Admin everybody need o2 menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "Hasil Laporan Penelitian Tentang Jamur Zygomycotina/ Zygomycota" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog everybody need o2. semoga bermanfaat...
Hasil Laporan Penelitian Tentang Jamur Zygomycotina/ Zygomycota
Hasil Laporan Penelitian Tentang Jamur Zygomycotina/ Zygomycota,laporan praktikum jamur roti,laporan pengamatan jamur tempe,jamur pada roti,klasifikasi jamur pada nasi basi,jamur oncom,struktur hifa jamur tempe,jamur pada roti busuk,klasifikasi jamur tempe
A. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur Jamur Ryzopus oryzae
B. Teori Dasar
Jamur (fungi) banyak kita temukan di lingkungan sekitar kita. Jamur tumbuh subur terutama di musim hujan karena jamur menyukai habitat yang lembap. Akan tetapi, jamur juga dapat ditemukan hampir disemua tempat dimanaada materi organik. Jika lingkungan di sekitarnya mengering, jamur akan menjalani tahapan istirahat atau menghasilkan spora. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur disebut mikologi.
Perbedaan jamur dengan tumbuhan tinggi (kingdom Plantae) antara lain tubuh jamur berupa talus (tubuh sederhana yang tidak mempunyai akar, batang, dan daun) sedangkan tumbuhan sudah mempunyai akar, batang, dan daun. Selain itu, jamur tidak berklorofil sehingga tidak membutuhkan cahaya matahari untuk menghasilkan makanan. Jamur bersifat heterotrof saprofit atau heterotrof parasit. Sedangkan tumbuhan memiliki klorofil sehingga bersifat fotoautotrof, yaitu mampu membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari.
Jamur memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Merupakan organisme eukariota yang menghasilkan spora.
2. Dinding selnya tidak mengandung selulosa, melainkan karbohidrat kompleks (termasuk kitin).
3. Tidak memiliki flagela dalam daur hidupnya.
Beberapa ahli mikologi membagi jamur menjadi dua kelompok berdasarkan bentuk tubuhnya, yaitu kapang (mold) dan khamir (yeast).
Kebanyakan jamur termasuk dalam kelompok kapang. Tubuh vegetatif kapang berbentuk filamen panjang bercabang yang seperti benang, disebut hifa. Hifa akan memanjang dan menyerap makanan dari permukaan substrat (tempat hidup jamur). Hifa-hifa membentuk jaring-jaring benang kusut, disebut milesium. Beberapa hifa bersifat seositik, artinya hifa-hifa tidak terpisah dalam ruang-ruang atau sel-sel, melainkan membentuk sebuah sel raksasa berinti banyak. Jenis hifa lain ada yang terpisah dalam ruang-ruang oleh septa (dinding). Setiap sel dapat mengandung lebih dari satu inti sel.
Jamur dalam kelompok khamir bersifat uniseluler (berinti satu), bentuknya bulat atau oval. Khamir ditemukan hampir di semua tempat, seperti di tanah, daun, buah, serta pada tubuh manusia. Khamir juga penting dalam pembuatan roti dan makanan fermentasi.
Reproduksi Jamur
Sebagian besar jamur bereproduksi dengan spora mikroskopik, yaitu sel reproduktif yang tidak motil. Spora biasanya dihasilkan oleh hifa aerial yang terspesialisasi. Hifa aerial pada beberapa jamur membentuk struktur kompleks yang disebut badan buah (fruiting body). Spora dihasilkan dalam badan buah. Ada tiga bentuk stuktur reproduktif pada jamur, yaitu gametangium, sporangium, dan konidiofor. Gametangium adalah stuktur tempat pembuatan gamet. Sporangium adalah stuktur tempat dibentuknya spora.Konidiofor adalah hifa terspesialisasi yang menghasilkan spora aseksual yang disebut konidia.
Jamur Zygomicotina / Zygomicota
Jamur ini dinamakan Zygomycota karena membentuk spora istrahat berdinding tebal yang disebut zigospora. Zigospora merupakan hasil peleburan menyeluruh antara dua gametangium yang sama atau berbeda. Jamur yang tergolong divisi ini hidup di darat, di atas tanah, atau pada tumbuhan dan hewan yang telah membusuk.
· Stuktur tubuh
Zygomycota memimiliki miselium yang bercabang banyak dan tidak bersekat-sekat. Hifanya bersifat senositik. Septa hanya ditemukan pada sel-sel bereproduksi. Ada beberapa tipe hifa pada Zygomycota yaitu :
- Stolon, hifa yang membentuk jaringan pada permukaan substrat. Misalnya jamur pada roti.
- Rizoid, Hifa yang menembus substrat dan berfungsi sebagai jangkar untuk menyerap makanan
- Sporangiofor, Hifa yang tegak dipermukaan substrat dan memiliki sporangium globuler diujungnya.
· Cara Reproduksi
Zygomycetes dapat bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual adalah dengan spora yang dihasilkan oleh sporangium. Reproduksi seksualnya dengan konjugasi.
Repoduksi seksual dan Aseksual pada Zygomycota
- 1856 demonstrasi yang dilakukan para buruh di australia
- 3 jenis kelompok nomina
- bahasa indonesia hal 9 kelas 12
- bahasa indonesia kelas 12 hal 30
- bahasa indonesia kelas 12 halaman 11
- buku bahasa indonesia kelas 12
- buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 pdf
- buku bahasa inggris kurikulum 2013 kelas 12
- buku paket bahasa indonesia kelas xii
- buku paket biologi kelas xii kurikulum 2013
- buku paket kelas 12
- buku pkn kelas 12
- buku qur'an hadits kelas xii kurikulum 2013
- cerita six things to do if you visit seattle
- ikatan rumpun padi pada lambang asean melambangkan
- isi jawaban buku paket kelas 12 hal 20
- jawaban bahasa indonesia hal 12
- jawaban bahasa indonesia halaman 22
- jawaban bahasa indonesia halaman 9
- jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 22 - New !!
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22 - New !!
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 8
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 9
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 28
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9 semester 1
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9
- jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 halaman 8
- jawaban bahasa inggris kelas 12
- jawaban buku bahasa indonesia ekspresi diri dan akademik kelas XII halaman 35
- jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
- jawaban buku paket pkn kelas 12 kurikulum 2013
- jawaban buku paket pkn kelas 12 semester 1
- jawaban buku paket sejarah kelas 12 halaman 29
- jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 hal 9
- jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 12
- jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 18
- jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 22
- jawaban pkn hal 18 kelas 12 - New !!
- jawaban pkn hal 8 kelas 12
- jawaban pkn halaman 8 kelas 12 - New !!
- jawaban pkn kelas 12 halaman 10
- jawaban pkn kelas 12 halaman 16
- jawaban pkn kelas 12 halaman 20
- jawaban pkn kelas 12 halaman 5
- jawaban pkn kelas 12 halaman 8
- jawaban ppkn kelas 12 halaman 8
- jawaban sejarah hari buruh
- jawaban six things to do if you visit seattle
- jawaban soal halaman 101 paket matematika kelas12
- kelompok nomina dan verba sejarah hari buruh - New !!
- kelompok nomina hari buruh
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 10 kelas 12 semester 2
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 11 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 30 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 8 kelas 12
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 88 kelas 11
- kunci jawaban bahasa indonesia halaman 9 kelas 12 semester 1
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 halaman 88
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 21
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 hal 22
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 14
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 21
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 halaman 9 semester 1
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 hal 9
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 halaman 9
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 1 - New !!
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 1 kurikulum 2013
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 semester 2 halaman 8
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 21
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas xii hal 9
- kunci jawaban bahasa indonesia kls xii halaman 33
- kunci jawaban bahasa indonesia semester 1 kelas 12
- kunci jawaban bahasa inggris kelas 12 halaman 8
- kunci jawaban buku bahasa indonesia sastra halaman 83
- kunci jawaban buku bahasa indonesia sastra halaman83
- kunci jawaban buku paket bahasa indonesia
- kunci jawaban buku paket kelas 12
- kunci jawaban kelas xii hal 20
- kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 29
- kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
- kunci jawaban paket bahasa inggris kelas 12
- kunci jawaban paket pkn kelas 12 halaman 8
- kunci jawaban pkn hal 18 kelas 12
- kunci jawaban pkn hal 20 kelas 12
- kunci jawaban pkn hal 8 kelas 12
- kunci jawaban pkn hal 8 kls 12
- kunci jawaban pkn halaman 14 kelas 12
- kunci jawaban pkn halaman 16
- kunci jawaban pkn halaman 20
- kunci jawaban pkn halaman 5 kelas 12 - New !!
- kunci jawaban pkn halaman 8 kelas 12
- kunci jawaban pkn halaman 9 kelas 12
- kunci jawaban pkn kelas 12 hal 10
- kunci jawaban pkn kelas 12 hal 14
- kunci jawaban pkn kelas 12 hal 18
- kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 10
- kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 14
- kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 18
- kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 5
- kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 8
- kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013
- kunci jawaban pkn kelas 12 semester 1
- kunci jawaban pkn kelas xii halaman 8
- kunci jawaban pkn kls 12 hal 8
- kunci jawaban ppkn kelas 12 halaman 8
- kunci jawaban sejarah halaman 30
- kunci jawaban sejarah indonesia halaman 14 - New !!
- kunci jawaban soal bahasa indonesia halaman 9
- kunci jawaban soal pkn halaman 18
- kunci jawaban tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah
- mencari kelompok nomina dan verba dalam teks sejarah hari buruh
- nomina modifikatif
- nomina pada teks sejarah hari buruh
- nomina teks sejarah hari buruh
- paket kelas xii hal 30
- perhatikan dengan seksama lambang asean berikut
- pkn kelas 12 halaman 3
- pkn kelas 12 halaman 8
- sejarah hari buruh buku bahasa indonesia
- tugas 1 bahasa indonesia kelas 12
- tugas 1 bahasa indonesia kelas 12 semester 2
- tugas 1 bahasa indonesia kelas xii - New !!
- tugas 1 memahami struktur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah hal 9
- tugas 1.1 pkn kelas 12
- tugas bahasa indonesia halaman 21 kelas 12
- tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 12
- tugas bahasa indonesia kelas 12 hal 9
- tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 8
- tugas bahasa indonesia kelas 12 halaman 9
- tugas bahasa indonesia teks sejarah
- tugas bahasa inggris kelas xii
- tugas mandiri 1.1 pkn kelas 11
- tugas mandiri 1.1 pkn kelas 12
- tugas mandiri 1.1 pkn kelas 9
- tugas paket b.indo hal 29 kelas 12 kurikulum 2013
- tugas pkn hal 8 kelas 12
- verba modifikatif verba koordinatif verba apositif
Zygospora- konidia (asexual)
Zygosporangia (sexual)
Cabang pendek Rhizopus yang berjenis positif dan cabang pendek yang berjenis negative bertemu pada ujungnya. Setelah bertemu akan terbentuk sekat di dinding dibawah ujung cabang hifa. Gamet dari kedua rhizopus kemudian bertemu dan melebur membentuk zigot. Zigot mempunyai dinding pelindung yang tebal kemudian zigot memasuki periode dormansi. Dormansi biasanya berlangsung selama 1 sampai 3 bulan. Setelah periode dormansi zigot berkecabah. Saat berkecambah, inti sel zigot melkukan meiosis, kemudian hifa haploid pendek tumbuh dari zigot. Hifa haploid segera membentuk sporangium yang akan memproduksi spoara aseksual. Setelah dibebaskan dari sporangium, spora aseksual akan membentuk miselium baru.
Beberapa jenis jamur yang tergolong Zygomycota, antara lain:
1. Jamur Roti (Rhizopus Stolonifer)
Jika roti yang lembab disimpan ditempat yang hangat dan gelap, beberapa hari kemudian akan tampak jamur tumbuh diatasnya. Pada roti akan tumbuh bulatan hitam, yang disebut Sporangium yang dapat menghasilkan sekitar 50.000 spora.
2. Jamur Tempe (Rhizopus Nigricans)
Jamur tempe digunakan dalam pembuatan tempe. Reproduksi rhizopus nigricans dapat terjadi secara seksual dan aseksual.
3. Pilobolus
Adalah salah satu jamur yang biasa hidup pada kotoran hewan yang telah terdekomposisi. Jamur ini tidak dapat bereproduksi tanpa adanya bantuan cahaya. Jamur ini menunjukkan respon positif terhadap cahaya.
Peranan Jamur Zygomycota
1. Dekomposer dalam tanah dan kotoran, sehingga bermain peranan yang cukup besar dalam siklus karbon.
2. Berperan dalam beberapa simbiosis, seperti yang pada Harpellales yang mendiami arthropoda (khususnya larva serangga air tawar akuatik) yang melekat pada lapisan chitinous dari hindgut. Harpellids memperoleh gizi pada pakan yang tidak dimanfaatkan oleh arthropoda. Karena mereka pada umumnya dianggap tidak berbahaya dan tidak bermanfaat bagi hewan inang, asosiasi ini dianggap commensalistic.
Foto thallus dari Genistellospora homothallica (Harpellales)
3. Bearing trichospores yang melekat pada kutikula hindgut dari Chili blackfly.
4. Pathogen serangga yang dapat menyebabkan penyakit wabah besar.
5. Parasit pada jamur Basidimycota Sejumlah spesies digunakan dalam fermentatios, seperti Rhizopus oligosporus yang dimanfaatkan dalam pembuatan tempe, dan Actinomucor elegans di Cina untuk pembuatan keju atau sufu (Hesseltine 1991).
6. Menyebabkan infeksi oportunistik dari diabetes, immuno-tertindas, infeksi virus dan dikompromi immuno-pasien (de Hoog dkk. 2000).
7. Parasit pada amoeba.
Strawberry dengan miselium rhizopus
Sebagai agen penyakit tanaman misalnya, Choanephora cucurbitarum yang menyebabkan bunga cucurbita membusuk. Beberapa jenis memiliki dampak negatif ekonomi pada manusia menyebabkan buah-buahan terutama strawberry oleh Rhizopus stolonifer.
C. Alat dan Bahan
- Mikrsosop
- Kaca Benda
- Tempe
- Jarum
D. Cara Kerja
- Siapkan semua alat dan bahan.
- Ambil sedikit hifa dari tempe mengunakan jarum.
- Letakkan hifa pada kaca benda.
- Atur posisi kaca benda dengan benar.
- Kemudian lihat melalui mikroskop.
E. Data Pengamatan
Gambar yang kami dapatkan pada saat penelitian
F. Analisa Data
Berdasarkan hifa tempe yang kami peroleh, gambar kami terlihat bahwa hifanya ada yang tertumpuk sehingga warnanya berwarna hitam. Sampel yang kami dapatkan hanya terlihat ada 3 buah sporangiofor, terdapat banyak rizhoid dan yang paling banyak terlihat dalam stolon.
G. Kesimpulan
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa jamur tidak hanya dapat merugikan manusia, tetapi dapat berfungsi juga menguntungkan bagi manusia. Terutama dalam proses fermentasi pada tempe.
Daftar Pustaka
www. zygomycotakelompok4.blogspot.com
Praatiwi, D.A., Sri Maryati, Srikini, Suharno, & Bambang S. 2007.Biologi untuk SMA kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga
0 komentar:
Post a Comment