Search This Blog

verba modifikatif verba koordinatif verba apositif

Selamat datang di blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "verba modifikatif verba koordinatif verba apositif", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati

Admin everybody need o2




Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "verba modifikatif verba koordinatif verba apositif" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

verba modifikatif verba koordinatif verba apositif


verba modifikatif verba koordinatif verba apositif,contoh verba modifikatif,contoh frasa verba,contoh kalimat verba modifikatif,nomina modifikatif,contoh verba apositif,nomina koordinatif,pengertian nomina modifikatif,contoh nomina modifikatif

verba modifikatif verba koordinatif verba apositif

Pengertian dan Jenis Frasa Bahasa Indonesia


 Frase lazim didefinisikan sebagai satuan gramatikal yang berupa gabungan kata yang bersifat nonpredikatif (hubungan antara kedua unsur yang membentuk frase tidak berstruktur subjek - predikat atau predikat - objek), atau lazim juga disebut gabungan kata yang mengisi salah satu fungsi sintaksis di dalam kalimat.
A.  Jenis Frase
1. Frase Eksosentrik
     Frase eksosentrik adalah frase yang komponen-komponennya tidak mempunyai perilaku sintaksis yang sama dengan keseluruhannya.
      Frase eksosentris biasanya dibedakan atas frase eksosentris yang direktif atau disebut frase preposisional ( komponen pertamanya berupa preposisi, seperti di, ke, dan dari, dan komponen keduanya berupa kata atau kelompok kata, yang biasanya berkategori nomina) dan non direktif (komponen pertamanya berupa artikulus, seperti si dan sang sedangkan komponen keduanya berupa kata atau kelompok kata berkategori nomina, ajektifa, atau verba).
2. Frase Endosentrik
    Frase Endosentrik adalah frase yang salah satu unsurnya atau komponennya memiliki perilaku sintaksias yang sama dengan keseluruhannya. Artinya, salah satu komponennya dapat menggantikan kedudukan keseluruhannya. Frase ini disebut juga frase modifikatif karena komponen keduanya, yaitu komponen yang bukan inti atau hulu (Inggris head) mengubah atau membatasi makna komponen inti atau hulunya itu. Selain itu disebut juga frase subordinatif karena salah satu komponennya, yaitu yang merupakan inti frase berlaku sebagai komponen atasan, sedangkan komponen lainnya, yaitu komponen yang membatasi, berlaku sebagai komponen bawahan.
     Dilihat dari kategori intinya dibedakan adanya frase nominal (frase endosentrik yang intinya berupa nomina atau pronomina maka frase ini dapat menggantikan kedudukan kata nominal sebagai pengisi salah satu fungsi sintaksis), frase verbal (frase endosentrik yang intinya berupa kata verba, maka dapat menggantikan kedudukan kata verbal dalam sintaksis), frase ajektifa (frase edosentrik yang intinya berupa kata ajektiv), frase numeralia (frase endosentrik yang intinya berupa kata numeral).
3. Frase Koordinatif
     Frase koordinatif adalah frase yang komponen pembentuknya terdiri dari dua komponen atau lebih yang sama dan sederajat dan secara potensial dapat dihubungkan oleh konjungsi koordinatif. Frase koordinatif tidak menggunakan konjungsi secara eksplisit disebut frase parataksis.
4.  Frase Apositif
Frase apositif adalah frase koordinatif yang kedua komponennya saling merujuk sesamanya, oleh karena itu urutan komponennya dapat dipertukarkan.
B. Perluasan Frase
     Salah satu ciri frase adalah dapat diperluas. Artinya, frase dapat diberi tambahan komponen baru sesuai dengan konsep atau pengertian yang akan ditampilkan.
     Dalam bahasa Indonesia perluasan frase tampak sangat produktif. Antara lain karena pertama, untuk menyatakan konsep-konsep khusus, atau sangat khusus, atau sangat khusus sekali, biasanya diterangkan secara leksikal. Faktor kedua, bahwa pengungkapan konsep kala, modalitas, aspek, jenis, jumlah, ingkar, dan pembatas tidak dinyatakan dengan afiks seperti dalam bahasa-bahasa fleksi, melainkan dinyatakan dengan unsur leksikal. Dan faktor lainnya adalah keperluan untuk memberi deskripsi secara terperinci dalam suatu konsep, terutama untuk konsep nomina
Pengertian Frasa - "Frasa" itu adalah judul dari artikel kita kali ini. Apakah teman teman tahu apa arti ( definisi ) frasa itu? apa konstruksi, kategori, kelas, macam dari frasa itu? Apakah teman teman tahu? semua itu akan kamu bahas dalam artikel dibawah ini. Pastikan teman teman benar benar membaca arikel " Frasa "ini ^_^.


Prakata Menuju Pengertian ( definisi ) Frasa

Kalimat terdiri atas beberapa satuan. Satuan-satuan tersebut terdiri atas satu kata atau lebih. Satuan pembentuk kalimat tersebut menempati fungsi tertentu. Fungsi yang dimaksud yaitu Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel.), dan Keterangan (Ket.).

Fungsi-fungsi tersebut boleh ada atau tidak dalam suatu kalimat. Fungsi yang wajib ada yaitu subjek dan predikat. Fungsi dalam kalimat dapat terdiri atas kata, frasa, maupun klausa. 


Definisi frasa

Jadi apa arti frasa? Frasa adalah satuan yang terdiri atas dua kata atau lebih yang menduduki satu fungsi kalimat.

Contoh frasa:
Dua orang mahasiswa baru itu sedang membaca buku di perpustakaan. 

Perhatikan penjabaran fungsi kalimat di atas!


Dua orang mahasiswa sedang membaca di perpustakaan.
S P Ket. tempat

Kalimat di atas terdiri atas tiga frasa yaitu dua orang mahasiswa, sedang membaca, dan di perpustakaan.
Jadi, frasa memiliki sifat sebagai berikut.
1. Frasa terdiri atas dua kata atau lebih.
2. Frasa selalu menduduki satu fungsi kalimat.


A. Kategori Frasa

1. Frasa Setara dan Frasa Bertingkat
Sebuah frasa dikatakan setara jika unsur-unsur pembentuknya berkedudukan sederajat atau setara.

Contoh:
Saya dan adik makan-makan dan minum-minum di taman depan.

Frasa saya dan adik adalah frasa setara sebab antara unsur saya dan unsur adik mempunyai kedudukan yang setara atau tidak saling menjelaskan. Demikian juga frasa makan-makan dan minumminum termasuk frasa setara. Frasa setara ditandai oleh adanya kata dan atau atau di antara kedua unsurnya. Selain frasa setara, ada pula frasa bertingkat. Frasa bertingkat adalah frasa yang terdiri atas inti dan atribut.

Contoh:
Ayah akan pergi nanti malam.

Frasa nanti malam terdiri atas unsur atribut dan inti.


2. Frasa Idiomatik
Perhatikan kata-kata bercetak miring berikut!
1) Dalam peristiwa kebakaran kemarin seorang penjaga toko menjadi kambing hitam.
2) Untuk menyelamati saudaranya, keluarga Pinto menyembelih seekor kambing hitam.

Kalimat 1) dan 2) menggunakan frasa yang sama yaitu frasa kambing hitam. Kambing hitam pada kalimat 1) bermakna orang yang dipersalahkan dalam suatu peristiwa , sedangkan dalam kalimat 2) bermakna seekor kambing yang warna bulunya hitam .

Makna kambing hitam pada kalimat 1) tidak ada kaitannya dengan makna kata kambing dan kata hitam. Frasa yang maknanya tidak dapat dirunut atau dijelaskan berdasarkan makna kata-kata yang membentuknya dinamakan frasa idiomatik.


B. Konstruksi Frasa

Frasa memiliki dua konstruksi, yakni konstruksi endosentrik dan eksosentrik.

Perhatikan kalimat berikut!

- Kedua saudagar itu telah mengadakan jual beli.

Kalimat di atas terdiri atas frasa kedua saudagar itu, telah mengadakan, dan jual beli. Menurut distribusinya, frasa kedua saudagar itu dan telah mengadakan merupakan frasa endosentrik. Sebaliknya, frasa jual beli merupakan frasa eksosentrik.

Frasa kedua saudagar itu dapat diwakili kata saudagar. Kata saudagar adalah inti frasa bertingkat kedua saudagar itu. Demikian juga frasa telah mengadakan dapat diwakili kata mengadakan. Akan tetapi, frasa jual beli tidak dapat diwakili baik oleh kata jual maupun kata beli. Hal ini disebabkan frasa jual beli tidak memiliki distribusi yang sama dengan kata jual dan kata beli. Kedua kata tersebut merupakan inti sehingga mempunyai kedudukan yang sama.

Dari contoh tersebut dapat diketahui bahwa frasa kedua saudagar itu berdistribusi sama dengan frasa saudagar itu dan kata saudagar. Frasa telah mengadakan berdistribusi sama dengan mengadakan. Frasa yang distribusinya sama dengan salah satu atau semua unsurnya dinamakan frasa endosentrik. Frasa yang distribusinya tidak sama dengan salah satu atau semua unsurnya disebut frasa eksosentrik. Frasa jual beli termasuk frasa eksosentrik karena baik kata jual maupun kata beli tidak dapat menggantikan jual beli.

Frasa endosentrik meliputi beberapa macam frasa :

1. Frasa Endosentrik yang Koordinatif
Frasa ini dihubungkan dengan kata dan dan atau.
Contoh:
Pintu dan jendelanya sedang dicat.

2. Frasa Endosentrik yang Atributif
Frasa ini terdiri atas unsur-unsur yang tidak setara.
Contoh:
Pekarangan luas yang akan didirikan bangunan itu milik Haji Abdulah.

3. Frasa Endosentrik yang Apositif
Secara semantik unsur yang satu pada frasa endosentrik apositif mempunyai makna sama dengan unsur yang lain. Unsur yang dipentingkan merupakan unsur pusat, sedangkan unsur keterangan merupakan aposisi.
Contoh:
Alfia, putri Pak Bambang, berhasil menjadi pelajar teladan.


C. Kelas Frasa
Frasa dibagi menjadi enam kelas kata. Pembagian frasa meliputi frasa benda, kerja, sifat, keterangan, bilangan, dan depan.

1. Frasa Benda atau Frasa Nomina
Frasa benda atau frasa nomina adalah frasa yang distribusinya sama dengan kata benda. Unsur pusat frasa benda yaitu kata
benda.
Contoh:
a. Dita menerima hadiah ulang tahun.
b. Dita menerima hadiah.

Frasa hadiah ulang tahun dalam kalimat distribusinya sama dengan kata benda hadiah. Oleh karena itu, frasa hadiah ulang tahun
termasuk frasa benda atau frasa nomina.

2. Frasa Kerja atau Frasa Verba
Frasa kerja atau frasa verba adalah frasa yang distribusinya sama dengan kata kerja atau verba.
Contoh:
Adik sejak tadi akan menulis dengan pensil baru.

Frasa akan menulis adalah frasa kerja karena distribusinya sama dengan kata kerja menulis dan unsur pusatnya kata kerja, yaitu menulis.

3. Frasa Sifat atau Frasa Adjektiva
Frasa sifat atau adjektiva adalah frasa yang distribusinya sama dengan kata sifat. Frasa sifat mempunyai inti berupa kata sifat. Kesamaan distribusi itu dapat dilihat pada jajaran berikut.
Contoh:
a. Lukisan yang dipamerkan itu memang bagus-bagus.
b. Lukisan yang dipamerkan itu – bagus-bagus.

4. Frasa Keterangan atau Frasa Adverbia
Frasa keterangan adalah frasa yang distribusinya sama dengan kata keterangan. Biasanya inti frasa keterangan juga berupa kata keterangan dan dalam kalimat sering menduduki fungsi sebagai keterangan.

a. Frasa keterangan sebagai keterangan.
Frasa keterangan biasanya mempunyai keleluasaan berpindah karena berfungsi sebagai keterangan. Oleh karena itu, frasa keterangan dapat terletak di depan atau di belakang subjek atau di awal dan di akhir kalimat.
Contoh:
1) Tidak biasanya dia pulang larut malam.
2) Dia tidak biasanya pulang larut malam.
3) Dia pulang larut malam tidak biasanya.

b. Frasa keterangan sebagai keterangan pada kata kerja.
Contoh:
Saya tidak hanya bertanya, tetapi juga mengusulkan sesuatu.

5. Frasa Bilangan atau Frasa Numeralia
Frasa bilangan adalah frasa yang distribusinya sama dengan kata bilangan. Pada umumnya frasa bilangan atau frasa numeralia
dibentuk dengan menambahkan kata penggolong atau kata bantu bilangan.
Contoh:
Dua orang serdadu menghampirinya ke tempat itu.

6. Frasa Depan atau Frasa Preposisional
Frasa depan adalah frasa yang terdiri atas kata depan dengan kata lain sebagai unsur penjelas.
Contoh:
Laki-laki di depan itu mengajukan pertanyaan kepada pembicara.

D. Frasa yang Bersifat Ambigu
Ambiguitas terkadang ditemui dalam susunan frasa. Ambiguitas berarti kegandaan makna.

Contoh:
Kambing hitam dan mobil tetangga baru.

Frasa kambing hitam dapat mempunyai dua makna, yakni kambing yang berbulu (berwarna) hitam dan sebuah ungkapan yang berarti orang yang dipersalahkan. Frasa mobil tetangga baru juga dapat memiliki dua makna, yakni yang baru adalah mobil (milik tetangga) dan yang baru adalah tetangga (bukan mobilnya). Frasa ambigu akan menjadi jelas jika digunakan dalam kalimat

FRASA

1.      Pebgertian Frasa
Banyak sering memeprmasalahkan antara frasa dengan kata, ada yang membedakannya dan ada juga yang mengatakan bahwa keduanya itu sama. Seperti yang telah dipelajari dalam morfologi bahwa kata adalah adalah satuan gramatis yang masih bisa dibagi menjadi bagian yang lebih kecil. Frasa adalah satuan konstruksi yang terdiri dari dua kata atau lebih yang membentuk satu kesatuan (Keraf, 1984:138). Frasa juga didefinisikan sebagai satuan gramatikal yang berupa gabungan kata yang bersifat nonprediktif, atau lazim juga disebut gabungan kata yang mengisi salah satu fungsi sintaksis di dalam kalimat (Chaer, 1991:222). Menurut Prof. M. Ramlan, frasa adalah satuan gramatik yang terdiri atas satu kata atau lebih dan tidak melampaui batas fungsi atau jabatan (Ramlan, 2001:139). Artinya sebanyak apapun kata tersebut asal tidak melebihi jabatannya sebagai Subjek, predikat, objek, pelengkap, atau pun keterangan, maka masih bisa disebut frasa.
Contoh:
1.      gedung sekolah itu
2.      yang akan pergi
3.      sedang membaca
4.      sakitnya bukan main
5.      besok lusa
6.      di depan.

Jika contoh itu ditaruh dalam kalimat, kedudukannya tetap pada satu jabatan saja.
1.      Gedung sekolah itu(S) luas(P).
2.      Dia(S) yang akan pergi(P) besok(Ket).
3.      Bapak(S) sedang membaca(P) koran sore(O).
4.      Pukulan Budi(S) sakitnya bukan main(P).
5.      Besok lusa(Ket) aku(S) kembali(P).
6.      Bu guru(S) berdiri(P) di depan(Ket).

Jadi, walau terdiri dari dua kata atau lebih tetap tidak melebihi batas fungsi. Pendapat lain mengatakan bahwa frasa adalah satuan sintaksis terkecil yang merupakan pemadu kalimat.
Contoh:
1.      Mereka(S) sering terlambat(P).
2.      Mereka(S) terlambat(P).
Ket: ( _ ) frasa.

Pada kalimat pertama kata ‘mereka’ yang terdiri dari satu kata adalah frasa. Sedangkan pada kedua kata berikutnya hanya kata ‘sering’ saja yang termasuk frasa karena pada jabatan itu terdiri dari sua kata dan kata ‘sering sebagai pemadunya. Pada kalimat kedua, kedua katanya adalah frasa karena hanya terdiri dari satu kata pada tiap jabatannya.
Dari kedua pendapat tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa frasa bisa terdiri dari satu kata atau lebih selama itu tidak melampaui batas fungsi atau jabatannya yang berupa subjek, predikat, objek, pelengkap, atau pun keterangan. Jumlah frasa yang terdapat dalam sebuah kalimat bergantung pada jumlah fungsi yang terdapat pada kalimat itu juga.
Sebelum mengenal lebih jauh tentang frasa, alangkah lebih baiknya jika mengenal tentang fungsi-fungsi sintaksisi, karena fungsi-fungsi itula yang disebut frasa. Fungsi sintaksisi ada lima, yaitu Subjek(S), Predikat(P), Objek(O), Pelengkap(Pel), dan Keterangan(Ket). Dari kelima fungsi tersebut hanya karakteristik dari Keterangan saja yang tidak mempunyai lawan.
1.      Subjek dan Predikat.
1.      Bagian yang diterangkan predikat. Subjek dapat dicari dengan pertanyaan ‘Apa atau Siapa yang tersebut dalam predikat’. Sedangkan predikat adalah bagian kalimat yang menerangkan subjek. Predikat dapat ditentukan dengan pertanyaan ‘yang tersebut dalam subjek sedang apa, berapa, di mana, dan lain-lain’.
Contoh:
Sedang belajar(P) mereka itu(S).
Fungsi tersebut bisa dibuktikan dengan pertanyaan ‘Siapa yang sedang belajar? Jawabannya ‘mereka itu’.

2.      Berupa frasa nomina atau pengganti frasa nomina. Sedangkan predikat bisa berupa frasa nomina, verba, adjektiva, numeralia, atau pun preposisi.
3.      Jika diubah menjadi kalimat tanya, subjek tidak dapat diberi partikel –kah. Predikat dapat diberi partikel –kal.
Contoh:
Merka itu(S) sedang belajar(P).
Sedang belajarkah mereka itu?
Merekakah sedang belajar? (salah)

2.      Objek dan Pelengkap.
1.      Objek berupa frasa nomina atau pengganti frasa nomina, sedangkan pelengkap berupa frasa nomina, verba, adjektiva, numeralia, preposisi, dan pengganti nomina.
2.      Objek mengikuti predikat yang berupa verba transitif(memerlukan objek) atau semi-transitif dan pelengkap mengikuti predikat yang berupa verba intransitif(tidak memerlukan objek).
3.      Objek dapat diubah menjadi subjek dan pelengkap tidak dapat diubah menjadi subjek.
Contoh:
1.      Transitif(memerlukan objek)
1.      Orang itu(S) menjual(P). (Salah)
2.      Orang itu(S) menjual(P) es kelapa muda(O)
2.      Semi-transitif (bisa atau tidak perlu objek)
1.      Orang itu(S) minum(P).
2.      Orang itu(S) minum(P) es kelapa muda(O).
3.      Es kelapa muda(S) diminum(P) orang itu(O).
3.      Intransitif(tidak memerlukan objek).
1.      Tidak lengkap. Orang itu(S) mandi(P).
2.      Semi-lengkap.
1.      Orang itu(S) berjualan(P).
2.      Orang itu(S) berjualan(P) es kelapa muda(Pel).
3.      Lengkap.
1.      Organisasi itu(S) berlandaskan(P). (salah)
2.      Organisasi itu(S) berlandaskan(P) kegotongroyongan(Pel).

3.      Keterangan.
1.      Keterangan adalah bagian kalimat yang menerangkan subjek, predikat, objek atau pelengkap.
2.      Berupa frasa nomina, preposisi, dan konjungsi.
3.      Mudah dipindah-pindah, kecuali diletakkan diantara predikat dan objek atau predikat dan pelengkap.
Contoh:
Dulu(Ket) orang itu(S) menjual(P) es kelapa muda(O) di jalan surabaya(Ket).

2.      Jenis Frasa
Jenis frasa dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan persamaan distribusi dengan unsurnya (pemadunya) dan berdasarkan kategori kata yang menjadi unsur pusatnya.
1.      Berdasarkan Persamaan Distribusi dengan Unsurnya (Pemadunya).
Berdasarkan persamaan distribusi dengan unsurnya (pemadunya, frasa dibagi menjadi dua, yaitu Frasa Endosentris dan Frasa Eksosentris.
1.      Frasa Endosentris, kedudukan frasa ini dalam fungsi tertentu, dpat digantikan oleh unsurnya. Unsur frasa yang dapat menggantikan frasa itu dalam fungsi tertentu yang disebut unsur pusat (UP). Dengan kata lain, frasa endosentris adalah frasa yang memiliki unsur pusat.
Contoh:
Sejumlah mahasiswa(S) diteras(P).

Kalimat tersebut tidak bisa jika hanya ‘Sejumlah di teras’ (salah) karena kata mahasiswa adalah unsur pusat dari subjek. Jadi, ‘Sejumlah mahasiswa’ adalah frasa endosentris.
Frasa endosentris sendiri masih dibagi menjadi tiga.
1.      Frasa Endosentris Koordinatif, yaitu frasa endosentris yang semua unsurnya adalah unsur pusat dan mengacu pada hal yang berbeda diantara unsurnya terdapat (dapat diberi) ‘dan’ atau ‘atau’.
Contoh:
1.      rumah pekarangan
2.      suami istri dua tiga (hari)
3.      ayah ibu
4.      pembinaan dan pembangunan
5.      pembangunan dan pembaharuan
6.      belajar atau bekerja.

2.      Frasa Endosentris Atributif, yaitu frasa endosentris yang disamping mempunyai unsur pusat juga mempunyai unsur yang termasuk atribut. Atribut adalah bagian frasa yang bukan unsur pusat, tapi menerangkan unsur pusat untuk membentuk frasa yang bersangkutan.
Contoh:
1.      pembangunan lima tahun
2.      sekolah Inpres
3.      buku baru
4.      orang itu
5.      malam ini
7.      sedang belajar
8.      sangat bahagia.

Kata-kata yang dicetak miring dalam frasa-frasa di atasseperti adalah unsur pusat, sedangkan kata-kata yang tidak dicetak miring adalah atributnya.
3.      Frasa Endosentris Apositif, yaitu frasa endosentris yang semua unsurnya adalah unsur pusat dan mengacu pada hal yang sama. Unsur pusat yang satu sebagai aposisi bagi unsur pusat yang lain.
Contoh:
Ahmad, anak Pak Sastro, sedang belajar.
Ahmad, …….sedang belajar.
……….anak Pak Sastro sedang belajar.
Unsur ‘Ahmad’ merupakan unsur pusat, sedangkan unsur ‘anak Pak Sastro’ merupakan aposisi. Contoh lain:
1.      Yogya, kota pelajar
2.      Indonesia, tanah airku
3.      Bapak SBY, Presiden RI
4.      Mamad, temanku.

Frasa yang hanya terdiri atas satu kata tidak dapat dimasukkan ke dalalm frasa endosentris koordinatif, atributif, dan apositif, karena dasar pemilahan ketiganya adalah hubungan gramatik antara unsur yang satu dengan unsur yang lain. Jika diberi aposisi, menjadi frasa endosentris apositif. Jika diberi atribut, menjadi frasa endosentris atributif. Jika diberi unsur frasa yang kedudukannya sama, menjadi frasa endosentris koordinatif

2.      Frasa Eksosentris, adalah frasa yang tidak mempunyai persamaan distribusi dengan unsurnya. Frasa ini tidak mempunyai unsur pusat. Jadi, frasa eksosentris adalah frasa yang tidak mempunyai UP.
Contoh:
Sejumlah mahasiswa di teras.

2.      Berdasarkan Kategori Kata yang Menjadi Unsur Pusatnya.
Berdasarkan kategori kata yang menjadi unsur pusatnya, frasa dibagi menjadi enam.
1.      Frasa nomina, frasa yang UP-nya berupa kata yang termasuk kategori nomina. UP frasa nomina itu berupa:
1.      nomina sebenarnya
contoh:
pasir ini digunakan utnuk mengaspal jalan
2.      pronomina
contoh:
dia itu musuh saya
3.      nama
contoh:
Dian itu manis
4.      kata-kata selain nomina, tetapi strukturnya berubah menjadi nomina
contoh:
dia rajin → rajin itu menguntungkan
anaknya dua ekor → dua itu sedikit
dia berlari → berlari itu menyehatkan
kata rajin pada kaliat pertam awalnya adalah frasa ajektiva, begitupula dengan dua ekor awalnya frasa numeralia, dan kata berlari yang awalnya adalah frasa verba.

2.      Frasa Verba, frasa yang UP-nya berupa kata yang termasuk kategori verba. Secara morfologis, UP frasa verba biasanya ditandai adanya afiks verba. Secara sintaktis, frasa verba terdapat (dapat diberi) kata ‘sedang’ untuk verba aktif, dan kata ‘sudah’ untuk verba keadaan. Frasa verba tidak dapat diberi kata’ sangat’, dan biasanya menduduki fungsi predikat.
Contoh:
Dia berlari.
Secara morfologis, kata berlari terdapat afiks ber-, dan secara sintaktis dapat diberi kata ‘sedang’ yang menunjukkan verba aktif.
3.      Frasa Ajektifa, frasa yang UP-nya berupa kata yang termasuk kategori ajektifa. UP-nya dapat diberi afiks ter- (paling), sangat, paling agak, alangkah-nya, se-nya. Frasa ajektiva biasanya menduduki fungsi predikat.
Contoh:
Rumahnya besar.
Ada pertindian kelas antara verba dan ajektifa untuk beberapa kata tertentu yang mempunyai ciri verba sekaligus memiliki ciri ajektifa. Jika hal ini yang terjadi, maka yang digunakan sebagai dasar pengelolaan adalah ciri dominan.
Contoh:
menakutkan (memiliki afiks verba, tidak bisa diberi kata ‘sedang’ atau ‘sudah’. Tetapi bisa diberi kata ‘sangat’).
4.      Frasa Numeralia, frasa yang UP-nya berupa kata yang termasuk kategori numeralia. Yaitu kata-kata yang secara semantis mengatakan bilangan atau jumlah tertentu. Dalam frasa numeralia terdapat (dapat diberi) kata bantu bilangan: ekor, buah, dan lain-lain.
Contoh:
dua buah
tiga ekor
lima biji
duapuluh lima orang.
5.      Frasa Preposisi, frasa yang ditandai adanya preposisi atau kata depan sebagai penanda dan diikuti kata atau kelompok kata (bukan klausa) sebagai petanda.
Contoh:
Penanda (preposisi) + Petanda (kata atau kelompok kata) di teras
ke rumah teman
dari sekolah
untuk saya

6.      Frasa Konjungsi, frasa yang ditandai adanya konjungsi atau kata sambung sebagai penanda dan diikuti klausa sebagai petanda. Karena penanda klausa adalah predikat, maka petanda dalam frasa konjungsi selalu mempunyai predikat.
Contoh:
Penanda (konjungsi) + Petanda (klausa, mempunyai P)
Sejak kemarin dia terus diam(P) di situ.
Dalam buku Ilmu Bahasa Insonesia, Sintaksis, ramlan menyebut frasa tersebut sebagai frasa keterangan, karena keterangan menggunakan kata yang termasuk dalam kategori konjungsi.



verba modifikatif verba koordinatif verba apositif,buku kimia kelas xii kurikulum 2013 erlangga pdf,buku kimia kelas xii kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 6,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12,download buku biologi kelas xii kurikulum 2013 erlangga,kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,download buku biologi kelas xii kurikulum 2013 erlangga pdf,buku biologi kelas xii kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 6,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,verba modifikatif,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,kelompok nomina dan verba,six things to do if you visit seattle,materi qur'an hadits kelas xii semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 semester 2,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,buku kimia kelas xii kurikulum 2013 pdf,terjemahan six things to do if you visit seattle,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 12,kunci jawaban b.inggris kelas 10 kurikulum 2013,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,verba koordinatif,buku kimia kelas 12 kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 12,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 2,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 semester 1,contoh kalimat verba apositif,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 22,pengertian verba modifikatif,buku ekonomi kelas xii erlangga,kelompok nomina,kunci jawaban buku b indonesia kurikulum 2013,buku paket ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,buku qur'an hadits kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 10 semester 1,jawaban bahasa inggris kelas 11 halaman 57,uji kompetensi halaman 14 sejarah indonesia,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 esis,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 12 semester 1,verba apositif,contoh verba modifikatif,download buku biologi kelas xii erlangga pdf,tugas mandiri 9.1 pkn kelas 11,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 10 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,buku biologi kelas 12 kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,tugas kelompok 1.1 pkn kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 10,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11,kunci jawaban biologi erlangga kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11 semester 1,buku alquran hadis kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12,soal bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 dan kunci jawaban,let's practice halaman 57 kelas xi,tugas 1 memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks opini/editorial,buku biologi kelas xii kurikulum 2013 pdf,download buku ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,contoh teks cerita sejarah dan struktur nya,fungsi sosial teks cerita sejarah,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,jelaskan mengapa kedatangan jepang ke indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah indonesia,buku biologi kelas xii erlangga pdf,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2,kunci jawaban pkn halaman 16 kelas 11,jawaban tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 13,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,download buku kimia kelas xii erlangga,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 hal 65,download buku biologi kelas x kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban mandiri kimia kelas 10 kurikulum 2013,tugas mandiri 6.1 pkn kelas 10,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 16,pembahasan soal sejarah indonesia halaman 123,kunci jawaban lks sejarah kelas xi kurikulum 2013,kaidah kebahasaan teks sejarah hari buruh,buku bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 pdf,mengapa jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi militer dan semimiliter di indonesia,buku kimia kelas xii kurikulum 2013,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis,gontai antonim,nomina modifikatif koordinatif dan apositif,kunci jawaban buku,download buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia kelas xi semester 2 halaman 194,soal bahasa inggris kelas 12 semester 1 dan kunci jawaban,kunci jawaban buku mandiri matematika kelas 8,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban bahasa inggris kelas 11 semester 1 kurikulum 2013,jawaban tugas 3 memahami kaidah kebahasaan teks cerpen juru masak,kunci jawaban pkn kelas 11 semester 2 halaman 65,kunci jawaban bupena bahasa inggris kelas 10,kunci jawaban pkn kelas 10 kurikulum 2013 bab 7 semester 2,buku kimia kelas xi erlangga pdf,kunci jawaban buku matematika kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku kimia erlangga kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban buku matematika erlangga kelas 10 sukino,jawaban buku bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013 semester 2 halaman 31,kunci jawaban b.indonesia mandiri erlangga kelas 8,kunci jawaban uji kompetensi 5 matematika kelas 8 kurikulum 2013,arti kosakata cetek,bailmu biologi kelas xi,kunci jawaban lks eksis bahasa indonesia,kunci jawaban bupena kelas 10,jawaban tugas mandiri 9.1 pkn kelas 11,buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 10,buku pkn kelas xii pdf,soal bahasa inggris kelas 10 semester 2 kurikulum 2013,buku pathway to english kelas 10 pdf,lks bahasa indonesia kelas 8 semester 2 kurikulum 2013,kekhasan insang cumi cumi adalah,materi qur'an hadits kelas xi kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 76,soal dan jawaban sejarah kelas 12,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 132 sampai 135,jawaban struktur teks guyonan bersama pementasan teater gandrik gundala gawat,kunci jawaban yrama widya,soal bahasa indonesia kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban,jawaban task 2 comprehension questions,larangan pejabat menerima hadiah,kunci jawaban sukino kurikulum 2013,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 7,kunci jawaban sejarah halaman 64 kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 36,kelas 11,uji kompetensi 1.1 matematika kelas 10 kurikulum 2013,materi ekonomi kelas xii pdf,jelaskan mengapa kedatangan jepang ke indonesia itu berjalan cepat dan merata ke wilayah indonesia,materi metabolisme kelas 12 pdf,kunci jawaban lks sejarah indonesia kelas 10 semester 2,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 35,setujukah kalian dengan program pemerintah tersebut,kunci jawaban buku matematika yrama widya kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 65,soal bahasa indonesia kelas 8 semester 1 dan kunci jawaban,kunci jawaban soal pkn halaman 16,kunci jawaban kurikulum 2013 kelas 10,buku kimia kelas 10 kurikulum 2013 erlangga,buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 75-76,jawaban tugas 3 mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater gandrik,mengapa jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi militer dan semi militer,buku kimia kelas xii pdf,jawaban uji kompetensi halaman 17 sejarah indonesia kurikulum 2013,pengertian reaksi penggaraman,six thing to do if you visit seattle,buku kimia kelas 12 pdf,buku bahasa indonesia kelas 8,persamaan dan perbedaan teori tujuan negara,buku kimia kelas 11 erlangga,tugas mandiri 6.1 pkn kelas 11 semester 2,nomina modifikatif,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 11 semester 2,download buku kimia kelas 10 kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 83,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 65,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013 hal 30,kunci jawaban buku matematika yudhistira sma kelas xi,jawaban latihan 4.1 matematika kelas 8 semester 2,buku kirtya basa kelas 8,kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 10,kunci jawaban buku matematika kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 7,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 49,tugas 3 memahami kaidah kebahasaan teks cerpen juru masak,buku tik kelas xii penerbit erlangga,sinonim dan antonim dari kata berhati mulia,kunci jawaban bahasa inggris kurikulum 2013 kelas xi semester 2,mengapa jepang memilih untuk membentuk pasukan cadangan yang begitu besar dari umat islam,download buku kimia kelas xi erlangga,kunci jawaban sejarah halaman 53,kunci jawaban buku erlangga mandiri bahasa indonesia kelas 11,buku sejarah kelas xi kurikulum 2013 erlangga pdf,materi qur'an hadits kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 53,kunci jawaban pkn halaman 65,soal pdgk 4405,soal bahasa indonesia kelas 12 semester 2 dan kunci jawaban,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 7,kunci jawaban bahasa indonesia semester 2 kelas 11,download buku ekonomi kelas 12,buku bahasa inggris kelas 12,rpp qur'an hadits kelas xii kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11 semester 2,kunci jawaban pkn kelas 11 halaman 65,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 77,mengapa pada mulanya rakyat indonesia menyambut baik kedatangan jepang,pdf kimia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban viva pakarindo,kunci jawaban lks fisika kelas 10 viva pakarindo,kunci jawaban kimia erlangga kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 76,buku pkn kelas 12 kurikulum 2013 pdf,soal bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,lks bahasa indonesia kelas 8 semester 2,antonim separuh baya,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas x kurikulum 2013,kunci jawaban lks cv. haka mj,buku geografi kelas xi penerbit erlangga,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 76,bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas xi semester 2,materi bahasa inggris kelas 12 semester 2,download buku kimia kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban pkn halaman 62 kelas 11,buku biologi kelas xii erlangga,buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,buku esis biologi kelas xii pdf,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban pkn kelas 10 kurikulum 2013 bab 7,ikatan rumpun padi pada lambang asean melambangkan,kunci jawaban bahasa inggris kurikulum 2013 kelas xi,cerpen banun beserta strukturnya,jawaban soal bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 85,download buku esps kelas 5,kunci jawaban ekonomi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 10,kunci jawaban soal sejarah indonesia halaman 94,kunci jawaban bupena bahasa inggris kelas 8,kunci jawaban buku masmedia,kunci jawaban kumon level f,tugas kelompok 9.1 pkn kelas 11,kunci jawaban buku mandiri biologi kelas 10,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 41,halaman 8,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013 semester 2 halaman 14,download buku biologi kelas xi erlangga,kunci jawaban pkn hal 62,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 95,kunci jawaban mandiri biologi kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 edisi revisi 2016,jawaban tugas kelompok 9.1 pkn kelas 11 semester 2,kunci jawaban quipper bahasa inggris,tugas kelompok 6.1 pkn kelas xi,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 38,kunci jawaban kimia kelas 11 erlangga,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 114,kunci jawaban buku paket pkn kelas 10 kurikulum 2013,materi qur'an hadits kelas xi semester 2 kurikulum 2013,buku paket bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban lks bahasa inggris kelas 10 semester 2 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 95,biologi kelas xi kurikulum 2013 erlangga,buku kimia kelas 10 kurikulum 2013 erlangga pdf,kunci jawaban lks bahasa inggris kelas 12 semester 1,tugas 3 mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater gandrik gundala gawat,kunci jawaban biologi kelas 10 kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 126 sampai 130,download buku biologi kelas xi esis,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2016,biologi kelas 12 kurikulum 2013 pdf,jawaban uji kompetensi 1.1 matematika kelas xi kurikulum 2013,kunci jawaban wiyata basa kelas 10,pdf bahasa indonesia kelas 12,setelah membaca teks ulasan tersebut cobalah kalian diskusikan beberapa pertanyaan berikut ini,kunci jawaban bahasa inggris kelas 7 kurikulum 2013 semester 2,rpp qur'an hadits ma kelas xii,contoh nomina koordinatif,kunci jawaban sejarah erlangga kelas 11,dalam pelaksanaan pemerintahan wilayah indonesia dibagi bagi,kunci jawaban kumon matematika level f,dalam pelaksanaan pemerintahan wilayah indonesia dibagi bagi dari tingkat karesidenan sampai desa,kelompok verba,kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 11,tugas mandiri tabel 7.2 sikap dan komitmen persatuan,kunci jawaban buku kimia erlangga kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku quadra,makalah merajut kebersamaan dalam kebhinekaan,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,pdf kimia kelas 12,materi qur'an hadits kelas xii semester 1,tugas mandiri 5.2 pkn kelas 11,download buku ekonomi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 112,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis pdf,bank soal bahasa indonesia smp kelas 8,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 75,materi biologi kelas 12 kurikulum 2013,dalam model teks ulasan di atas banyak terdapat kosakata baru,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 75,kata/kalimat yang keliru atau mubazir,kunci jawaban lks kimia penerbit viva pakarindo,kunci jawaban kimia erlangga kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban biologi erlangga kelas xi kurikulum 2013,jawaban tabel 7.2 hakikat negara,materi bahasa inggris kelas 12 semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 74,tugas mandiri 7.2 pkn kelas 12,download buku kimia kelas 10 erlangga,kunci jawaban buku yrama widya,menjual sembari menjaga nirwana,tugas 2 bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 10,buku fisika kelas x kurikulum 2013 penerbit erlangga,teks ulasan gundala gawat,soal bahasa indonesia kelas 12 dan kunci jawaban,tugas 2 membandingkan teks opini/editorial,tabel 7.2 sikap dan komitmen persatuan,buku kimia kelas xi pdf kurikulum 2013,xscape bahasa indonesia kelas 10 (k13) jawaban kegiatan 2,kunci jawaban bahasa inggris kurikulum 2013 kelas 11,buku ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,pathway to english erlangga pdf,kunci jawaban kumon level h matematika,buku geografi kelas xii kurikulum 2013 pdf,jawaban tugas mandiri 9.1 pkn kelas 11 semester 2,materi qur'an hadits ma kelas xii,pada tugas 1 ini kalian diminta menggali informasi,kunci jawaban buku matematika kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,download buku ekonomi kelas x kurikulum 2013 penerbit erlangga,soal pilihan ganda tentang tirani matahari terbit,bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk mengakhiri perseteruan antara israel dan palestina,soal dan jawaban kupu kupu berhati mulia,materi biologi kelas 12 kurikulum 2013 pdf,materi b.inggris kelas 12 semester 1,kunci jawaban buku agama islam kelas 12 penerbit erlangga,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 64,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 10 semester 2,buku ekonomi kelas 11 pdf,kunci jawaban pathway to english program peminatan kelas 10,soal bahasa indonesia smp kelas 8 dan kunci jawaban,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 65,kunci jawaban matematika kelas xii kurikulum 2013,buku sejarah kelas xi kurikulum 2013 erlangga,buku paket bahasa inggris kelas 12,soal essay sistem koloid,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 10,kunci jawaban soal bahasa indonesia halaman 87,soal teks prosedur kelas 8,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013 semester 2,contoh rpp kelas 1 sd kurikulum ktsp,mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater,materi bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,tugas mandiri 3.3 pkn kelas 11 hal 86,uji kompetensi bab 7 pkn kelas 12,contoh ketidakberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara dibidang sosial budaya,kunci jawaban buku paket b.indonesia kelas 7 kurikulum 2013,definisi apresiasi menurut para ahli,kunci jawaban bahasa inggris kelas 11 semester 2 halaman 74,kunci jawaban b.indonesia kelas 7 kurikulum 2013,silabus qur'an hadits ma kelas xi kurikulum 2013,download buku pathway to english program peminatan,tugas 3 bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,buku paket biologi kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 71 kelas 11,jawaban uji kompetensi bab 7 pkn kelas 10,kunci jawaban pathway to english program peminatan kelas 12,buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 2,rpp qur'an hadits ma kurikulum 2013 kelas xii,kunci jawaban kimia erlangga kelas xi,buku paket kimia kelas 12 kurikulum 2013,download buku kimia kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013 semester 2,buku biologi kelas xi erlangga kurikulum 2013,kunci jawaban matematika kelas 12 kurikulum 2013,buku biologi kelas xii esis pdf,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 28,ekonomi kelas xi kurikulum 2013 pdf,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2,soal kumon,50 contoh reaksi penggaraman,kunci jawaban buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis,kunci jawaban buku paket ekonomi kelas 10,download buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 esis,download buku biologi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 106 sampai 112,harian suara merdeka melalui tulisan sony wibisono,kunci jawaban pkn halaman 35 kelas 11,kunci jawaban bahasa inggris kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 123,contoh soal bahasa inggris kelas 12 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 126,kunci jawaban buku paket kimia erlangga kelas xi kurikulum 2013,resensi film tenggelamnya kapal van der wijck extended,kunci jawaban lks bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013,kunci jawaban buku biologi erlangga kelas 12,kunci jawaban lks bahasa inggris kelas 11 semester 2 kurikulum 2013,download buku biologi kelas xi kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 17 kelas 12 semester 2,kunci jawaban biologi erlangga kelas 10 kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia guyonan bersama pementasan teater gandrik gundala gawat,jawaban tugas 3 mengevaluasi dan menyunting teks guyonan,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 11 semester 2,buku kimia kelas xi kurikulum 2013 pdf,struktur teks guyonan bersama pementasan teater,dalam pelaksanaan pemerintahan wilayah indonesia dibagi-bagi dari tingkat karesidenan sampai desa,kunci jawaban kimia erlangga kelas xi kurikulum 2013,struktur teks ulasan guyonan bersama pementasan teater gandrik,pengertian apresiasi sastra menurut para ahli,mengapa jepang tidak memberi restu miai membangun masjid agung dan universitas,silabus qur'an hadits ma kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 96,jawaban tugas kelompok 7.2 pkn kelas xi,download buku agama islam kelas 11 kurikulum 2013 penerbit erlangga,tugas kelompok 6.1 pkn kelas 11,buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa inggris kelas 10 semester 2,download buku biologi kelas xii erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 96,jelaskan mengapa kedatangan jepang ke indonesia berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah,contoh soal teks prosedur kelas 8,download buku kimia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 semester 2,ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,contoh soal pilihan ganda tentang tirani matahari terbit,contoh cerpen persahabatan beserta strukturnya,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 114 semester 2,kunci jawaban bahasa inggris kelas 11 halaman 55,kunci jawaban pkn kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013 bab 5,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 semester 2,materi bahasa inggris kelas 12 semester 1,buku paket pkn kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 65,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 34,pdf ekonomi kelas xi kurikulum 2013,download buku geografi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban pathway to english program peminatan kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2,kunci jawaban pathway to english kelas 11,jawaban kegiatan 1 pembangunan konteks dan pemodelan teks ulasan,kunci jawaban bahasa inggris kelas 11 semester 2 kurikulum 2013,metabolisme kelas 12 pdf,kunci jawaban buku pkn kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11 semester 2,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 11,biography ismail marzuki,kunci jawaban sejarah kelas xi hal 122,buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,download buku biologi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,soal pilihan ganda tirani matahari terbit,tugas mandiri 9.1 pkn,kunci jawaban agama islam kelas 12 halaman 14,kunci jawaban buku matematika yrama widya,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 62,struktur teks teater gandrik,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9 bse,buku biologi erlangga kelas 12 kurikulum 2013,koloid liofil dan liofob beserta contohnya,tugas kalian adalah mengurai kalimat berikut seperti contoh,modifkocif,buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,soal pilihan ganda dan jawaban tentang tirani matahari terbit,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 122,buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 75,buku biologi kelas xi kurikulum 2013 pdf,tugas mandiri 3.2 pkn kelas 11 hal 84,translate six things to do if you visit seattle,buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 pdf,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,kunci jawaban bupena bahasa inggris kelas 11,kunci jawaban kimia kelas xi penerbit erlangga kurikulum 2013,kunci jawaban buku matematika kelas 8 kurikulum 2013 semester 1,jawaban uji kompetensi 8.2 matematika kelas 11,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku geografi erlangga kelas 11,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban seni budaya kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban lks pkn kelas 10 semester 2 viva pakarindo,kunci jawaban pathway to english program peminatan,kunci jawaban pkn kelas 11 semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 8 kurikulum 2013,soal pilihan ganda tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konteks nkri dan negara federal,kelompok kata nomina,buku kimia kelas xi erlangga kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,pengertian apresiasi menurut para ahli,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 halaman 224,jawaban soal juru masak damhuri muhammad,buku biologi kelas xii pdf,kunci jawaban buku kimia yrama widya,kunci jawaban buku sejarah kelas xi penerbit erlangga,kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 8,kunci jawaban buku sejarah erlangga kelas xi,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013,mengapa kedatangan jepang ke indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah indonesia,download buku biologi kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku matematika kelas 8 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku gemar matematika kelas 6,download buku biologi kelas xi erlangga pdf,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban pathway to english kelas 10,bedakanlah makna hak asasi manusia dengan hak warga negara,buku biologi kelas 10 penerbit erlangga pdf,buku biologi kelas 11 kurikulum 2013 pdf,soal bahasa indonesia kelas 8 semester 2 beserta kunci jawaban,kunci jawaban buku pathway to english,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 77,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 112,kunci jawaban wiyata basa kelas 11,kunci jawaban sejarah halaman 194,setujukah kalian dengan program pemerintahan tersebut,kunci jawaban lks bahasa bali kelas 11 semester 2,buku kimia kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 77,arti kosakata akses,buku kimia kelas xi kurikulum 2013 erlangga pdf,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban pkn tugas mandiri 9.1 halaman 65,jawaban bahasa inggris kelas 11 halaman 57 semester 2,buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11 semester 2,download buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis,kunci jawaban matematika kelas 10 kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban kumon level e,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 85,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 71,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 112 semester 2,brainly matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku sejarah indonesia kelas 10 kurikulum 2013,buku paket bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 66,kekhasan insang cumi-cumi adalah,buku paket pkn kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket kimia erlangga kelas xi,kumpulan teks cerita sejarah beserta strukturnya,pengertian frasa nomina modifikatif,kunci jawaban buku kimia kelas 10 kurikulum 2013,download buku erlangga kurikulum 2013,contoh kalimat nomina modifikatif,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 112,soal bahasa inggris kelas 10 semester 2 dan kunci jawaban,kunci jawaban pkn kelas 10 halaman 197,buku ekonomi kelas 12 kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku ekonomi esis kelas 11,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 7 kurikulum 2013,soal bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,brainly fisika kelas 10 semester 2 kurikulum 2013,jawaban let's practice hal 57,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013,ismail marzuki biography,soal bahasa indonesia kelas 12 semester 1 dan kunci jawaban,soal pilihan ganda merajut kebersamaan dalam kebhinekaan,bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik,tugas 1 bahasa indonesia kelas 11 semester 2,buku bahasa inggris kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,buku ekonomi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban sejarah halaman 195,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 11 semester 2,download buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,download buku geografi kelas xii erlangga,kunci jawaban buku biologi erlangga kelas 10 kurikulum 2013,tugas mandiri 6.1 pkn kelas xi semester 2,mengapa jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi militer dan semi militer di indonesia,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 126,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013 halaman 88,menginterpretasi fungsi sosial teks cerita sejarah,download buku ekonomi kelas xi esis,tabel 8.3 tantangan dan permasalahan patriotisme dan nasionalisme,kunci jawaban mandiri biologi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 74,jawaban bahasa inggris kelas 10 semester 2,kunci jawaban mandiri matematika kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 71,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 71,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 132 sampai 135,kunci jawaban buku paket ekonomi kelas 11 kurikulum 2013,download buku biologi kelas xi kurikulum 2013 erlangga pdf,buku geografi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga pdf,kunci jawaban lks bahasa indonesia kelas 7 semester 2,buku ekonomi kelas x kurikulum 2013 erlangga pdf,kunci jawaban lks pkn kelas 11 semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban kimia erlangga kelas 11,kunci jawaban matematika peminatan sukino kurikulum 2013,kunci jawaban matematika viva pakarindo,buku agama islam kelas 11 kurikulum 2013 penerbit erlangga pdf,kunci jawaban ekonomi esis kelas xi kurikulum 2013,contoh teks cerita sejarah kelas xii,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 64,kunci jawaban sejarah kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013,buku paket bahasa inggris kelas 10 semester 2,mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater gandrik gundala gawat,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 12,buku biologi kelas 12 kurikulum 2013,jawaban tugas 3 mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater gandrik gundala gawat,kunci jawaban kumon level i matematika,kunci jawaban buku paket matematika kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 96,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 76,download buku kimia kelas xi kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 94,buku biologi kelas xi kurikulum 2013 erlangga,soal bahasa indonesia kelas 10 dan kunci jawaban,kunci jawaban buku paket matematika kelas 10 kurikulum 2013,guyonan bersama pementasan teater gandrik gundala gawat,materi qur'an hadits kelas xii semester 2,download buku biologi kelas xii kurikulum 2013,contoh guyonan sarkastik,buku biologi kelas xi erlangga pdf,kunci jawaban buku kimia erlangga kelas xi kurikulum 2013,materi qur'an hadits kelas xi semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban wiyata basa kelas xi,jawaban tabel 7.2 sikap dan komitmen persatuan,kunci jawaban matematika sukino kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 114,kunci jawaban lks penerbit viva pakarindo,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 85 semester 2,tugas mandiri 9.1 pkn kls 11,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 65,materi al-qur'an hadits kelas xii semester 2,pdf biologi kelas xii kurikulum 2013,jawaban paket matematika kurikulum 2013 kelas xii,maphilindo terbentuk karena persamaan rumpun budaya dan satu keturunan yaitu,kunci jawaban matematika diskrit rinaldi munir,kunci jawaban buku mandiri matematika kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 6,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 195,tirani matahari terbit pdf,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 2,tugas mandiri 5.2 pkn kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 14,kunci jawaban biologi kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia kelas xi semester 2 halaman 195,download buku sejarah kelas xii ips erlangga,kunci jawaban buku pathway to english kelas 10,kunci jawaban kumon level i,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 162,kunci jawaban pkn kelas xi penerbit erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 64,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 75,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 66,contoh verba apositif,tugas mandiri 9.1 pkn kelas 11 semester 2,materi bahasa inggris kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 104,kunci jawaban lks biologi viva pakarindo,buku ekonomi kelas xi erlangga,struktur teks guyonan bersama pementasan teater gandrik gundala gawat,download buku geografi kelas xii kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 64 semester 2,soal bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,tugas mandiri 6.1 pkn kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 16,buku paket pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 65,menurut kalian berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas,kunci jawaban sejarah kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban,kunci jawaban pkn kelas 11 semester 2 kurikulum 2013,antonim gontai,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,contoh verba modifikatif,contoh frasa verba,contoh kalimat verba modifikatif,nomina modifikatif,contoh verba apositif,nomina koordinatif,pengertian nomina modifikatif,contoh nomina modifikatif

verba modifikatif verba koordinatif verba apositif

Pengertian Frasa dan Klausa


Frasa

1.      Hakekat Frasa
Frasa adalah gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonprediktif, artinya tidak terdapat predikat.  Sering juga disebut gabungan kata yang mengisi salah satu fungsi sintaksis dalam kalimat. Contoh frasa:
-          Nasi goreng
-          Anak emas
-          Rumah megah
-          Baru pulang
Satuan bahasa nasi goreng, anak emas, rumah megah, dan baru pulang adalah frasa tidak membentuk hubungan subjek dan predikat.
2.      Jenis Frasa Berdasarkan Kelas Kata
Berdasarkan kelas kata, frasa dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
1.      Frasa verbal
Frasa herbal adalah kelompok kata yang dibentuk dengan kata kerja. Frasa verbal terdiri dari tiga macam, yaitu:

a.      Frasa verbal modifikatif (pewatas) yang dibedakan menjadi.
1.   Pewatas belakang, seperti contoh berikut:.
-        Ia sakit keras sekarang
-        Andi berlari cepat saat pulang ke rumah dari sekolah
2.   Pewatas depan, seperti contoh berikut:
-        Kami akan melantunkan lagu Peterpan
-        Kamu pasti menyukai pakaian itu
b.      Frasa verbal koordinatif, yaitu dua verba yang disatukan dengan kata penghubung dan atau atau, seperti contoh berikut:
-        Mereka datang dan pergi kerumah ini
-        Kita  pergi atau kembali ke rumah saja
c.      Frasa verbal apositif yaitu sebagai keterangan yang ditambahkan. Contoh frasa verbal apositif, yaitu:
-        Desa Marga Mulya, tempat tinggal saya, akan menjadi pusat pemerintahan kecamatan Sungai Bahar.



2.      Frasa Adjektival
Frasa adjectival adalah kelompok kata yang menggunakan kata sifat atau keadaan sebagai inti dan menambahkan kata lain yang berfungsi menerangkan. Frasa adjectival dibagi atas tiga jenis, yaitu:
a.      Frasa adjektival modifikatif (membatasi), contohnya sebagai berikut:
            -           Cantik nian pacarmu
            -           Indah benar pemandangan itu.
b.      Frasa adjektival koordinatif (menggabungkan), contohnya sebagai berikut:
            -           Mereka merasa tenang dan damai tinggal di komplek perumahan ini.
c.      Frasa adjektival apositif, contohnya sebagai berikut:
            -           Srikandi cantik, ayu rupawan, diperistri oleh Arjuna.
3.      Frasa Nominal
Frasa nominal adalah kelompok kata yang dibenuk dengan menggunakan kata benda. Frasa nominal dibagi menjadi:
a.      Frasa nominal modifikatif (mewatasi), contohnya sebagai berikut:
            -           Pada hari minggu bank tutup
            -           Pada minggu pertama masuk kuliah, dosen banyak yang tidak masuk
b.      Frasa nominal koordinatif (tidak saling menerangkan), contohnya sebagai berikut:
   -           hak dan kewajiban telah diatur dalam UUD 1945
4.      Frasa Adverbial
Frasa adverbial adalah kelompok kata yang dibentuk dengan keterangan kata sifat. Frasa adverbial dibagi menjadi:
a.      Frasa adverbial yang bersifat modifikatif (mewatasi), contohnya sebagai berikut:
            -           Andi adalah murid yang sangat pintar.
b.      Frasa adverbial yang bersifat koordinatif  (tidak saling menerangkan), contohnya sebagai berikut:
   -           Jarak antara kost saya dengan kampus kurang lebih 1 kilometer.
5.      Frasa Pronominal
Frasa pronominal adalah frasa yang dibentuk dari kata ganti. Frasa Pronominal dibagi menjadi:
a.      Frasa pronominal modifikatif, contohnya sebagai berikut:
            -           Kita semua adalah mahasiswa sastra Indonesia
            -           Kami berdua sedang menunggu angkot
b.      Frasa pronominal koordinatif, contohnya sebagai berikut:
            -           Aku dan kau pergi ke kampus
            -           Aku dan dia duduk berdua
c.      Frasa pronominal apositif, contohnya sebagai berikut:
            -           Kami, mahasiswa Indonesia, memerangi korupsi
            -           Mahasiswa, para dosen, bersalam-salaman
6.      Frasa Numeralia
Frasa numeralia adalah kelompok kata yang dibentuk dengan kata bilangan. Frasa numeralia terdiri dari dua jenis yaitu:
a.      Frasa numeralia modifikatif, contohnya seperti berikut:
            -           Bencana itu menelan dua ratus lima puluh jiwa.
            -           Harga bakso yang anda makan adalah Sembilan ribu rupiah.
b.      Frasa numeralia koordinatif, contohnya seperti di bawah ini.
            -           tiga atau empat pria bertubuh besar merampok sebuah toko emas
            -           Entah tiga, entah empat kali dia menyakitiku
7.      Frasa Introgativa koordinatif
Frasa introgativa koordinatif adalah frasa yang menjadikan kata Tanya sebagai inti. Contohnya seperti berikut:
            -           Pertanyaan apa atau mengapa kini terjawab sudah
            -           entah mengapa atau bagaimana saya bisa menjadi seperti ini

8.      Frasa Demonstrativa koordinatif
Frasa demonstrativa koordinatif adalah frasa yang dibentuk dengan dua kata yang tidak saling menerangkan. Contohnya seperti berikut:
            -           Aku telah mencarimu disana dan disini
            -           Aku memakai sepatu yang ini atau itu, sama saja
9.      Frasa Proposional Koordinatif
Frasa proposional koordinatif adalah frasa yang dibentuk dari kata depan dan tidak saling menerangkan. Contohnya seperti berikut:
            -           Perjalanan kami dari dan ke Bandung memerlukan waktu enam jam.
            -           Koperasi dari, oleh dan untuk anggota.



Klausa
Pengertian Klausa
Klausa adalah kelompok kata yang tidak terdapat intonasi final. Intonasi final itu berupa tanda baca. Menurut Keraf (1984:138), klausa adalah sebuah konstruksi yang di dalamnya terdapat beberapa kata yang mengandung unsur predikatif.
Jenis-jenis Klausa
Widjono membagi klausa menjadi beberapa jenis, yaitu:
1.      Klausa kalimat majemuk setara
Kalimat majemuk setara dibangun dengan dua klausa atau lebih yang tidak saling menerangkan. Contoh sebagai berikut;
-          Andi membaca komik, dan ibunya mencuci piring
Klausa pertama andi membaca komik, klausa kedua ibunya mencuci piring, dapat dilihat disini bahwa keduanya tidak saling menerangkan.
2.      Klausa gabungan kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat
Klausa gabungan kalimat majemuk setara dan bertingkat, terdiri dari tiga klausa atau lebih. Contohnya seperti berikut ini:
-          Ayah pulang dari kantor setelah aku mandi dan adik bangun dari tidurnya
Kalimat diatas terdiri dari tiga klausa,
Ayah pulang dari kantor (klausa pertama)
Setelah aku mandi (klausa kedua)
Adik bangun dari tidurnya (klausa ketiga)
1.      Ayah pulang dari kantor setelah aku mandi (kalimat majemuk bertingkat)
2.      Aku mandi dan adik bangun dari tidurnya (Kalimat majemuk setara)

Kelompok kata Frasa nomina dan verba

A.    Kelompok kata/ Frasa Nomina
Frasa nominal adalah kelompok kata benda yang dibentuk dengan memperluas sebuah kata benda. Frasa nominal dibagi menjadi tiga jenis seperti yang dijelaskan berikut ini.
1.      Frasa nominal modifikatif (mewatasi), misalnya rumah mungil, hari minggu, bulan pertama. Contohnya seperti berikut ini.
a.       Pada hari minggu layanan pustaka tetap dibuka.
b.      Pada bulan pertama setelah menikah, mereka sudah mulai bertengkar.
2.      Frasa nominal koordinatif (tidak saling menerangkan), misalnya hak dan kewajiban, dunia akhirat, lahir bathin, serta adil dan makmur. Contohnya seperti berikut ini.
a.       Seorang PNS harus memahami hak dan kewajiban sebagai aparatur negara.
b.      Setiap orang menginginkan kebahagiaan dunia akhirat.
3.      Frasa nominal apositif, contohnya seperti berikut ini.
a.       Anton, mahasiswa teladan itu, kini menjadi dosen di Universitasnya.
b.      Burung Cendrawasih, burung langka dari Irian itu, sudah hampir punah.

B.     Kelompok kata/ Frasa verbal
Frasa verbal adalah kelompok kata yang dibentuk dengan kata kerja. Frasa verbal terdiri dari tiga macam seperti yang dijelaskan berikut ini.
1.      Frasa verbal modifikatif (pewatas) yang dibedakan menjadi.
a.       Pewatas belakang, seperti contoh berikut ini.
1)      Ia bekerja keras sepanjang hari.
2)      Orang itu bekerja cepat setiap hari.
b.      Pewatas depan, seperti contoh berikut ini.
1)      Kami akan menyanyikan lagu kebangsaan.
2)      Mereka pasti menyukai makanan itu.
2.      Frasa verbal koordinatif yaitu dua verba yang disatukan dengan kata penghubung dan atau atau, seperti contoh berikut ini.
a.       Mereka mencuci dan menjemur pakaiannya.
b.      Kita  pergi atau menunggu ayah.
3.      Frasa verbal apositif yaitu sebagai keterangan yang ditambahkan atau diselipkan. Contohnya adalah sebagai berikut.
a.       Aie Pacah, tempat tinggal saya, akan menjadi pusat pemerintahan kota Padang.
b.      Usaha Pak Ali, berdagang kain, kini menjadi grosir.

buku kimia kelas xii kurikulum 2013 erlangga pdf,buku kimia kelas xii kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 halaman 6,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12,download buku biologi kelas xii kurikulum 2013 erlangga,kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh,download buku biologi kelas xii kurikulum 2013 erlangga pdf,buku biologi kelas xii kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 6,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1,buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,verba modifikatif,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20,kelompok nomina dan verba,six things to do if you visit seattle,materi qur'an hadits kelas xii semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 semester 2,tugas mandiri 1.1 pkn kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia hal 18 kelas 12,buku kimia kelas xii kurikulum 2013 pdf,terjemahan six things to do if you visit seattle,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 12,kunci jawaban b.inggris kelas 10 kurikulum 2013,jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,verba koordinatif,buku kimia kelas 12 kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 12,kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 2,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 semester 1,contoh kalimat verba apositif,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 22,pengertian verba modifikatif,buku ekonomi kelas xii erlangga,kelompok nomina,kunci jawaban buku b indonesia kurikulum 2013,buku paket ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,buku qur'an hadits kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 10 semester 1,jawaban bahasa inggris kelas 11 halaman 57,uji kompetensi halaman 14 sejarah indonesia,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 esis,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 12 semester 1,verba apositif,contoh verba modifikatif,download buku biologi kelas xii erlangga pdf,tugas mandiri 9.1 pkn kelas 11,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 10 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,buku biologi kelas 12 kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8,tugas kelompok 1.1 pkn kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 10,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11,kunci jawaban biologi erlangga kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11 semester 1,buku alquran hadis kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12,soal bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 dan kunci jawaban,let's practice halaman 57 kelas xi,tugas 1 memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks opini/editorial,buku biologi kelas xii kurikulum 2013 pdf,download buku ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,contoh teks cerita sejarah dan struktur nya,fungsi sosial teks cerita sejarah,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,jelaskan mengapa kedatangan jepang ke indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah indonesia,buku biologi kelas xii erlangga pdf,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2,kunci jawaban pkn halaman 16 kelas 11,jawaban tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 13,jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9,download buku kimia kelas xii erlangga,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 hal 65,download buku biologi kelas x kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban mandiri kimia kelas 10 kurikulum 2013,tugas mandiri 6.1 pkn kelas 10,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 16,pembahasan soal sejarah indonesia halaman 123,kunci jawaban lks sejarah kelas xi kurikulum 2013,kaidah kebahasaan teks sejarah hari buruh,buku bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 pdf,mengapa jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi militer dan semimiliter di indonesia,buku kimia kelas xii kurikulum 2013,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis,gontai antonim,nomina modifikatif koordinatif dan apositif,kunci jawaban buku,download buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia kelas xi semester 2 halaman 194,soal bahasa inggris kelas 12 semester 1 dan kunci jawaban,kunci jawaban buku mandiri matematika kelas 8,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban bahasa inggris kelas 11 semester 1 kurikulum 2013,jawaban tugas 3 memahami kaidah kebahasaan teks cerpen juru masak,kunci jawaban pkn kelas 11 semester 2 halaman 65,kunci jawaban bupena bahasa inggris kelas 10,kunci jawaban pkn kelas 10 kurikulum 2013 bab 7 semester 2,buku kimia kelas xi erlangga pdf,kunci jawaban buku matematika kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku kimia erlangga kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban buku matematika erlangga kelas 10 sukino,jawaban buku bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013 semester 2 halaman 31,kunci jawaban b.indonesia mandiri erlangga kelas 8,kunci jawaban uji kompetensi 5 matematika kelas 8 kurikulum 2013,arti kosakata cetek,bailmu biologi kelas xi,kunci jawaban lks eksis bahasa indonesia,kunci jawaban bupena kelas 10,jawaban tugas mandiri 9.1 pkn kelas 11,buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 10,buku pkn kelas xii pdf,soal bahasa inggris kelas 10 semester 2 kurikulum 2013,buku pathway to english kelas 10 pdf,lks bahasa indonesia kelas 8 semester 2 kurikulum 2013,kekhasan insang cumi cumi adalah,materi qur'an hadits kelas xi kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 76,soal dan jawaban sejarah kelas 12,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 132 sampai 135,jawaban struktur teks guyonan bersama pementasan teater gandrik gundala gawat,kunci jawaban yrama widya,soal bahasa indonesia kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban,jawaban task 2 comprehension questions,larangan pejabat menerima hadiah,kunci jawaban sukino kurikulum 2013,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 7,kunci jawaban sejarah halaman 64 kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 36,kelas 11,uji kompetensi 1.1 matematika kelas 10 kurikulum 2013,materi ekonomi kelas xii pdf,jelaskan mengapa kedatangan jepang ke indonesia itu berjalan cepat dan merata ke wilayah indonesia,materi metabolisme kelas 12 pdf,kunci jawaban lks sejarah indonesia kelas 10 semester 2,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 35,setujukah kalian dengan program pemerintah tersebut,kunci jawaban buku matematika yrama widya kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 65,soal bahasa indonesia kelas 8 semester 1 dan kunci jawaban,kunci jawaban soal pkn halaman 16,kunci jawaban kurikulum 2013 kelas 10,buku kimia kelas 10 kurikulum 2013 erlangga,buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 75-76,jawaban tugas 3 mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater gandrik,mengapa jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi militer dan semi militer,buku kimia kelas xii pdf,jawaban uji kompetensi halaman 17 sejarah indonesia kurikulum 2013,pengertian reaksi penggaraman,six thing to do if you visit seattle,buku kimia kelas 12 pdf,buku bahasa indonesia kelas 8,persamaan dan perbedaan teori tujuan negara,buku kimia kelas 11 erlangga,tugas mandiri 6.1 pkn kelas 11 semester 2,nomina modifikatif,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 11 semester 2,download buku kimia kelas 10 kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 83,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 65,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013 hal 30,kunci jawaban buku matematika yudhistira sma kelas xi,jawaban latihan 4.1 matematika kelas 8 semester 2,buku kirtya basa kelas 8,kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 10,kunci jawaban buku matematika kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 7,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 49,tugas 3 memahami kaidah kebahasaan teks cerpen juru masak,buku tik kelas xii penerbit erlangga,sinonim dan antonim dari kata berhati mulia,kunci jawaban bahasa inggris kurikulum 2013 kelas xi semester 2,mengapa jepang memilih untuk membentuk pasukan cadangan yang begitu besar dari umat islam,download buku kimia kelas xi erlangga,kunci jawaban sejarah halaman 53,kunci jawaban buku erlangga mandiri bahasa indonesia kelas 11,buku sejarah kelas xi kurikulum 2013 erlangga pdf,materi qur'an hadits kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 53,kunci jawaban pkn halaman 65,soal pdgk 4405,soal bahasa indonesia kelas 12 semester 2 dan kunci jawaban,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 7,kunci jawaban bahasa indonesia semester 2 kelas 11,download buku ekonomi kelas 12,buku bahasa inggris kelas 12,rpp qur'an hadits kelas xii kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11 semester 2,kunci jawaban pkn kelas 11 halaman 65,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 77,mengapa pada mulanya rakyat indonesia menyambut baik kedatangan jepang,pdf kimia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban viva pakarindo,kunci jawaban lks fisika kelas 10 viva pakarindo,kunci jawaban kimia erlangga kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 76,buku pkn kelas 12 kurikulum 2013 pdf,soal bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013,lks bahasa indonesia kelas 8 semester 2,antonim separuh baya,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas x kurikulum 2013,kunci jawaban lks cv. haka mj,buku geografi kelas xi penerbit erlangga,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 76,bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas xi semester 2,materi bahasa inggris kelas 12 semester 2,download buku kimia kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban pkn halaman 62 kelas 11,buku biologi kelas xii erlangga,buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1,buku esis biologi kelas xii pdf,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban pkn kelas 10 kurikulum 2013 bab 7,ikatan rumpun padi pada lambang asean melambangkan,kunci jawaban bahasa inggris kurikulum 2013 kelas xi,cerpen banun beserta strukturnya,jawaban soal bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 85,download buku esps kelas 5,kunci jawaban ekonomi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 10,kunci jawaban soal sejarah indonesia halaman 94,kunci jawaban bupena bahasa inggris kelas 8,kunci jawaban buku masmedia,kunci jawaban kumon level f,tugas kelompok 9.1 pkn kelas 11,kunci jawaban buku mandiri biologi kelas 10,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 41,halaman 8,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013 semester 2 halaman 14,download buku biologi kelas xi erlangga,kunci jawaban pkn hal 62,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 95,kunci jawaban mandiri biologi kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 edisi revisi 2016,jawaban tugas kelompok 9.1 pkn kelas 11 semester 2,kunci jawaban quipper bahasa inggris,tugas kelompok 6.1 pkn kelas xi,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 38,kunci jawaban kimia kelas 11 erlangga,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 114,kunci jawaban buku paket pkn kelas 10 kurikulum 2013,materi qur'an hadits kelas xi semester 2 kurikulum 2013,buku paket bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban lks bahasa inggris kelas 10 semester 2 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 95,biologi kelas xi kurikulum 2013 erlangga,buku kimia kelas 10 kurikulum 2013 erlangga pdf,kunci jawaban lks bahasa inggris kelas 12 semester 1,tugas 3 mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater gandrik gundala gawat,kunci jawaban biologi kelas 10 kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 126 sampai 130,download buku biologi kelas xi esis,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2016,biologi kelas 12 kurikulum 2013 pdf,jawaban uji kompetensi 1.1 matematika kelas xi kurikulum 2013,kunci jawaban wiyata basa kelas 10,pdf bahasa indonesia kelas 12,setelah membaca teks ulasan tersebut cobalah kalian diskusikan beberapa pertanyaan berikut ini,kunci jawaban bahasa inggris kelas 7 kurikulum 2013 semester 2,rpp qur'an hadits ma kelas xii,contoh nomina koordinatif,kunci jawaban sejarah erlangga kelas 11,dalam pelaksanaan pemerintahan wilayah indonesia dibagi bagi,kunci jawaban kumon matematika level f,dalam pelaksanaan pemerintahan wilayah indonesia dibagi bagi dari tingkat karesidenan sampai desa,kelompok verba,kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 11,tugas mandiri tabel 7.2 sikap dan komitmen persatuan,kunci jawaban buku kimia erlangga kelas 10 kurikulum 2013,kunci jawaban buku quadra,makalah merajut kebersamaan dalam kebhinekaan,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,pdf kimia kelas 12,materi qur'an hadits kelas xii semester 1,tugas mandiri 5.2 pkn kelas 11,download buku ekonomi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 112,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis pdf,bank soal bahasa indonesia smp kelas 8,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 75,materi biologi kelas 12 kurikulum 2013,dalam model teks ulasan di atas banyak terdapat kosakata baru,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 75,kata/kalimat yang keliru atau mubazir,kunci jawaban lks kimia penerbit viva pakarindo,kunci jawaban kimia erlangga kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban biologi erlangga kelas xi kurikulum 2013,jawaban tabel 7.2 hakikat negara,materi bahasa inggris kelas 12 semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 74,tugas mandiri 7.2 pkn kelas 12,download buku kimia kelas 10 erlangga,kunci jawaban buku yrama widya,menjual sembari menjaga nirwana,tugas 2 bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 10,buku fisika kelas x kurikulum 2013 penerbit erlangga,teks ulasan gundala gawat,soal bahasa indonesia kelas 12 dan kunci jawaban,tugas 2 membandingkan teks opini/editorial,tabel 7.2 sikap dan komitmen persatuan,buku kimia kelas xi pdf kurikulum 2013,xscape bahasa indonesia kelas 10 (k13) jawaban kegiatan 2,kunci jawaban bahasa inggris kurikulum 2013 kelas 11,buku ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,pathway to english erlangga pdf,kunci jawaban kumon level h matematika,buku geografi kelas xii kurikulum 2013 pdf,jawaban tugas mandiri 9.1 pkn kelas 11 semester 2,materi qur'an hadits ma kelas xii,pada tugas 1 ini kalian diminta menggali informasi,kunci jawaban buku matematika kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,download buku ekonomi kelas x kurikulum 2013 penerbit erlangga,soal pilihan ganda tentang tirani matahari terbit,bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk mengakhiri perseteruan antara israel dan palestina,soal dan jawaban kupu kupu berhati mulia,materi biologi kelas 12 kurikulum 2013 pdf,materi b.inggris kelas 12 semester 1,kunci jawaban buku agama islam kelas 12 penerbit erlangga,jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 64,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 10 semester 2,buku ekonomi kelas 11 pdf,kunci jawaban pathway to english program peminatan kelas 10,soal bahasa indonesia smp kelas 8 dan kunci jawaban,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 65,kunci jawaban matematika kelas xii kurikulum 2013,buku sejarah kelas xi kurikulum 2013 erlangga,buku paket bahasa inggris kelas 12,soal essay sistem koloid,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 10,kunci jawaban soal bahasa indonesia halaman 87,soal teks prosedur kelas 8,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013 semester 2,contoh rpp kelas 1 sd kurikulum ktsp,mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater,materi bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,tugas mandiri 3.3 pkn kelas 11 hal 86,uji kompetensi bab 7 pkn kelas 12,contoh ketidakberhasilan pelaksanaan asas wawasan nusantara dibidang sosial budaya,kunci jawaban buku paket b.indonesia kelas 7 kurikulum 2013,definisi apresiasi menurut para ahli,kunci jawaban bahasa inggris kelas 11 semester 2 halaman 74,kunci jawaban b.indonesia kelas 7 kurikulum 2013,silabus qur'an hadits ma kelas xi kurikulum 2013,download buku pathway to english program peminatan,tugas 3 bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,buku paket biologi kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 71 kelas 11,jawaban uji kompetensi bab 7 pkn kelas 10,kunci jawaban pathway to english program peminatan kelas 12,buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 2,rpp qur'an hadits ma kurikulum 2013 kelas xii,kunci jawaban kimia erlangga kelas xi,buku paket kimia kelas 12 kurikulum 2013,download buku kimia kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013 semester 2,buku biologi kelas xi erlangga kurikulum 2013,kunci jawaban matematika kelas 12 kurikulum 2013,buku biologi kelas xii esis pdf,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 28,ekonomi kelas xi kurikulum 2013 pdf,jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2,soal kumon,50 contoh reaksi penggaraman,kunci jawaban buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis,kunci jawaban buku paket ekonomi kelas 10,download buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013 esis,download buku biologi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 106 sampai 112,harian suara merdeka melalui tulisan sony wibisono,kunci jawaban pkn halaman 35 kelas 11,kunci jawaban bahasa inggris kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 123,contoh soal bahasa inggris kelas 12 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 126,kunci jawaban buku paket kimia erlangga kelas xi kurikulum 2013,resensi film tenggelamnya kapal van der wijck extended,kunci jawaban lks bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013,kunci jawaban buku biologi erlangga kelas 12,kunci jawaban lks bahasa inggris kelas 11 semester 2 kurikulum 2013,download buku biologi kelas xi kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 17 kelas 12 semester 2,kunci jawaban biologi erlangga kelas 10 kurikulum 2013,tugas bahasa indonesia guyonan bersama pementasan teater gandrik gundala gawat,jawaban tugas 3 mengevaluasi dan menyunting teks guyonan,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 11 semester 2,buku kimia kelas xi kurikulum 2013 pdf,struktur teks guyonan bersama pementasan teater,dalam pelaksanaan pemerintahan wilayah indonesia dibagi-bagi dari tingkat karesidenan sampai desa,kunci jawaban kimia erlangga kelas xi kurikulum 2013,struktur teks ulasan guyonan bersama pementasan teater gandrik,pengertian apresiasi sastra menurut para ahli,mengapa jepang tidak memberi restu miai membangun masjid agung dan universitas,silabus qur'an hadits ma kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 96,jawaban tugas kelompok 7.2 pkn kelas xi,download buku agama islam kelas 11 kurikulum 2013 penerbit erlangga,tugas kelompok 6.1 pkn kelas 11,buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa inggris kelas 10 semester 2,download buku biologi kelas xii erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 96,jelaskan mengapa kedatangan jepang ke indonesia berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah,contoh soal teks prosedur kelas 8,download buku kimia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 semester 2,ekonomi kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1,contoh soal pilihan ganda tentang tirani matahari terbit,contoh cerpen persahabatan beserta strukturnya,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 114 semester 2,kunci jawaban bahasa inggris kelas 11 halaman 55,kunci jawaban pkn kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013 bab 5,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 10 semester 2,materi bahasa inggris kelas 12 semester 1,buku paket pkn kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2 halaman 65,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 34,pdf ekonomi kelas xi kurikulum 2013,download buku geografi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban pathway to english program peminatan kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 2,kunci jawaban pathway to english kelas 11,jawaban kegiatan 1 pembangunan konteks dan pemodelan teks ulasan,kunci jawaban bahasa inggris kelas 11 semester 2 kurikulum 2013,metabolisme kelas 12 pdf,kunci jawaban buku pkn kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11 semester 2,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 11,biography ismail marzuki,kunci jawaban sejarah kelas xi hal 122,buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,download buku biologi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,soal pilihan ganda tirani matahari terbit,tugas mandiri 9.1 pkn,kunci jawaban agama islam kelas 12 halaman 14,kunci jawaban buku matematika yrama widya,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 62,struktur teks teater gandrik,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9 bse,buku biologi erlangga kelas 12 kurikulum 2013,koloid liofil dan liofob beserta contohnya,tugas kalian adalah mengurai kalimat berikut seperti contoh,modifkocif,buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,soal pilihan ganda dan jawaban tentang tirani matahari terbit,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 122,buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 75,buku biologi kelas xi kurikulum 2013 pdf,tugas mandiri 3.2 pkn kelas 11 hal 84,translate six things to do if you visit seattle,buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013 pdf,tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah,kunci jawaban bupena bahasa inggris kelas 11,kunci jawaban kimia kelas xi penerbit erlangga kurikulum 2013,kunci jawaban buku matematika kelas 8 kurikulum 2013 semester 1,jawaban uji kompetensi 8.2 matematika kelas 11,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku geografi erlangga kelas 11,tugas 1 bahasa indonesia kelas 12,kunci jawaban seni budaya kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban lks pkn kelas 10 semester 2 viva pakarindo,kunci jawaban pathway to english program peminatan,kunci jawaban pkn kelas 11 semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 8 kurikulum 2013,soal pilihan ganda tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konteks nkri dan negara federal,kelompok kata nomina,buku kimia kelas xi erlangga kurikulum 2013,jawaban buku paket bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,pengertian apresiasi menurut para ahli,kunci jawaban sejarah indonesia kelas 12 halaman 224,jawaban soal juru masak damhuri muhammad,buku biologi kelas xii pdf,kunci jawaban buku kimia yrama widya,kunci jawaban buku sejarah kelas xi penerbit erlangga,kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 8,kunci jawaban buku sejarah erlangga kelas xi,buku ekonomi kelas xii kurikulum 2013,mengapa kedatangan jepang ke indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah indonesia,download buku biologi kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku matematika kelas 8 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku gemar matematika kelas 6,download buku biologi kelas xi erlangga pdf,kunci jawaban mandiri bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban pathway to english kelas 10,bedakanlah makna hak asasi manusia dengan hak warga negara,buku biologi kelas 10 penerbit erlangga pdf,buku biologi kelas 11 kurikulum 2013 pdf,soal bahasa indonesia kelas 8 semester 2 beserta kunci jawaban,kunci jawaban buku pathway to english,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 77,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 112,kunci jawaban wiyata basa kelas 11,kunci jawaban sejarah halaman 194,setujukah kalian dengan program pemerintahan tersebut,kunci jawaban lks bahasa bali kelas 11 semester 2,buku kimia kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 77,arti kosakata akses,buku kimia kelas xi kurikulum 2013 erlangga pdf,buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban pkn tugas mandiri 9.1 halaman 65,jawaban bahasa inggris kelas 11 halaman 57 semester 2,buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas 11 semester 2,download buku ekonomi kelas xi kurikulum 2013 esis,kunci jawaban matematika kelas 10 kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban kumon level e,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 85,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 71,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 112 semester 2,brainly matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku sejarah indonesia kelas 10 kurikulum 2013,buku paket bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 66,kekhasan insang cumi-cumi adalah,buku paket pkn kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket kimia erlangga kelas xi,kumpulan teks cerita sejarah beserta strukturnya,pengertian frasa nomina modifikatif,kunci jawaban buku kimia kelas 10 kurikulum 2013,download buku erlangga kurikulum 2013,contoh kalimat nomina modifikatif,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 112,soal bahasa inggris kelas 10 semester 2 dan kunci jawaban,kunci jawaban pkn kelas 10 halaman 197,buku ekonomi kelas 12 kurikulum 2013 pdf,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban buku ekonomi esis kelas 11,kunci jawaban buku paket bahasa inggris kelas 7 kurikulum 2013,soal bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013,brainly fisika kelas 10 semester 2 kurikulum 2013,jawaban let's practice hal 57,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013,ismail marzuki biography,soal bahasa indonesia kelas 12 semester 1 dan kunci jawaban,soal pilihan ganda merajut kebersamaan dalam kebhinekaan,bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik,tugas 1 bahasa indonesia kelas 11 semester 2,buku bahasa inggris kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga,buku ekonomi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban sejarah halaman 195,kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 11 semester 2,download buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,download buku geografi kelas xii erlangga,kunci jawaban buku biologi erlangga kelas 10 kurikulum 2013,tugas mandiri 6.1 pkn kelas xi semester 2,mengapa jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi militer dan semi militer di indonesia,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 126,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013 halaman 88,menginterpretasi fungsi sosial teks cerita sejarah,download buku ekonomi kelas xi esis,tabel 8.3 tantangan dan permasalahan patriotisme dan nasionalisme,kunci jawaban mandiri biologi kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 74,jawaban bahasa inggris kelas 10 semester 2,kunci jawaban mandiri matematika kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 71,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 71,kunci jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 132 sampai 135,kunci jawaban buku paket ekonomi kelas 11 kurikulum 2013,download buku biologi kelas xi kurikulum 2013 erlangga pdf,buku geografi kelas xi kurikulum 2013 penerbit erlangga pdf,kunci jawaban lks bahasa indonesia kelas 7 semester 2,buku ekonomi kelas x kurikulum 2013 erlangga pdf,kunci jawaban lks pkn kelas 11 semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban kimia erlangga kelas 11,kunci jawaban matematika peminatan sukino kurikulum 2013,kunci jawaban matematika viva pakarindo,buku agama islam kelas 11 kurikulum 2013 penerbit erlangga pdf,kunci jawaban ekonomi esis kelas xi kurikulum 2013,contoh teks cerita sejarah kelas xii,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 64,kunci jawaban sejarah kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013,buku paket bahasa inggris kelas 10 semester 2,mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater gandrik gundala gawat,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 12,buku biologi kelas 12 kurikulum 2013,jawaban tugas 3 mengevaluasi dan menyunting teks guyonan bersama teater gandrik gundala gawat,kunci jawaban kumon level i matematika,kunci jawaban buku paket matematika kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 96,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 76,download buku kimia kelas xi kurikulum 2013 erlangga,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 94,buku biologi kelas xi kurikulum 2013 erlangga,soal bahasa indonesia kelas 10 dan kunci jawaban,kunci jawaban buku paket matematika kelas 10 kurikulum 2013,guyonan bersama pementasan teater gandrik gundala gawat,materi qur'an hadits kelas xii semester 2,download buku biologi kelas xii kurikulum 2013,contoh guyonan sarkastik,buku biologi kelas xi erlangga pdf,kunci jawaban buku kimia erlangga kelas xi kurikulum 2013,materi qur'an hadits kelas xi semester 1 kurikulum 2013,kunci jawaban wiyata basa kelas xi

Bahasa Indonesia
  1. 1856 demonstrasi yang dilakukan para buruh di australia
  2. 3 jenis kelompok nomina
  3. afiks pembentuk nomina dalam teks sejarah hari buruh
  4. bahasa indonesia hal 9 kelas 12
  5. bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  6. bahasa indonesia kelas 12 hal 9
  7. bahasa indonesia kelas 12 halaman 33
  8. buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  9. buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  10. buku paket bahasa indonesia kelas xii
  11. ikatan rumpun padi pada asean melambangkan
  12. isi jawaban buku paket kelas 12 hal 20
  13. jawaban bahasa indonesia hal 9 kelas 12
  14. jawaban bahasa indonesia halaman 12
  15. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 12
  16. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 18
  17. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22
  18. jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  19. jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22
  20. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11
  21. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  22. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
  23. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20
  24. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28
  25. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  26. jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  27. jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1
  28. jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8
  29. jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9
  30. jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9
  31. jawaban buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas XII halaman 35
  32. jawaban buku paket bahasa indonesia
  33. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  34. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 30
  35. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9-22
  36. jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  37. jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
  38. jawaban sejarah kelas 12 halaman 29
  39. jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  40. kelompok nomina dan verba sejarah hari buruh
  41. kunci jawaban bahasa indonesia hal 18
  42. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12
  43. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12 semester 2
  44. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12
  45. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12
  46. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12 semester 2
  47. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20 kelas 12
  48. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30
  49. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 74
  50. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 88 kelas 11
  51. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 semester 1 hal 36-41
  52. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 11
  53. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  54. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 10
  55. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11
  56. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21
  57. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9
  58. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1
  59. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 kurikulum 2013
  60. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9
  61. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 11
  62. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 8
  63. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1
  64. kunci jawaban bahasa indonesia kls xii halaman 33
  65. kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
  66. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia
  67. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  68. kunci jawaban buku paket kelas 12
  69. kunci jawaban kelas xii hal 20
  70. kunci jawaban paket bahasa indonesia
  71. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  72. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  73. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas xii
  74. kunci jawaban sejarah halaman 30 kelas 12
  75. kunci jawaban sejarah indonesia halaman 14
  76. kunci jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah
  77. paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  78. pengertian apresiasi sastra menurut para ahli
  79. perhatikan dengan seksama lambang asean berikut
  80. tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2
  81. tugas 1 bahasa indonesia kelas xii
  82. tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah
  83. tugas bahasa indonesia halaman 12
  84. tugas bahasa indonesia halaman 9 kelas 12
  85. tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 31
  86. tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  87. tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 35 buku paket semester 1 kurikulum 2013


jawaban tabel 7.2 sikap dan komitmen persatuan,kunci jawaban matematika sukino kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 114,kunci jawaban lks penerbit viva pakarindo,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 85 semester 2,tugas mandiri 9.1 pkn kls 11,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 65,materi al-qur'an hadits kelas xii semester 2,pdf biologi kelas xii kurikulum 2013,jawaban paket matematika kurikulum 2013 kelas xii,maphilindo terbentuk karena persamaan rumpun budaya dan satu keturunan yaitu,kunci jawaban matematika diskrit rinaldi munir,kunci jawaban buku mandiri matematika kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 6,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 195,tirani matahari terbit pdf,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 2,tugas mandiri 5.2 pkn kelas 12,kunci jawaban pkn halaman 14,kunci jawaban biologi kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia kelas xi semester 2 halaman 195,download buku sejarah kelas xii ips erlangga,kunci jawaban buku pathway to english kelas 10,kunci jawaban kumon level i,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 162,kunci jawaban pkn kelas xi penerbit erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 64,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 75,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 66,contoh verba apositif,tugas mandiri 9.1 pkn kelas 11 semester 2,materi bahasa inggris kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 104,kunci jawaban lks biologi viva pakarindo,buku ekonomi kelas xi erlangga,struktur teks guyonan bersama pementasan teater gandrik gundala gawat,download buku geografi kelas xii kurikulum 2013 penerbit erlangga,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 64 semester 2,soal bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013,tugas mandiri 6.1 pkn kelas 11,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 16,buku paket pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban sejarah indonesia halaman 65,menurut kalian berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas,kunci jawaban sejarah kelas xii kurikulum 2013,kunci jawaban,kunci jawaban pkn kelas 11 semester 2 kurikulum 2013,antonim gontai,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9,

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda telah mengunjungi postingan yang berjudul "verba modifikatif verba koordinatif verba apositif" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

Admin everybody need o2



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : verba modifikatif verba koordinatif verba apositif

0 komentar:

Post a Comment