Search This Blog

kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22

Selamat datang di blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati

Admin everybody need o2




Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22


kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22,soal bahasa indonesia kelas 12 dan kunci jawaban,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 5,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20

  1. Apresiasi sastra
  2. Pengertian Apresiasi sastra
  3. Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas XII halam 8 - 9 kurikulum 2013
  4. Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
  5. Tugas Bahasa Indonesia Halaman 21 kelas XII buku paket kurikulum 2013
  6. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
  7. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
  8. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
  9. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
  10. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 28 buku paket semester 1 kurikulum 2013

kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22

kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22,soal bahasa indonesia kelas 12 dan kunci jawaban,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 5,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 18,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20

kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22

Hal. 22 (a-d)                                                            TUGAS 2

a.    Setelah membaca teks “Kekeringan”, coba sebutkan apa saja yang menyebabkan terjadinya bencana kekeringan!

·         Penyimpangan iklim, menyebabkan produksi uap air dan awan di sebagian Indonesia bervariasi dari kondisi sangat tinggi ke rendah atau sebaliknya. Ini semua menyebabkan penyimpangan iklim terhadap kondisi normalnya. Jumlah uap air dan awan yang rendah akan berpengaruh terhadap curah hujan, apabila curah hujan dan intensitas hujan rendah akan menyebabkan kekeringan.

·         Gangguan keseimbangan hidrologis, kekeringan juga dipengaruhi oleh adanya gangguan hidrologis seperti: 1) terjadinya degradasi Daerah Aliran Sungai (DAS) terutama bagian hulu mengalami alih fungsi lahan dari bervegetasi menjadi non vegetasi yang menyebabkan terganggunya sistem peresapan air tanah; 2) kerusakan hidrologis daerah tangkapan air bagian hulu menyebabkan waduk dan saluran irigasi terisi sedimen, sehingga kapasitas tampung air menurun tajam; 3) rendahnya cadangan air waduk yang disimpan pada musim penghujan akibat pendangkalan menyebabkan cadangan air musim kemarau sangat rendah sehingga memicu terjadinya kekeringan.

·         Kekeringan agronomis, terjadi sebagai akibat kebiasaan petani memaksakan menanam padi pada musim kemarau dengan ketersediaan air yang tidak mencukupi.


b.    Masyarakat yang mengandalkan mata pencaharian dari bidang pertanian akan sangat terpengaruh oleh adanya bencana kekeringan. Mengapa bisa demikian?

·         Jika lahan pertanian mengalami kekeringan, para petani akan mengalami kerugian karena tanaman yang mereka tanam akan mati dan sulit mengalami pertumbuhan. Selain itu, tanah akan menjadi kering dan sulit ditanami.



c.    Isilah Kolom Berikut
No.
Penyebab terjadinya
Banjir
Kekeringan
1.
Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun. tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya, ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. dan masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya.
Terjadinya pergeseran daerah aliran sungai atau DAS utamanya di wilayah hulu. Hal ini membuat lahan beralih fungsi, dari vegetasi menjadi non-vegetasi. Efek dari perubahan ini aldalah sistem resapan air di atan yang menjadi kacau dan akhirnya menyebabkan kekeringan.
2.
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan penanaman kembali pada daerah / hutan hutan yang baru di tebangi.


Terjadinya kerusakan hidrologis wilayah hulu sehingga waduk dan juga saluran irigasi diisi oleh sedimen. Hal ini kemudian menjadikan kapasitas dan daya tamping menjadi drop. Cadangan air yang kurang akan memicu kekeringan parah saat musim kemarau tiba.
3.
Bertumpuknya sampah pada saluran air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air.
persoalan agronomis atau dikenal juga dengan nama kekeringan agronomis. Hal ini diakibatkan pola tanam petani di Indonesia yang memaksakan penanaman padi pada musim kemarau dan mengakibatkan cadangan air semakin tidak mencukupi.

4.
Ilegal Loging (Penebangan Hutan Liar)



No.
Akibat yang ditimbulkan oleh
Banjir
Kekeringan
1.
Menimbulkan korban jiwa, Menimbulkan bibit penyakit dan Hilangnya harta benda.
makhluk hidup akan kekurangan air sehingga dapat menyebabkan dehidrasi bahkan kematian
2.
Rusaknya sarana dan prasarana
Banyaknya Tanaman yang mati.
d.    Setelah menjawab peryataan (c), rangkaian jawaban kalian tersebut menjadi sebuah teks eksplanasi.
Kekeringan adalah keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang berkepanjangan (beberapa bulan hingga bertahun-tahun).Kekeringan umumnya diperparah penyebab lainnya antara lain: Terjadinya pergeseran daerah aliran sungai atau DAS utamanya di wilayah hulu. Hal ini membuat lahan beralih fungsi, dari vegetasi menjadi non-vegetasi. Efek dari perubahan ini aldalah sistem resapan air di atan yang menjadi kacau dan akhirnya menyebabkan kekeringan, Terjadinya kerusakan hidrologis wilayah hulu sehingga waduk dan juga saluran irigasi diisi oleh sedimen. Hal ini kemudian menjadikan kapasitas dan daya tamping menjadi drop. Cadangan air yang kurang akan memicu kekeringan parah saat musim kemarau tiba,dan Penyebab kekeringan di Indonesia lainnya adalah persoalan agronomis atau dikenal juga dengan nama kekeringan agronomis. Hal ini diakibatkan pola tanam petani di Indonesia yang memaksakan penanaman padi pada musim kemarau dan mengakibatkan cadangan air semakin tidak mencukupi.

Banjir adalah dimana suatu daerah dalam keadaan tergenang oleh air dalam jumlah yang begitu besar. peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. 
Banjir umumnya diperparah penyebab lainnya antara lain: Curah hujan tinggi,Permukaan tanah lebih rendah dibandingkan muka air laut, Terletak pada suatu cekungan yang dikelilingi perbukitan dengan pengaliran air keiuar sempit, Banyak pemukiman yang dibangun pada dataran sepanjang sungai, Aliran sungai tidak lancar akibat banyaknya sampah serta bangunan di pinggir sungai, Kurangnya tutupan lahan di daerah hulu sungai, Hutan gundul akibat penebangan hutan secara liar.

  1. paket kelas xii hal 30
  2. sejarah hari buruh buku bahasa indonesia - New !!
  3. temukan lima kelompok nomina dan lima kelompok verba dalam teks tersebut
  4. tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
  5. tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 30
  6. tugas paket b.indo hal 29 kelas 12 kurikulum 2013 - New !!
  7. tuliskan kelompok kata yang kalian temukan ke dalam kolom berikut
Dampak atau akibat banjir antara lain sebagai berikut: Rusaknya sarana dan prasarana. Air yang menggenang memasuki partikel pada dinding bangunan, apabila dinding tidak mampu menahan kandungan air maka dinding akan mengalami retak dan akhirnya jebol, Hilangnya harta benda. Banjir dalam aliran skala besar mampu menyeret apapun yang dilaluinya termasuk harta benda. Seperti kursi, kasur, meja, pakaian, dan lain sebagainya, Menimbulkan korban jiwa. Hal ini disebabkan karena arus air terlalu deras sehingga banyak penduduk yang hanyut terbawa arus, Menimbulkan bibit penyakit. Penyakit yang dapat ditimbulkan misalnya gatal-gatal. Air banjir banyak membawa kuman sehingga penyebaran penyakit sangat besar, dan Rusaknya areal pertanian. Banjir mampu menenggelamkan areal sawah. Tentu saja hal ini sangat merugikan para petani dan kondisi perekonomian negara menjadi terganggu.

No.
Nomina
Afiks Pembentuk Nomina
1.
Perubahan
Rubah ( verba) + Per-an (nomina) = Perubahan (nomina)
2.
Perjuangan
Juang ( verba ) + Per-an ( nomina ) = Perjuangan ( nomina)
3.
Keberhasilan
Berhasil ( verba ) + Ke-an ( nomina ) = Keberhasilan ( nomina )
4.
Gerakan
Gerak ( verba ) + an ( nomina ) = Gerakan ( nomina )
5.
Pekerja
Kerja ( verba ) + Pe ( nomina ) = Pekerja ( nomina )
6.
Perkembangan
Kembang ( verba ) + Per-an ( nomina ) = Perkembangan ( nomina )
7.
Perubahan
Rubah ( verba ) + Per-an ( nomina ) = Perubahan ( nomina )
8.
Pengetatan
Ketat ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pengetatan ( nomina )
9.
Pengintesifan
Intensif ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pengintesifan ( nomina )
10.
Tingkatan
Tingkat ( verba ) + an ( nomina ) = Tingkatan ( nomina )
11.
Pengusaha
Usaha ( verba ) + Pe ( nomina ) = Pengusaha ( nomina )
12.
Kesatuan
Satu ( verba ) + Ke-an ( nomina ) = Kesatuan ( nomina )
13.
Pengurangan
Kurang ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pengurangan ( nomina )
14.
Pemogokan
Mogok ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pemogokan ( nomina )
15.
Penetapan
Tetap ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Penetapan ( nomina )
16.
Perbudakan
Budah ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Perbudakan ( nomina )
17.
Penyelenggaraan
Selenggara ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Penyelenggaraan ( nomina )
18.
Peralatan
Ralat ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Peralatan ( nomina )
19.
Pelarangan
Larang ( verba ) + Pe-an ( nomina ) = Pelarangan ( nomina )
20.
Sebutan
Sebut ( verba ) + an ( nomina ) = Sebutan ( nomina )


Terimakasih atas kunjungan anda ke blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda telah mengunjungi postingan yang berjudul "kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

Admin everybody need o2



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22

0 komentar:

Post a Comment