Search This Blog

kelompok nomina

Selamat datang di blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "kelompok nomina", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati

Admin everybody need o2




Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "kelompok nomina" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

kelompok nomina

kelompok nomina,kelompok verba,kelompok nomina adalah,kelompok nomina modifikatif,contoh kelompok nomina modifikatif,contoh kalimat nomina modifikatif,nomina apositif,contoh nomina apositif,nomina modifikatif adalah

kelompok nomina

kelompok nomina,kelompok verba,kelompok nomina adalah,kelompok nomina modifikatif,contoh kelompok nomina modifikatif,contoh kalimat nomina modifikatif,nomina apositif,contoh nomina apositif,nomina modifikatif adalah

kelompok nomina

kelompok nomina dan kelompok verba dalam teks sejarah hari buruh

Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sejarah termasuk ilmu empiris, karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia. Oleh sebab itu, sejarah kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan. Akan tetapi, sejarah berbeda dengan antropologi atau sosiologi, sejarah membicarakan manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya, kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat yang biasanya disebabkan oleh pengaruh dari luar masyarakat itu sendiri.

Untuk mengetahui apa dan bagaimana peristiwa sejarah yang terjadi di muka bumi ini, dipelajari dari catatan dan rekaman sejarah dari sejumlah sumber. Pencatatan peristiwa yang terjadi pada masa lampau itu termasuk bentuk teks cerita ulang. Melalui teks cerita ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman nyata di masa lalu dapat dibangkitkan atau dihidupkan kembali. Dengan membaca dan memahami berbagai rentetan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, kalian diharapkan dapat menggali kearifan di sana. Mengetahui peristiwa sejarah tidak hanya sebatas proses transformasi pengetahuan mengenai fakta masa lalu belaka, tetapi yang terpenting adalah bagaimana dapat belajar dari sejarah itu.

  1. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII buku paket kurikulum 2013 halaman 20
  2. Tugas Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 10 – 11
Sebuah peristiwa sejarah mengandung makna yang penting. Salah satu peristiwa sejarah dunia yang memiliki pengaruh pada kehidupan sekarang maupun masa depan adalah peristiwa terbentuknya Hari Buruh atau yang dikenal dengan sebuatan May Day. Hari Buruh ini merupakan rentetan perjuangan kelas pekerja agar tidak diperlakukan dengan buruk secara terusmenerus. Setiap tanggal 1 Mei, kaum buruh di seluruh dunia memperingati peristiwa besar yang terjadi di Amerika Serikat, berupa demonstrasi kaum buruh pada 1886 yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.

1. Struktur Teks
Struktur yang membangun sebuah teks cerita sejarah adalah orientasi^urutan peristiwa^reorientasi. Reorientasi merupakan tahapan yang berupa pilihan, yang bisa saja tidak muncul dalam sebuah teks cerita sejarah.

Struktur TeksKalimat
OrientasiHari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 1Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 2Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore. Demonstrasi ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam. Sampai pada 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 3Perkembangan ini memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi. Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuhan. Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan memerintahkan agar demonstran membubarkan diri.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 4Sebuah b*m meledak di dekat barisan polisi. Polisi pun membabi-buta men*mbaki buruh yang berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan terlibat dalam pengeb*man, delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap setiap demonstrasi buruh. Namun, kaum buruh tidak begitu saja menyerah. Pada 1888 mereka kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
Urutan Peristiwa Sejarah Tahap 5Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan.
ReorientasiPeristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam kerja per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.

Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam kerja per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.

Jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari adalah 8 jam. Delapan jam adalah waktu bekerja yang tepat, dalam sehari ada 24 jam. Maka 24 jam tersebut dibagi menjadi 3 yaitu 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk rekreasi, dan 8 jam untuk istirahat.

Jam Kerja dalah waktu untuk melakukan pekerjaan, dapat dilaksanakan siang hari dan/atau malam hari. Jam Kerja bagi para pekerja di sektor swasta diatur dalam Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya pasal 77 sampai dengan pasal 85. Pasal 77 ayat 1, Undang-Undang No.13/2003 mewajibkan setiap pengusaha untuk melaksanakan ketentuan jam kerja. Ketentuan jam kerja ini telah diatur dalam 2 sistem seperti yang telas disebutkan diatas yaitu:
  1. 7 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu; atau
  2. 8 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu.

Pada kedua sistem jam kerja tersebut juga diberikan batasan jam kerja yaitu 40 (empat puluh) jam dalam 1 (satu) minggu. Apabila melebihi dari ketentuan waktu kerja tersebut, maka waktu kerja biasa dianggap masuk sebagai waktu kerja lembur sehingga pekerja/buruh berhak atas upah lembur.

Dari teks tentang hari buruh sedunia informasi yang dapat mengidentifikasi antara lain siapa dan apa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Selain itu juga tentang kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana peristiwa itu terjadi

ParagrafInfornasi dalam Teks
Paragraf 1Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah Hari Buruh.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.
Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.
Paragraf 2Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 2 ini adalah pemogokan di Amerika Serikat oleh pekerja Cordwainers.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kalangan kelas pekerja.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1806.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik
Peristiwa ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19
Paragraf 3Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 3 ini adalah demonstrasi besar yang dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak.
Pelaku dalam peristiwa tersebut demonstran dari Chicago, New York, Detroit, Louisville, dan Baltimore.
Peristiwa yang dimaksud terjadi sejak April 1886.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam
Peristiwa ini sampai pada 1 Mei 1886 diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut.
Paragraf 4Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 4 ini adalah perkembangan demonstrasi memancing reaksi dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah pengusaha dan pejabat setempat.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja.
Peristiwa ini Chicago’s Commercial Club, mengeeluarkan US$2.000 untuk
membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi dan Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi
Paragraf 5Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 5 ini adalah aktivis buruh ditangkap
dan dipenjarakan
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan polisi.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 3 Mei 1886.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena sebuah b*m meledak dan polisi membabibuta menembaki buruh yang berdemonstrasi.
Kaum buruh pada 1888 kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, merekajuga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.
Paragraf 6Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 6 adalah demonstrasi semakin
mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia
Peristiwa ini terjadi karena demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856.
Paragraf 7Peristiwa yang diidentifikasi pada paragraf 7 adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889.
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah delegasi dari berbagai negeri.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1889.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia..
Peristiwa ini menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia
Paragraf 8Peristiwa yang diidentifikasi pada pargaraf 8 adalah delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO .
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh dan ILO.
Peristiwa yang dimaksud terjadi pada 1935.
Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat
Peristiwa ini terjadi karena buruh menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.
Peristiwa ini merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak
  1. 1856 demonstrasi yang dilakukan para buruh di australia
  2. 3 jenis kelompok nomina
  3. bahasa indonesia hal 9 kelas 12
  4. bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  5. bahasa indonesia kelas 12 hal 9
  6. bahasa indonesia kelas 12 halaman 33
  7. buku bahasa indonesia kelas 12
  8. buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  9. buku paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  10. buku paket bahasa indonesia kelas xii
  11. ikatan rumpun padi pada asean melambangkan
  12. isi jawaban buku paket kelas 12 hal 20
  13. jawaban bahasa indonesia hal 9 kelas 12
  14. jawaban bahasa indonesia halaman 12
  15. jawaban bahasa indonesia halaman 9
  16. jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12
  17. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 12
  18. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 18
  19. jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22 - New !!
  20. jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  21. jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22 - New !!
  22. jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 8
  23. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11
  24. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  25. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
  26. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 20
  27. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28
  28. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 8
  29. jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  30. jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  31. jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1
  32. jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8
  33. jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 9
  34. jawaban buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas XII halaman 35
  35. jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  36. jawaban buku paket bahasa indonesia
  37. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  38. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9-22
  39. jawaban buku paket sejarah kelas 12 halaman 29
  40. jawaban paket bahasa indonesia kelas 12
  41. jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
  42. jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
  43. jawaban sejarah kelas 12 halaman 29
  44. jawaban tugas bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  45. kelompok nomina dan verba sejarah hari buruh - New !!
  46. kelompok nomina hari buruh
  47. kunci jawaban bahasa indonesia hal 18
  48. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 10 kelas 12 semester 2
  49. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12
  50. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12
  51. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 12 kelas 12
  52. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 20 kelas 12
  53. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30
  54. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 88 kelas 11
  55. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 88
  56. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 11
  57. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21
  58. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 10
  59. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 11
  60. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21
  61. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 hal 9
  62. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9
  63. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1 - New !!
  64. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 kurikulum 2013
  65. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9
  66. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 11
  67. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii halaman 8
  68. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii semester 1
  69. kunci jawaban bahasa indonesia kls xii halaman 33
  70. kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
  71. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia
  72. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  73. kunci jawaban buku paket kelas 12
  74. kunci jawaban kelas xii hal 20
  75. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  76. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
  77. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas xii
  78. kunci jawaban sejarah halaman 30 kelas 12
  79. kunci jawaban sejarah indonesia halaman 14 - New !!
  80. kunci jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah
  81. menurut kalian berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari
  82. nomina modifikatif
  83. nomina pada teks sejarah hari buruh
  84. paket bahasa indonesia kelas 12 semester 1
  85. pengertian apresiasi sastra menurut para ahli
  86. perhatikan dengan seksama lambang asean berikut
  87. teks sejarah hari buruh
  88. tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2
  89. tugas 1 bahasa indonesia kelas xii - New !!
  90. tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah
  91. tugas bahasa indonesia halaman 12
  92. tugas bahasa indonesia halaman 21
  93. tugas bahasa indonesia halaman 9 kelas 12
  94. tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 31
  95. tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
  96. tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 12
  97. tugas bahasa indonesia kelas xii halaman 35 buku paket semester 1 kurikulum 2013

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog everybody need o2 http://everybodyneedo2.blogspot.com/, Anda telah mengunjungi postingan yang berjudul "kelompok nomina" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...

Admin everybody need o2



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : kelompok nomina

0 komentar:

Post a Comment