebutkan waktu kerja lembur adalah waktu kerja lembur adalah waktu kerja yang melebihi 7 jam sehari dan 40 jam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu atau 8 jam sehari dan 40 jam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu atau waktu kerja pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah. Apakah kalian setuju dengan adanya waktu kerja lembur tersebut?
Jawab: Kami setuju dengan adanya waktu kerja lembur tersebut jika hal ini memang harus dilakukan, karena beberapa pekerja ingin mendapatkan upah yang lebih dan selama dia masih mampu bekerja.Lain halnya jika pekerjaan lembur ini dilakukan dengan pemaksaan, hal tersebut tentunya akan mengurangi hasil pekerjaan karena tidak maksimal.
4. Pantaskah orang yang bekerja lembur mendapatkan upah lebih?
Jawab: Orang yang bekerja lembur dan mendapatkan upah lebih itu memang pantas, karena dia bekerja melebihi waktu normal atau waktu kerjanya. Selain itu bagi pekerja yang lembur mereka telah mengorbankan pikiran, tenaga, atau bahkan kepentingan keluarganya. Maka dari itu mereka pantas mendapat upah lebih.
5. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa orang yang kerja berlebihan rentan terkena serangan jantung. Hal ini bisa dikatakan sebagai risiko dari kerja yang berlebihan. Lalu, apa lagi bentuk risiko lain yang kalian ketahui?
Jawab:
Resiko dari kerja yang berlebihan:
- Serangan jantung.
- Tekanan darah tinggi.
- Daya tahan tubuh menurun.
- Kegemukan atau diabetes.
- Emosi tidak stabil dan sulit bekerja.
- Menyebabkan kematian.
- kunci jawaban paket pkn kelas 12 halaman 8 - New !!
- kunci jawaban pkn halaman 14 kelas 12 - New !!
- kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 5 - New !!
- paket kelas xii hal 30
- sejarah hari buruh buku bahasa indonesia - New !!
- temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks tersebut
- tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
- tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 30
- tugas paket b.indo hal 29 kelas 12 kurikulum 2013
- tuliskan kelompok kata yang kalian temukan ke dalam kolom berikut
Hari, tanggal : Senin, 3 Agustus 2015
Tugas : Memahami Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Sejarah
Kelompok : Nina Rahmida, Nurhayatun Rahmi, Rahil Maimun S. , & Rahma R.
|
Paragraf
|
Informasi dalam Teks
|
I
|
• Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah hari buruh.
• Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh.
• Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap 1Mei.
• Persitiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat.
• Peristiwa ini terjadi karena Federation of Organized Trades and Labor Unionsmenetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh di seluruh dunia.
• Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh Amerika Serikat menuntut pemberlakuan 8 jam kerja. Dari rentetan perjuangan inilah lahir Hari Buruh.
|
II
|
• Tuntutan kaum buruh di era industri, awal abad 19 pertama kali dilakukan oleh pekerjacordwainers(1806) di Amerika Serikat.
• Hal ini terjadi karena adanya pengetatan disiplin, pengintesifan jam kerja (19-20 jam sehari), minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di pabrik bagi para buruh. Sejak saat itu perjuangan direduksinya jam kerja menjadi agenda kelas pekerja di AmerikaSerikat.
|
III
|
• Demonstrasi sejak April hingga 1 Mei 1886 menjalar ke berbagai kota seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, Baltimore, Maine, Texas, New Jersey, dan Alabama yang menyatukan buruh berkulit putih dan hitam.
|
IV
|
• Demonstrasi dari para buruh memancing reaksi pengusaha pemerintah dan kalangan pejabat.
• Chicago’s Commercial Club mengeluarkan US$ 2000 untuk membeli senjata guna demonstrasi dan sekitar 180 polisi dikerahkan dalam hal ini.
• Demonstrasi tersebut berakhir dengan korban dan kerusuhan.
|
V
|
• Pada 3 Mei 1886 di demonstrasi tersebut jatuhlah korban dari pihak buruh. 4 tewas dan puluhan lainnya terluka, karena sebuah bom meledak di barisan polisi yang menyebabkan para polisi menembak secara membabi buta.
• Polisi melarang terhadap demonstrasi buruh, namun pada tahun 1880 dan 1 mei 1890 kaum buruh kembali berdemonstrasi akan hal yang sama.
|
VI
|
• Menurut Rosa Luxemberg (1894) demonstrasi serupa tentang penuntutan jam kerja sudah terjadi sebelumnya di Australia pada 1856 dan kemudian singgah di Eropa.
• Fenomena ini mempersatukan gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan.
|
VII
|
• Kongres buruh internasional (1889) merupakan puncak dari persatuan gerakan buruh dunia.Kongres tersebut menghasilkan putusan jam kerja 8 jam per hari.
• Menyambut usulan deligasi buruh AmerikaSerikat dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai hari buruh sedunia.
|
VIII
|
• Penetapan 8 jam kerja per hari atau 40 jam per minggu (5 hari kerja) sebagai standar pembaruan internasional.
• Putusan tersebut ditetapkan oleh ILO melaluiKonvensi ILO No.1 Tahun 1919 danKonvensi No.47 Tahun 1935.
• Konvensi tersebut ditetapkan sebagai buah dari perjuangan kaum buruh diseluruh dunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.
|
0 komentar:
Post a Comment